4 Mei 2016

4 Tips Rahasia Menarik Perhatian Pelanggan Kembali

4 Tips Rahasia Menarik Perhatian Pelanggan Kembali - Customer atau pelanggan, ialah oknum yang paling di unggulkan dan di pentingkan bagi seluruh pemilik perusahaan. Mengapa demikian? Karena sumber penghasilan perusahaan hampir sepenuhnya dari mereka (customer). 

Untuk itu Anda sebagai pemilik usaha perlu tahu dan mengenal lebih dekat karakter pelanggan Anda, supaya Anda lebih memahami apa yang mereka inginkan. Banyak para pebisnis yang gulung tikar karena tidak mempedulikan pelanggannya atau mengabaikan kepuasan pelanggannya. Itulah sebabnya mereka bangkrut.



4 Tips Rahasia Menarik Perhatian Pelanggan Kembali
Kondisi saat ini, banyak orang-orang yang memilih sebagai pengusaha, meskipun kecil-kecilan. Karena hasilnya pun kadang memuaskan dan lebih besar dari pada mengandalkan gaji. Tidak heran pula, sekarang kita sering menjumpai pedagang-pedagang yang memiliki jenis dagangan yang sama di sepanjang jalan yang kita lewati. 


Hal itupun tidak menampik untuk menghindari persaingan para pedagang. Dengan kata lain, mereka akan melakukan cara atau strategi supaya pelanggannya tetap setia atau tidak berpaling ke pedagang lain yang serupa dagangannya. Itu hal wajar! Asalkan dengan cara yang sehat.



Padahal, jika Anda memahami dengan baik apa yang di butuhkan dan di inginkan pelanggan, ialah Anda hanya perlu berinteraksi dengan baik kepada mereka (pelanggan). Karena dengan mereka sering berinteraksi dengan Anda, maka mereka akan merasa semakin nyaman dengan pelayanan yang Anda berikan. Bukan pelayanan plus-plus. 



Untuk itu, di mulai dari sekarang bila usaha Anda mulai sepi pengunjung atau sudah jarang yang memilih produk Anda. Segeralah Anda melakukan perubahan pada sikap Anda dalam berbisnis. Adapun hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk menarik perhatian pelanggan Anda kembali, akan coba saya paparkan disini, dan eksklusif untuk Anda dan usaha Anda. 

Baca juga : Semangat Efisiensi yang Kebablasan Bisa Mempengaruhi Produktifitas Kerja.
Dan berikut hal yang harus Anda perhatikan dan perbaiki untuk menarik pelanggan:

1. Meminta saran dan masukkan dari pelanggan

Ketika usaha Anda mulai sepi pengunjung dan tidak seperti biasanya, segeralah Anda manfaatkan sisa pelanggan yang masih bersedia berkunjung ke tempat Anda. Dengan cara meminta saran dan masukkan, apa saja yang kurang dari pelayanan Anda atau apakah ada hal yang harus di perbaiki atau apa saja yang di rasa membuat pelanggan Anda kurang nyaman. Anda pun tentunya ingin kan, usaha Anda kembali normal? 

Dan yang membuat usaha Anda naik turun, tidak lain dan tidak bukan adalah kunjungan dari pelanggan Anda sendiri. Untuk itu tidak ada salahnya Anda meminta saran langsung dari pelanggan Anda. Dengarkan keluh kesah mereka sebagai masukkan untuk kemajuan usaha Anda selanjutnya. Dan segeralah di rubah sistem manajemen Anda dengan lebih mementingkan pelanggan.

2. Buat terobosan baru untuk menarik perhatian pelanggan kembali

Pelanggan, sejatinya adalah manusia. Dan manusia suka hal-hal yang menarik perhatian. Untuk itu Anda perlu membuat terobosan untuk menarik perhatian pelanggan Anda kembali. Caranya tergantung dari usaha yang Anda kelola. Jika Anda adalah orang yang memiliki usaha toko bangunan, berikan saja kupon undian atau hadiah sepesial setiap sekian pembelian. Biasanya, pelanggan akan suka bila di beri hadiah.

Jika Anda memiliki usaha cuci steam (cuci mobil atau motor), kasih harga promo setiap sekian kali mencuci atau gratis setiap sekian kali mencuci di tempat steam Anda. Dan bila perlu, kasih garansi hujan satu hari untuk satu kali cuci. Atau apa saja yang sekiranya dapat menarik perhatian pelanggan Anda kembali.

3. Perlakuan pelanggan dengan sopan dan santun

Ketika Anda sopan terhadap pelanggan, maka pelanggan pun akan segan dengan Anda dan usaha yang Anda kelola. Tapi coba ketika Anda tidak menghargai pelanggan Anda atau Anda cuek, pasti pelanggan akan enggan datang kembali ke tempat Anda. Karena pelayanan Anda sangat buruk dan kurang berkenan di hati pelanggan Anda.

Mulailah hargai pelanggan, meski kadang watak pelanggan sering membuat Anda kesal karena bawel atau pun banyak maunya. Anda sebagai pemilik usaha, haruslah bersikap bijak kepada pelanggan. Supaya pekerja Anda pun mengerti bahwa pelanggan adalah raja dan pelayanan yang baik adalah sajian spesialnya. Agar sang raja bersedia kembali lagi berkunjung ke tempat Anda.

4. Manjakan pelanggan dengan barang atau produk yang terbaik

Semua orang pasti tidak ingin membeli sesuatu yang buruk atau tidak sesuai ekspektasi. Untuk itu, berilah mereka produk-produk yang berkualitas baik. Maksudnya jangan berikan produk yang abal-abal. Jika buruk, katakan buruk! Kasih perbandingan dengan produk yang lebih baik. Tujuannya apa? Supaya pelanggan tidak merasa tertipu oleh Anda. Tentunya dengan begitu, pelanggan akan menilai Anda, bahwa Anda memang mementingkan kepuasan pelanggan.

Nah dari keempat poin di atas, Anda bisa mempertimbangkan saran dari saya untuk kemajuan usaha Anda kedepannya. Tapi bila menurut Anda tulisan ini tidak penting, Anda bisa mengabaikannya. Yang jelas, saya menulis ini dari sudut pandang pelanggan. Saya mungkin hanya seorang karyawan. Tapi saya sering mendengar keluh kesah pelanggan dari pelayanan tempat saya bekerja. Dan dari banyaknya keluh kesah itu adalah, dari sistem manajemen nya sendiri. Untuk itu, segeralah lakukan perubahan sebelum terlambat dan membuat usaha Anda bangkrut. Semoga bermanfaat!

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon