19 Apr 2016

7 Keuntungan Menjadi Penulis Artikel Lepas

7 Keuntungan Menjadi Penulis Artikel Lepas - Anda gemar menulis dan ingin menghasilkan uang dari kegiatan tersebut? Jika ya, salah satu caranya adalah dengan menjadi penulis artikel lepas (freelance writer). Dalam pandangan saya, permintaan (demand) akan jasa penulisan artikel berkualitas cukup tinggi karena banyak blogger yang tidak memiliki banyak waktu untuk menulis atau fokus mengembangkan blognya ke level berikutnya.

7 Keuntungan Menjadi Penulis Artikel Lepas,Rahasia123.com

Jika Anda baru tahu penulis artikel lepas, jangan khawatir. Di artikel ini saya akan jelaskan strategi jitu yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan uang dengan menjadi penulis artikel lepas. Strategi ini bukan teori, namun dari pengalaman saya yang menjadi penulis artikel lepas dalam 2 tahun terakhir.

Saya menggunakan uang yang diperoleh dari pekerjaan sampingan tersebut untuk membiayai kebutuhan saya sebagai siswa sekolah menengah umum (SMU). Tampak menarik, bukan?

Mari kita mulai…

7 Keuntungan Menjadi Penulis Artikel Lepas

Sebelum ke strategi, saya uraikan terlebih dahulu mengapa Anda perlu memilih menjadi penulis artikel lepas. Dalam pemahaman saya, setidaknya ada 7 keuntungan yang akan Anda peroleh.

1. Fleksibilitas Waktu

Alasan pertama adalah keleluasaan (fleksibilitas) waktu. Anda tidak akan dikekang waktu sehingga bisa bekerja setelah pulang kantor, pulang sekolah, sore hari, pagi, tengah malam, atau hari libur. Dengan kata lain, waktu kerja ini disesuaikan dengan keseharian Anda.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda akan bekerja sekehendak hati. Anda harus memperhatikan tenggat waktu pengiriman artukel yang telah ditetapkan oleh konsumen. Jadi, pandai–pandailah dalam mengatur waktu dan usahakan mengirim tulisan ke konsumen sebelum tenggat waktu tiba.

2. Fleksibilitas Tempat

Berikutnya, keunggulan menjadi penulis artikel lepas adalah fleksibilitas tempat. Tak ada aturan yang mengharuskan Anda bekerja di kantor. Anda bisa menulis di mana pun, misalnya di ruangan terbuka, kafe, lapangan, kamar, perpustakaan, atau hotel.

Tentu, pemilihan tempat ini disesuaikan dengan situasi dan kenyamanan Anda. Sebagai contoh, jika Anda lebih senang berada di ruang terbuka karena ide mudah muncul, sebaiknya menulis saja di tempat tersebut.

3. Mengenal Blogger dan Pemilik Situs Web Ternama

Dari segi bisnis dan kenalan, menjadi penulis lepas memungkinkan Anda untuk mengenal sejumlah blogger atau pemilik website ternama. Dengan mengenalnya, tentu Anda bisa banyak belajar dari mereka. Misalnya, cara manajemen bisnis yang tepat, manajemen waktu, pengelolaan sumber daya bisnis, atau bahkan bisa mendapatkan modal dari mereka.

Berdasarkan buku 101 Young CEO, salah satu modal dari bisnis adalah modal sosial. Modal sosial (modal kenalan) akan memberikan Anda sebuah bantuan, ilmu, atau solusi untuk permasalahan bisnis yang dimiliki.

4. Potensi Pendapatan yang Besar

Menulis merupakan salah satu keahlian yang mahal. Jika Anda melakukannya dengan antusias dan sungguh-sungguh, Anda bisa mendapatkan puluhan juta rupiah.

Harga jasa penulisan artikel blog Bahasa Indonesia pada saat ini berkisar mulai dari Rp 3.000 s.d Rp 6.000 per 100 kata. Umumnya konsumen akan memesan minimal artikel dengan 300 kata.

Mari kita hitung. Katakanlah, harga tulisan Anda Rp 3.000 per 100 kata. Jika ada blogger yang memesan artikel dengan jumlah 20 artikel dengan jumlah 700 kata per artikel, maka Anda akan mendapatkan Rp 420.000 (Rp 3.000 x 700 x 20).

Bayangkan jika dalam sebulan Anda mendapat 10 pesanan seperti di atas? Tentu, Rp 4,2 juta bisa Anda hasilkan.

5. Tidak Perlu Keluar dari Profesi Sekarang

Dengan menjadi penulis artikel lepas, Anda tidak perlu keluar dari pekerjaan Anda. Sebagai contoh, Anda seorang pegawai negeri sipil (PNS). Anda bisa mengerjakan artikel pesanan di malam hari atau setelah shalat subuh. Intinya, Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk mencari uang.

6. Kreatif

Dengan aktif menulis, Anda akan kreatif karena menulis itu membutuhkan kreativitas. Semakin sering Anda menulis, semakin kreatif dan meningkat keterampikan menulis Anda. Dari kreativitas dan keahlian ini, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi penulis ternama seperti Andrea Hirata.

Selain itu, menulis juga membantu Anda menunda kepikunan. Mengapa? Karena otak Anda akan terus terasah dan terlatih.

7. Popularitas

Pernahkan Anda mendengar nama Imam Al-Ghazali? Kenapa beliau tetap terkenal hingga saat ini? Karena beliau adalah penulis.

Dengan menjadi penulis artikel lepas, Anda sedang membangun portofolio kepenulisan Anda. Jika terus dikembangkan, tidak mustahil Anda akan menjadi penulis ternama.

Panduan Menjadi Penulis Artikel Lepas

Anda sudah tahu mengapa penulis artikel lepas itu menjanjikan. Kini, saatnya Anda mengetahui bagaimana caranya menjadi penulis artikel yang menghasilkan uang. Di bawah ini tahap demi tahapnya.

1. Miliki Tonggak Dasar Menulis

Jika dasarnya sudah lapuk, tentu ke atasnya juga tidak akan kokoh. Oleh karena itu, untuk menjadi penulis artikel Anda harus memahami tonggak dasar dalam menulis. Apa tonggak dasar dalam menulis tersebut? Tonggaknya adalah membaca.

Membaca merupakan proses yang akan mengantarkan Anda pada dunia ide dan membentuk gaya bahasa dari tulisan kita nantinya.

Jika Anda malas untuk membaca, yakinlah, kualitas tulisan tidak akan meningkat, sehabat apapun teknik yang Anda lakukan.

Sejak saya mulai menulis, membaca buku–buku seperti tutorial, motivasi, psikologi, dan bisnis adalah keseharian saya. Hasilnya apa? Ide–ide untuk dituliskan tidak henti mengalir. Sebagai contoh, artikel ini memiliki jumlah kata lebih dari 1000, semuanya didapatkan dengan aktif menulis dan membaca.

2. Asah Keterampilan Menulis Anda

Untuk menjadi penulis handal, Anda tidak cukup dengan membaca saja. Namun, Anda juga harus mengasah keterampilan menulis Anda. Mengasah keterampilan tersebut hanyalah dengan satu cara, yakni terus menulis dan menulis.

Temukan topik apa yang hendak tulis, bacalah materi- materi yang berhubungan dengan topik tersebut, lalu tuliskan. Setelah Anda menuliskannya, editlah agar artikel Anda semakin berkualitas.


3. Ajukan Tulisan pada Teman Anda

Sebelum menawarkan jasa, yang perlu dilakukan adalah meminta orang lain untuk menilai tulisan Anda. Jika penilaiannya kurang baik, jangan patah semangat teruslah berkarya dan perbaiki tulisan Anda tersebut. Jangan lupa tanyakan kepada penilai tersebut apa kekurangan dari tulisan Anda.

Jika targetnya adalah blogger, mintalah kepada blogger–blogger senior untuk menilai tulisan Anda tersebut. Bila tulisan yang Anda hasilkan sudah mulai berbobot, lanjutlah untuk menjadi seorang blogger terlebih dahulu.

4. Buat Blog untuk Tulisan Anda

Membuat blog untuk media promosi tulisan merupakan suatu keharusan. Sebelum “menjajakan” jasa penulis artikel, sebaiknya Anda juga membuat blog Anda sendiri, lalu, mengisinya dengan tulisan Anda sendiri. Apa gunanya blog tersebut?

Blog tersebut akan berguna jika calon kustomer atau pembeli Anda menanyakan atau ingin melihat artikel–artikel yang pernah Anda hasilkan. Jika mereka suka dengan tulisan Anda, maka mereka akan menjadikan Anda sebagai penulis.


5. Promosi di Berbagai Situs

Tahap berikutnya merupakan ajang untuk promosi jasa penulisan artikel. Ada beberapa situs yang cukup ampuh untuk mendatangkan kustomer, di antaranya :
  • Forum Jual Beli Kaskus
  • OLX
  • Grup Facebook
  • Twitter
  • Sribulancer
  • dll


Cara jualan di situs–situs di atas sangatlah gampang. Buatlah portfolio jualan Anda yang profesional dengan memberikan detail kontak yang lengkap. Informasikan juga keunggulan dan keuntungan menggunakan jasa penulisan artikel Anda.

6. Buat Daftar Kustomer

Kepuasan konsumen adalah nomor satu. Apabila Anda telah mulai mendapatkan pesanan, tulislah pesanan tersebut dengan lengkap, mulai dari nama pemesan,keyword (kata kunci), jumlah pesanan, dan tenggat waktu.

7. Tetap Jaga Keaslian Tulisan Anda

Keaslian dan kualitas dari tulisan adalah hal yang utama dalam menawarkan jasa penulisan artikel. Walaupun pesanan jasa penulisan Anda telah banyak, jangan pernah sekali–kali untuk memberikan artikel hasil copy paste. Ingat, sekali Anda berbuat kecurangan, kredibilitas Anda bisa turun drastis.

8. Minta Testimoni

Jangan lupa minta testimoni kepada kustomer Anda. Testimoni ini merupakan strategi pemasaran yang paling ampuh karena bisa meningkatkan kepercayaan orang–orang pada jasa Anda.

9. Pahami dasar-dasar SEO

Karena Anda menawarkan jasa penulisan artikel untuk blog, berarti Anda harus paham juga dengan yang namanya SEO. Anda tidak harus mempelajari teknik-teknik yang rumit, cukup pelajari dasarnya saja terlebih dahulu, seperti riset kata kunci dan optimasi on page. 

10. Tepat Waktu

Mengirimkan tulisan tidak tepat waktu tanpa alasan yang jelas pada kustomer Anda adalah kesalahan yang fatal. Oleh karena itu, usahakan mengirimkan artikel minimal 1 hari sebelum tenggat waktu.

Seandainya telat, misalnya Anda sakit atau ada bencana, infomasikan hal tersebut pada kustomer. Jika mereka tidak senang, sebaiknya kembalikan uang mereka demi menjaga profesionalisme dari diri Anda.

Menjadi penulis artikel lepas adalah salah satu strategi yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang tanpa keluar dari pekerjaan Anda. Strategi ini sederhana, namun Anda perlu kerja keras di awalnya. Cobalah langkah demi langkah yang sudah saya uraikan di atas sekarang juga. Saya optimistis Anda bisa menjadi seorang penulis artikel lepas yang menghasilkan uang.

Tertarik untuk menjadi penulis di Blog ini? Silahkan melalui Form Contact ini.

Tentang Penulis :  
Reyhan Ivandi adalah seorang pelajar SMU yang menyukai dunia bisnis online. 

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon