18 Mei 2016

4 Tempat Liburan yang Memiliki Filosofi Berdasarkan Perasaan

4 Tempat Liburan yang Memiliki Filosofi Berdasarkan Perasaan - Sebagai seorang karyawan, Anda pasti pernah merasakan penat ataupun stres. Dan Anda pun pasti ingin pergi ke suatu tempat untuk berlibur atau refreshing. Namun, saking banyaknya tempat yang menarik untuk di datangi, sering kali menjadi kendala tersendiri untuk menentukan tempat berlibur yang sesuai keinginan.

Mungkin bukan hanya itu, finansial yang minim juga ikut berperan dalam menurunkan niat untuk pergi berlibur. Tapi jangan khawatir, karena saya akan mencoba memberikan bebrapa tips untuk Anda yang bingung dalam menentukan tempat liburan yang sesuai suasana hati.


4 Tempat Liburan yang Memiliki Filosofi Berdasarkan Perasaan

Pada dasarnya orang yang sedang mengalami stres itu, mempunyai alasan terhadap stresnya sendiri. Gambaran besarnya, apa yang membuat Anda stres, pasti mempunyai arah penyebab stres itu datang, bukan? Untuk itu, supaya Anda tepat dalam menentukan tempat berlibur, ada baiknya Anda kenali dahulu tingkat kestresan Anda.

Jika Anda bingung mengkategorikan tingkat kestresan yang di alami, saya akan berikan filosofi beberapa tempat berikut untuk Anda berlibur dari pekerjaan, berdasarkan apa yang saya rasakan bila berlibur di tempat tersebut.

1. Pantai

Saat berada di pantai, semua pikiran tertuju pada pemandangan laut yang luas. Seakan-akan semua beban pikiran terbawa oleh derasnya ombak yang bergemuruh di tepi pantai. Apa lagi jika mencoba Anda berlari menerjang ombak yang besar, yang menuju ke tepi pantai, semua penat yang Anda rasakan seakan hilang sudah.

Saya selalu memilih pantai sebagai tempat berlibur karena memang sangat pas, untuk otak saya yang ingin merasakan kedamaian. Coba saja Anda buktikan! Berada di tepi pantai dengan mata tertuju pada luasnya lautan, pasti akan menimbulkan sensasi tersendiri dalam hati dan pikiran. Di tambah hembusan angin laut yang menjamah seluruh tubuh, sudah pasti membawa pikiran kita seperti menyatu dengan alam.

Berbeda ketik saya berlibur ketempat yang ramai. Seperti tempat wisata taman liburan (Taman Mini, Ragunan, dll). Saya tidak merasakan kedamaian seperti ketika berada di pantai. Alasannya karena saya membutuhkan ketenangan untuk otak saya yang di bebankan oleh pekerjaan.

2. Tempat wisata

Mungkin pantai juga tempat wisata. Tapi maksud saya disini, tempat wisata yang di maksud seperti Taman Mini, Ragunan, dll. Saya senang berlibur ketempat seperti itu ketika saya merasa jenuh terhadap pekerjaan atau merasa ingin membebaskan diri saya dari setiap tekanan batin yang saya dapat.

Saya bisa mengekspresikan kegilaan saya bila berada di sana. Karena di sana, banyak hal yang bisa saya temui dan bisa mendapat inspirasi. Mungkin Anda akan lebih senang bila pergi bersama keluarga Anda. Karena Anda akan merasa menjadi orang yang paling penting untuk keluarga Anda, dan membuktikan rasa cinta Anda untuk keluarga Anda. Dengan begitu, bukan hanya Anda yang bisa merasakan liburan, tapi keluarga Anda pun juga ikut merasakannya.
Baca juga : Merasa Stress Karena Pekerjaan? Cobalah Beberapa Tips Berikut
Tempat wisata seperti itu memang sangat cocok, bagi Anda yang ingin mencari inspirasi atau ingin membebaskan diri Anda dari tekanan pekerjaan atau masalah pribadi. Maka jangan heran, jika Anda akan merasa bebas dan lebih bergairah ketika berada di sana.

Tapi bila masalah Anda adalah untuk menenangkan diri Anda, maka bukan tempat yang tepat untuk datang kesana. Karena hanya akan membuat kepala Anda sakit karena melihat banyaknya orang-orang yang berlalu lalang dan suara bising dari berbagai sumber.

3. Pegunungan dan Curug

Berlibur ke pegunungan adalah cara tepat untuk dapat menghilangkan segala beban di dalam pikiran kita. Melihat tingginya gunung dan hamparan hijau yang luas, akan memanjakan kita yang sedang di landa masalah yang menekan kinerja otak kita. Apa lagi jika Anda berjalan dari kaki gunung hingga puncak gunung (mendaki), pasti Anda akan sadar, bahwa menjalani kehidupan seperti mendaki gunung. Di awal akan merasa lelah dan ingin menyerah, tapi Anda akan tahu, bahwa di atas sana (puncak) ada keindahan yang harus Anda lihat dan rasakan.

Untuk itulah kenapa pegunungan sangat pas untuk Anda yang ingin melupakan atau memotivasi Anda supaya kembali bergairah dalam menjalani hidup atau pekerjaan Anda. Di tambah bila di atas puncak ada sebuah Curug. Sudah pasti Anda akan merasa bahwa hidup, tidak seburuk yang Anda kira.

Ketika di puncak, Anda coba pergi ke Curug itu, berdiri di bawah air yang jatuh dari atas gunung. Sensasi dinginnya akan membuat Anda jadi lebih fresh dan kembali semangat dan siap untuk hari esok. Mungkin Anda juga akan mendapatkan sensasi yang lebih dari itu. Untuk itu silahkan, buktikan sendiri!

4. Wahana bermain

Jika Anda adalah orang yang sangat suka dengan gila-gilaan, atau sangat menyukai tantangan yang memacu adrenalin, mungkin wahana bermain bisa menjadi alternatif pilihan. Seperti naik Roller Coaster, Halilintar atau Histeria. Itu akan membuat Anda merasa lahir kembali, setelah sekian lama menyimpan beban di kepala, adrenalin akan di pacu dan Anda akan bergairah kembali.

Di Indonesia sendiri, sekarang sudah banyak yang menyediakan, dan hampir setiap kota besar sekarang sudah tersedia wahana bermain yang keren, seperti di Jakarta, Bandung, Makasar dan Surabaya. Anda bisa browsing untuk mendapatkan informasi tambahan. Di manapun tempat berliburnya, yang terpenting dapat membuat Anda merasa kembali seperti anak kecil yang penuh semangat dan tanpa keluh kesah.
Baca juga : Lakukan 8 Hal Ini untuk Tingkatkan Mood Bekerja di Pagi Hari
Setiap orang punya hak untuk merasakan bahagia. Untuk itu silahkan Anda bahagia dengan cara Anda sendiri. Dan salah satu caranya adalah dengan mengambil jatah liburan. Anda bukan robot kan? Bahkan robot pun perlu di refresh. Untuk itu, ambil jatah liburan Anda sebelum semakin stres, dan silahkan bersenang-senang.

Mungkin masih banyak tempat liburan yang memiliki filosofi yang sangat menarik. Tapi hanya empat yang bisa saya berikan filosofinya. Anda mungkin lebih pandai dalam mencari tempat liburan? Saya hanya mencoba memberikan sebagian referensi saja untuk Anda. Sekarang, ambil jatah liburan Anda, dan nikmati hidup Anda. Have a nice day!

1 komentar

Yang nomer 3. Pegunungan dan Curug...
Sangat membuat pikiran jadi plong...
Sayang tempatnya pada jauh-jauh...
Kalau dekat, bisa setiap hari berkunjung...
Salam,

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon