19 Nov 2016

6 Manfaat Serai Bagi Kesehatan

6 Manfaat Serai Bagi Kesehatan - Tanaman yang satu ini merupakan primadona dapur bagi ibu - ibu rumah tangga. Serai atau biasa disebut juga dengan Sereh sudah sangat familiar karena menjadi salah satu bahan penting yang dipergunakan dalam masak - memasak didapur. 


Serai ini biasanya digunakan untuk memberi aroma pada makanan sehingga bisa menambah cita rasa dari aromanya. Namun ternyata di balik itu, serai juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya ialah serai bisa dijadikan sebagai obat herbal. 

6 Manfaat Serai Bagi Kesehatan

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan, Klasifikasi ilmiah: Kerajaan-Plantae, (tidak termasuk) Monocots, (tidak termasuk) Commelinids, Ordo-Poales, Famili-Poaceae, Genus-Cymbopogon, Spesies-C. citratus, Nama binomial-Cymbopogon citratus. Dalam beberapa penelitian, daun Serai ternyata mengandung zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang sangat berguna khususnya untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kandung kemih, dan menyembuhkan luka. 

Tak hanya itu, Serai juga banyak digunakan untuk pereda kejang, anti-reumatik, dan bersifat diuretik. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Kandungan Serai / Sereh 

Mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

Manfaat Serai Bagi Kesehatan Tubuh 

6 Manfaat Serai Bagi Kesehatan

1. Serai dan manfaatnya pada sistem saraf

Minyak esensial yang mengandung Serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak Serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.

2. Serai mencegah penyakit kanker

Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan yang kita tahu bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kemudian, penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

3. Memperindah kulit

Penggunaan daun Serai juga sudah terjadi dalam bidang kosmetik yang digunakan untuk memperindah kulit. Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun Serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar.

4. Serai untuk mengobati gangguan pencernaan

Serai sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, diare.

5. Detoksifikasi

Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.

6. Serai Bisa Mengobati infeksi kulit

Kadungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri Penelitian menunjukkan, serai memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Belakangan, Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dapat juga meredakan bau badan.
Sudah terlalu banyak alam memberi kemudahan bagi kita, sudah sepantasnya kita sadar untuk menjaga alam sebagai timbal balik atas karunia yang telah di curahkan oleh sang Pencipta alam untuk kita melalui alam.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon