16 Mar 2016

Mengenal Sosok Kolonel Sanders Sang Penemu KFC dan Resep Rahasianya

Mengenal Sosok Kolonel Sanders Sang Penemu KFC dan Resep Rahasianya - Sesuatu yang rahasia harusnya memang disimpan sendiri dalam hati. Jika sudah diceritakan kepada orang lain, maka bukan rahasia lagi namanya. Apalagi kalau yang tahu orang banyak, rahasia umum jadinya. 

Tapi tahukah anda bahwa ada rahasia yang memang hanya diketahui oleh 2 orang saja di dunia ini? Ya, ada rahasia besar yang hanya diketahui oleh 2 orang di dunia ini, yaitu resep KFC. Sudah sering makan di KFC khan? Mungkin terdengar aneh, tapi itulah kenyataannya.

Mengenal sosok Kolonel Sanders sang Penemu KFC dan resep rahasianya

KFC mulai diperkenalkan oleh Kolonel Sanders, orang tua beruban berjanggut putih yang mungkin kita semua sudah sering melihat wajahnya ditempel di mana-mana, pada tahun 1930. Resep gabungan 11 jenis herbal dan rempah untuk menggoreng ayamnya itu membuat bisnisnya sangat terkenal dan berhasil hingga hari ini.

Yang membuatnya istimewa adalah resep rahasia beliau yang dikontrol dan dijaga sangat ketat, hanya oleh 2 orang executive yang bekerja di situ saja dan menyimpan rahasia tersebut. Salinan resep asli yang ditandatangani oleh Colonel Sanders sendiri disimpan di dalam 1 kantor pusat bersama dengan 11 botol bumbu racikan yang mengandung herbal dan rempah-rempah rahasia. Untuk lebih mempersulit terbongkarnya rahasia tersebut, campuran herbal dan rempah tersebut dicampur di tiga lokasi berbeda di Amerika.

Mengenal sosok Kolonel Sanders sang Penemu KFC dan resep rahasianya

Hanya 2 orang eksekutif yang mengetahui resep lengkap tersebut. Sementara 1 orang eksekutif lagi menyimpan informasi nomor brankas di mana resep itu disimpan. Tidak banyak karyawan KFC yang mengenali identitas ketiga orang tersebut. Ketiga orang itu juga tidak diperbolehkan berada dalam pesawat atau mobil yang sama untuk tujuan keamanan.

Tapi itu belum cukup. Untuk menambahkan effect seperti Plankton yang ingin mencuri resep rahasia Crabby Patty dari Mr. Crab seperti dalam kartun Spongebob, resep tersebut disimpan di dalam markas yang kontrol keamanannya menyamai bank-bank terkemuka dunia.

Untuk itu, KFC telah mempekerjakan Bo Dietl, seorang ahli peneliti yang pernah bekerja untuk Donald Trump, Geoge Bush dan keluarga kerajaan Arab Saudi untuk menjaga keamanan resep tersebut. yang di lakukannya adalah dengan memperkuat plafon dan lantai markas dengan batu-bata beton setebal dua kaki. Selain itu juga memasang CCTV detektor gerakan yang terhubung pada bagian keamanan. KFC juga memiliki pengamanan bersenjata yang berjaga 24 jam di lantai bawah, jadi dalam waktu hanya 30 detik jika terjadi apa-apa mereka bisa sampai ke brankas tersebut. Untuk masuk, di butuhkan 2 orang yang memegang 2 kunci dan 2 nomor pin berbeda. Kotak keamanan tersebut dipasang dengan baut pada bagian lantai dan tidak ada yang mampu masuk tanpa pengetahuan kami. "

Sampai segitunya ya, cuma untuk sekedar ayam goreng saja. Apa bedanya dengan ayam goreng kita di rumah? Pasti bedalah, resepnya saja dijaga super ketat begitu. Betul-betul sebuah rahasia.
Baca juga : Misteri di Balik lagu NINA BOBO
Berikut adalah fakta paling menarik dari sosok Kolonel Sanders, bernama lengkap Harland David Sanders ini, yang sedikit orang mengetahui :


1. Dia Pengusaha yang sering gagal

Kolonel Sanders pernah mencoba menjadi pengacara, penjual asuransi, lampu, dan ban. Semua gagal. Ia sering membuat keputusan yang tidak bijaksana dan memiliki kebiasaan terlibat perkelahian yang berujung pemecatan.

2. Dia pernah menembak seseorang karena masalah merek

Ia memang kurang ketrampilan dalam bisnis. Tapi gairahnya soal ini sangat besar. Sanders pernah terlibat perkelahian dan menembak bahu rivalnya, yang sengaja merusak tanda penunjuk kedai pertama Sanders.

3. Dia sering mengkhianati istrinya

Mungkin ini salah satu alasan mengapa KFC memilih tidak menyorot Kolonel Sanders sebagai pribadi nyata. Sanders menikah dengan istri pertamanya, Josephine, di usia 19 tahun.

Setelah melahirkan tiga anak, Josephine tidak tertarik melakukan hubungan seksual lagi dengan Sanders. Akibatnya, Sang Kolonel mencari kebutuhan di tempat lain.

Istri keduanya adalah Claudia Ledington, mantan pelayan di restoran pertama Sanders. Mereka menikah pada 1949, dua tahun setelah bercerai dengan Josephine. Claudia yang mendukung Sanders untuk mengubah KFC dari restoran ayam biasa menjadi merek nasional.

Tapi sifat genit Sanders tidak hilang setelah pernikahan kedua. Orang-orang di sekitar Sanders mengingatnya sebagai sosok yang tidak bisa lepas memandangi dan menggoda wanita cantik.

4. Dia bukan kolonel karena karier militer

Sanders mendapat gelar kehormatan kolonel dari negara bagian Kentucky. Ia meraih gelar itu pertama kali pada 1935 sebagai pendiri dan pemilik stasiun pengisian bahan bakar minyak dan restoran Sanders Cafe.

Pada 1950, ia mulai memasarkan dirinya sebagai seorang pria dan kolonel asal Kentucky. Jenggot dan rambutnya ia cat putih serta selalu mengenakan baju putih ala priagentleman selatan Amerika Serikat.

5. Dia hanya berhasil menjual KFC seharga US$ 2 juta

Sanders mengubah konsep KFC dari kafe tunggal menjadi waralaba pada 1964. Ketika itu ia berusia 75 tahun dan merasa tidak bisa lagi mengejar pertumbuhan bisnis sehingga KFC ia jual.

Sebenarnya uang tersebut, plus gaji berkelanjutan karena wajahnya menjadi merek perusahaan tidaklah mengerikan. Namun, setelah saham perusahaan dilepas ke publik (IPO) dan menguntungkan, Sanders mulai merasa mendapat terlalu sedikit.

Pada konvensi waralaba pertama pasca IPO, Sanders mengambil panggung dan menghabiskan 40 menit mencerca manajemen. Ia mengatakan, para eksekutif hanya berpikir jangka pendek, merusak reputasinya, dan menipu dirinya untuk menyerahkan bisnis. Kala itu ia tidak berhasil mendapat tambahan gaji dan melanjutkan tugasnya sebagai juru bicara perusahaan.

6. Dia mencoba menuntut KFC sebesar US$ 122 juta

Setelah KFC diual ke Heublein pada 1971, Sanders kembali membuat kegaduhan di perusahaan. Ketika perusahaan melarangnya membuka sebuah restoran di AS yang menjual ayam dengan resep asli, Sanders menggugat KFC sebesar US$ 122 juta.

Dia akhirnya menyelesaikan masalah ini di luar pengadilan dan mendapat US$ 1 juta serta sebuah janji Kolonel tidak lagi mempermalukan perusahaan.

7. Menurut Sanders, KFC tidak menggunakan resep rahasia asli dengan 11 bumbu dan rempah-rempah.

Sangat sedikit orang di dunia yang tahu apa resep rahasia Kolonel Sanders yang terkenal dengan istilah 11 bumbu dan rempah-rempah. Tapi Sanders berkali-kali mengatakan KFC telah berhenti memakai resepnya.

Hal ini sulit dibuktikan karena KFC tidak pernah mempublikasikan resepnya. Sementara itu, resep Sanders yang asli bertulis tangan berada aman di sebuah lemari besi.

Ketika KFC membuat resep saus baru di 1970, Sanders mengatakan rasanya tidak cocok bahkan untuk anjingnya. Lalu, pada 1980an KFC mulai memperbaiki rasa makanannya. Tapi sayang, Sanders tidak sempat mencoba semua itu karena ia meninggal di usia 90 tahun pada 16 Desember 1980.

Itulah sekilas sosok Kolonel Sander sang penemu KFC dan resep rahasianya, semoga bisa menginspirasi.

Diolah dari berbagai sumber.

2 komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon