28 Apr 2016

Beragam Jenis Wawancara Kerja yang Harus Anda Ketahui

Beragam Jenis Wawancara Kerja yang Harus Anda Ketahui - Stress dan gugup pada saat pertama kali datang melakukan interview kerja merupakan hal yang wajar. Terutama untuk anda yang fresh graduate dan belum pernah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. 

Hal ini mungkin dialami oleh semua orang. Namun jangan sampai rasa gugup dan grogi yang anda miliki malah mengacaukan tes wawancara anda, dan membuat anda gagal diterima. Untuk itu melakukan persiapan diri yang matang sangatlah perlu agar anda bisa mengendalikan diri anda dan melewati tes wawancara dengan mulus. Caranya adalah dengan mengenali terlebih dahulu tipe-tipe tes wawancara yang perlu anda tahu.

Beragam Jenis Wawancara Kerja yang Harus Anda Ketahui,Rahasia Dunia Kerja

1. Jenis Wawancara Standar
Jenis tes wawancara ini akan sering anda jumpai. Ini merupakan bentuk tes wawancara yang paling standar dilakukan oleh perusahaan. Biasanya anda akan ditanya mulai dari data diri anda sendiri, masa lalu anda, masa depan yang anda inginkan, dan masa sekarang anda. 

Pertanyaan yang tidak luput adalah mengapa anda ingin melamar pekerjaan anda saat ini, alasan anda tertarik untuk bergabung, dan impian karir masa depan anda untuk 5 tahun kedepan.
2. Wawancara Behavior (Perilaku)
Ini merupakan jenis wawancara yang akan banyak menanyakan soal perilaku keseharian anda dari masa lalu. Biasanya perusahaan yang memiliki pandangan bahwa perilaku seseorang akan mempengaruhi pekerjaan akan senang melakukan tes ini. Mereka akan menganggap bahwa perilaku seseorang di masa lalu akan mencerminkan pekerjaan yang baik di masa depan. 

Pertanyaan yang akan diajukan oleh si pewawancara biasanya seputar pencapaian terbaik apa yang anda peroleh sejauh ini, pencapaian terburuk apa yang pernah anda peroleh, serta bagaimana cara anda menyelesaikan pekerjaan beragam dalam sekali waktu.

3. Wawancara Situasional
Berkebalikan dengan wawancara perilaku yang banyak menanyakan pencapaian masa lalu anda, pada wawancara situasional ini pertanyaan akan berfokus pada kinerja anda di masa depan. Biasanya pewawancara akan menanyakan anda dengan cara memberikan sejumlah contoh kasus yang harus anda selesaikan. Kasus tersebut dimulai dari yang ringan hingga yang sulit. 

Mereka ingin tahu bagaimana cara berfikir anda untuk menyelesaikan beragam jenis kasus dalam pekerjaan. Itulah sedikit gambaran beragam jenis wawancara Kerja yang harus anda ketahui. Semoga bermanfat.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon