18 Jun 2016

Kenapa Kita Suka Mengeluh?

Kenapa Kita Suka Mengeluh? - Manusia, adalah makhluk hidup yang di bekali oleh akal dan pikiran. Selain itu, juga memiliki nafsu, dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya, yang tidak bisa di sebutkan secara rinci. Bahkan, manusia itu makhluk yang sangat unik. Contoh kecilnya saja. Ketika cuaca selalu panas, menggerutu dan menginginkan turunnya hujan. Saat keinginannya di kabulkan (turun hujan lebat), mereka bilang "hujannya gede banget! Nggak reda-reda." Itu salah satu contoh manusia adalah makhluk yang unik. Bahkan mungkin banyak lagi contoh unik yang lainnya. Anda juga pasti tahu, kan? Iya, karena Anda juga manusia. Hehe...


Ada satu hal yang menurut saya sangat membosankan dari sikap manusia. Ialah mengeluh! Bukan berarti saya orang yang tidak pernah mengeluh. Saya juga sering mengeluh. Itulah sebabnya kenapa saya bilang mengeluh adalah sikap yang membosankan dari manusia.

Kenapa Kita Suka Mengeluh?

Mengeluh adalah sikap yang menandakan seseorang tidak mensyukuri rejeki dari Allah, dan selalu meniadakan nikmat dari Allah. Coba saja kita pikirkan ketika kita mengeluh dengan kalimat hidup selalu sengsara, nggak pernah bahagia. Apakah kalimat itu benar sesuai yang kita keluhkan? Padahal saya yakin. Kita semua pasti pernah bahagia, walau hanya sedikit senyum. Bahkan hidup pun tidak sesengsara yang di pikirkan, karena ada yang lebih sengsara.

Jika kita pikirkan secara positif, meski hanya sedikit senyuman saja yang kita keluarkan, itu menandakan bahwa Allah sudah memberikan sedikit kebahagiaan untuk kita. Kita tidak mungkin tersenyum tanpa adanya sesuatu yang menyenangkan bagi kita. Apa lagi jika kita tertawa terbahak-bahak, sudah pasti kebahagiaan yang luar biasa yang sedang kita rasakan. 

Kemudian sengsara. Apa benar kita hidup selalu sengsara? Coba kita tengok saudara kita diluar sana! Pasti banyak yang nasib hidupnya lebih sengsara di bandingkan kita. Allah itu maha adil! Jika kita sengsara, pasti ada yang lebih sengsara di bandingkan kita, begitupun sebaliknya. Hal itu agar kita bisa tetap bersyukur kepada-Nya atas apa yang sudah ia berikan kepada kita.

Lalu bagaimana agar kita tidak mengeluh? Untuk hal ini sangatlah sulit! Sulit itu di karenakan manusia memiliki hawa nafsu. Dengan begitu, jika hasil yang di dapat tidak sesuai harapan, pasti secara tidak sengaja akan mengeluh.
Baca juga : Ingin Kerja Dapat Hasil? Terapkan Metode Berikut! 
Jadi cara agar kita tidak pernah mengeluh ialah, dengan membuang hawa nafsu tersebut. Apakah Anda mampu? Tentu tidaklah mudah! Karena hawa nafsu itu pemberian Allahk kita umat manusia. Nafsu sendiri sebenarnya punya manfaat yang bagus. Tentunya jika di gunakan untuk yang benar. Gambarannya, manusia di beri akal dan pikiran. Jika manusia tidak memiliki nafsu, apakah akal dan pikiran itu akan berjalan? Tentu tidak. Karena yang menjalankan akal dan pikiran adalah nafsu.

Sebagai contoh: Anda tahu film dokumenter yang mengangkat cerita seorang pemuda yang terjebak di Grand Canyon? Dia terjebak karena salah satu tangannya terhimpit batu dan tidak bisa lepas. Dia terpaksa bertahan hidup selama beberapa hari dengan salah satu tangannya yang terjepit di batu besar dan hanya mengandalkan satu tangannya yang masih bebas. Hingga akhirnya, dia memutuskan untuk memotong tangannya yang terjepit itu, supaya bisa lepas dan pergi dari tempat tersebut. Dan ternyata, dia berhasil lepas dari jepitan batu itu dan pulang dengan satu tangan.

Dari contoh di atas, tentu saja tahu kenapa dia bisa bertahan hidup dan sampai berpikiran memotong tangannya. Itu semua tak lain dari akal dan pikiran yang di jalankan oleh nafsu. Nafsu yang ada di pikiran pemuda itu adalah nafsu agar tetap bisa hidup, bebas dari tempat itu, pulang, dan menikah. Maka dari itu dia tetap berusaha dan berpikir. Coba jika dia tidak ada nafsu untuk bertahan! Pasti akan pasrah dan otaknya pun tidak berpikir untuk tetap hidup. (Wallahu'alam).

Kembali ke mengeluh! Meski nafsu memiliki suatu manfaat, akan tetapi kita juga harus hati-hati dengan hawa nafsu kita. Karena mengeluh adalah dari nafsu yang tidak baik, yang akan membuat kita tidak bersyukur dan kufur. Poin dari postingan ini adalah, mari lah kita sama-sama di mulai dari sekarang untuk tidak terlalu sering mengeluh. Bukankah lebih baik jika kita berpikir positif atas apa yang menimpa kita? Dibanding hanya mengeluh saja? 

Manusia tidaklah sempurna. Tapi tidak ada salahnya untuk saling menyempurnakan dengan saling melengkapi satu sama lain. Semoga bermanfaat!

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon