21 Mei 2016

5 Contoh Usaha Sampingan Dengan Sedikit Modal Untuk Karyawan

5 Contoh Usaha Sampingan Dengan Sedikit Modal Untuk Karyawan - Manusia hidup tentu tidak mengandalkan satu hal saja. Karena jika hanya mengandalkan satu hal saja, tentu manusia itu tidak akan bisa bertahan hidup cukup lama. Pasalnya, satu hal yang jadi andalan itu tidak selamanya bisa di andalkan. Ingat pepatah mengatakan Tidak ada yang abadi? Itulah kata kuncinya.

Seperti halnya orang yang bekerja. Mempunyai status sebagai karyawan di sebuah perusahaan, belum tentu bisa mencukupi segala kebutuhan hidup. Apa lagi yang sudah berumah tangga. Kalau gaji nya gede sih mungkin nggak masalah, tapi kalau gajinya kecil? Pasti masalah banget, kan? Untuk itu kita perlu merancang sebuah planning di luar pekerjaan (usaha sampingan)

Di jaman digital seperti ini, mencari usaha sampingan sebenarnya bukan hal sulit. Asalkan kita cukup kreatif atau punya wawasan yang luas, mungkin akan berpotensi mendapatkan penghasilan sampingan yang lumayan buat tambahan belanja harian. Apa lagi jika Anda punya kemampuan bisnis online, itu adalah ladang emas untuk Anda.

Faktanya, kebanyakan orang yang kurang berminat terhadap internet, beranggapan bahwa mendapatkan uang dari internet adalah dunia khayal saja. Padahal, sudah banyak yang membuktikannya. Tapi bagi Anda yang ingin membuka usaha sampingan dengan modal yang minim (kecil) bahkan sampai tidak mengeluarkan modal sepeserpun (dalam artian uang) saya akan berikan referensi nya untuk Anda.

1. Membuat Channel YouTube dan unggah video sendiri

Anda tentu tahu kan kalau kita bisa mendapatkan uang dengan hanya meng-upload video di YouTube? Itu bisa Anda manfaatkan untuk bisnis sampingan Anda. Dengan kekreatifan Anda, Anda bisa membuat video yang unik dan menarik. Memang hasilnya tidak seberapa dan tidak membutuhkan waktu yang sebentar. Tapi jika video yang Anda unggah bisa langsung menjadi viral, gimana? Bukankah itu menguntungkan untuk Anda?

Anda tidak perlu bingung membuat video seperti apa. Jika Anda adalah orang yang pede, Anda bisa membuat vlog pribadi mengenai kegiatan sehari-hari Anda. Atau pun bila Anda punya foto-foto yang menarik, bisa Anda edit menjadi slide show.

2. Menjadi penulis blog orang lain

5 Contoh Usaha Sampingan Dengan Sedikit Modal Untuk Karyawan


Jika Anda punya wawasan yang cukup luas untuk di bagikan ke orang banyak melalui tulisan, tidak ada salahnya Anda menawarkan jasa menulis di blog orang lain berdasarkan passion Anda. Anda juga bisa mempromosikan tulisan Anda di situs-situs besar lainnya. Pasang harga yang sesuai dan tuliskan kriteria tulisan Anda. Hasilnya lumayan untuk menambah uang belanja harian Anda. Dengan syarat Anda harus punya waktu yang cukup untuk menulis. Supaya Anda bisa membagi waktu Anda dengan baik.

3. Jual pulsa elektrik dan pulsa listrik

Bisnis sampingan yang satu ini cukup populer di kalangan karyawan. Karena selain modal yang murah, juga mudah dan nggak perlu lapak-lapakkan. Cukup modal handphone jadul yang bisa di bawa kemana-mana, Anda bisa berbisnis. Sayangnya penghambat untuk bisnis ini di kantor-kantor adalah di hutang oleh rekan kerja. Cara mengatasinya dengan menerapkan DP terlebih dahulu bagi yang mau ngutang, dan dua kali angsuran, plus harganya pun lebih mahal dari cash. Intinya seperti kredit pulsa.

4. Membuka Rental PS

Jika di rumah Anda punya Play Station (PS), Anda bisa memanfaatkan itu untuk di jadikan usaha sampingan dengan membuar rental PS kecil-kecilan. Atau And bila belum punya, bisa Anda sisihkan sebagian upah Anda untuk membeli PS. Anda bisa menyuruh keluarga Anda yang ada di rumah untuk memanage Rental PS Anda. Dengan begitu, Anda pun bisa fokus bekerja.

5. Menjual dagangan orang lain

Jika di kantor Anda tidak ada yang menjual nasi uduk atau kue-kue, Anda bisa memanfaatkan itu. Ambil contoh di kantor Anda tidak ada yang jual nasi uduk. Sedangkan di tempat tinggal Anda, ada yang menjual nasi uduk. Anda bisa membawa satu dulu untuk Anda makan di kantor. 

Jika ada rekan Anda yang bertanya dan memesan untuk di bawakan juga pada keesokan harinya, itu kesempatan Anda untuk menjadi affiliate tukang nasi uduk. Taruhlah harga nasi uduk lima ribu per bungkus. Anda bisa bilang ke rekan Anda harganya 6 ribu. Asal Anda minta ijin dulu ke yang jualnya. Biar nggak di kira korupsi atau mengambil kesempatan dari usaha orang lain. Dengan begitu Anda mendapat upah seribu per bungkus. Anggaplah itu hanya sebagai ongkir.
Jika si telisik lebih dalam lagi, masih banyak sampingan-sampingan yang bisa kamu lakukan untuk usaha sampingan Anda. Di antaranya membuat blog pribadi, jasa pembuatan makalah (tugas sekolah), dan banyak lagi. Tapi percuma saja saya beberkan semuanya jika Anda pun tidak berminat untuk mengubah nasib Anda dengan membuka usaha sampingan. Untuk itu saya cuma bisa ambil lima contoh saja untuk di jadikan referensi Anda yang ingin memiliki penghasilan sampingan. Semoga bermanfaat!

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon