7 Mei 2016

Kiat Membangun Usaha Kecil-kecilan Dari Nol

Kiat Membangun Usaha Kecil-kecilan Dari Nol - Belakangan ini banyak orang-orang yang memutuskan untuk membuka usaha sendiri, meskipun kecil-kecilan. Hal ini mungkin di sebabkan karena sulitnya mendapatkan suatu pekerjaan ataupun ekonomi yang sedang naik turun. Atau mungkin karena gajih yang selalu pas-pasan. Apapun alasannya, memiliki usaha sendiri memanglah impian semua orang.

Kiat Membangun Usaha Kecil-kecilan Dari Nol

Nah bila Anda pun ingin membuka usaha sendiri, ada beberapa kiat untuk Anda praktekkan. Tentunya ini tidak wajib untuk Anda praktekkan. Ini hanya sebuah kiat saja. Tapi bila Anda ingin mencobanya, tidak ada salahnya. Dan berikut kiat membuka usaha sendiri dari nol.

Pikirkan apa yang di butuhkan orang banyak

Sebelum Anda memulai membuka usaha Anda, ada baiknya Anda memikirkan usaha apa yang ingin Anda geluti? Karena membuka sebuah usaha bukanlah sesuatu yang main-main.

Meskipun hanya kecil-kecilan, akan tetapi orang yang melihat akan menilai usaha yang Anda kelola. Pikirkan apa sekiranya yang di butuhkan dan di cari orang banyak? Itu satu hal yang harus Anda pikirkan matang-matang.

Anda bisa melihat sebuah peluang dengan mengunjungi pasar-pasar tradisional ataupun festival kuliner Nusantara. Anda bisa perhatikan dengan seksama, mana sekiranya usaha yang akan menarik perhatian orang banyak? Di situlah peluang Anda.

Tapi bila Anda tidak ingin membuka usaha makanan, tidak masalah! Karena ada banyak referensi tentang usaha yang bisa Anda geluti nantinya. Yang perlu Anda perhatikan adalah mana yang sekiranya dapat menarik banyak pelanggan?

Sesuaikan kemampuan Anda

Sebelum menentukan jenis usaha apa yang akan Anda geluti, sebelum benar-benar  membuka usaha tersebut, sebaiknya Anda pertimbangkan lagi dengan kemampuan Anda dalam mengelola usaha tersebut. Pasalnya, kemampuan orang berbeda-beda. Anda mungkin berpikir mengelola warteg itu adalah hal mudah. Tapi percayalah! Jika Anda tidak ahli, cepat atau lambat akan berhenti. Untuk itu pertimbangkan lagi kemapuan Anda sebelum memilih dan membuka usaha yang Anda inginkan.

Sebetulnya, Anda bisa belajar terlebih dahulu. Sekarang jaman sudah modern. Anda tidak perlu mencari seorang koki handal untuk mengajari Anda memasak. Karena lewat internet Anda bisa belajar memasak masakan restoran. Meskipun Anda tidak punya bakat atau kemampuan dalam mengelola usaha, Anda bisa belajar melalui internet.
Memilih tempat yang strategis

Tempat adalah strategi yang utama dalam mendirikan suatu usaha. Jika Anda ingin membuka usaha yang memiliki tempat yang tetap (tidak keliling), maka Anda perlu memilih tempat yang strategis. Sayangnya, tempat yang strategis pun belum tentu menjamin usaha Anda akan banyak di datengin orang.

Pasalnya, tempat yang strategis pun harus relevan dengan jenis usahanya. Coba Anda perhatikan di sekitar Anda! Pasti banyak orang yang mendirikan tempat usaha yang strategis namun tetap sepi pengunjung atau peminat. Itu bisa jadi tempat yang ia tempati tidak relevan dengan jenis usahanya.

Anda bisa mempertimbangkan lagi tempat usaha yang akan Anda tempati nantinya. Perhatikan baik-baik, apakah sesuai dengan jenis usaha Anda? Jika sesuai, silahkan di tempati! Jika tidak, Anda bisa cari lokasi lainnya.

Dengan begitu, Anda pun bisa bertanya-tanya kepada orang-orang yang tinggal di sekitar situ, mengenai usaha yang akan Anda dirikan. Misalnya "Apakah di sini ada yang jualan bakmie?", dengan begitu orang yang di tanya pun akan menjawab pertanyaan Anda.

Jika ada namun jauh, itu kesempatan besar Anda. Apa lagi jika orang di tempat tersebut sangat antusias dengan bakmie. Anda akan mendapatkan tempat yang ada harta Karun nya. Tapi jika ada (penjual bakmie) dan dekat di sekitar tempat itu, Anda mungkin bisa ijin terlebih dahulu dengan penjual bakmie yang lebih dulu di tempat tersebut, atau Anda bisa memilih tempat yang lainnya. Itu semua demi menghormati sesama pedagang.

Tawarkan sesuatu yang baru

Manusia, lebih dan sangat tertarik dengan hal yang baru dan unik. Untuk itu, manfaatkanlah watak manusia yang absolut itu sebagai strategi marketing Anda. Caranya dengan menawarkan sesuatu yang baru dari usaha Anda.
Biarpun usaha Anda adalah bakmie, usahakan di beri sesuatu yang berbeda dari bakmie yang lainnya. Dan pastikan harus terlihat perbedaannya. Biar orang-orang yang belum tahu bakmie Anda, jadi banyak yang tahu dan siapa tahu menjadi viral di tempat itu.

Itu adalah beberapa kiat yang bisa Anda pakai sebagai metode mendirikan sebuah usaha kecil-kecilan dari nol. Tapi jika Anda punya cara sendiri, itu adalah hal yang bagus. Karena itu dapat membuat Anda lebih kreatif lagi dalam mengelola sebuah usaha. Saya cuma bisa berharap semoga usaha Anda berhasil, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.


Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon