13 Jun 2016

Tips Berpuasa Sambil Bekerja di Bulan Ramadhan

Tips Berpuasa Sambil Bekerja di Bulan Ramadhan - Bulan Ramadhan, adalah bulan dimana semua umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa ialah, dimana orang yang menjalaninya di larang makan dan minum serta melakukan hal-hal yang dapat membatalkannya, dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Oleh karena itu, sering di jadikan alasan untuk bermalas-malasan dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Padahal, puasa adalah ibadah yang paling nikmat di banding ibadah yang lainnya (menurut saya pribadi).

Sebagai seorang pekerja, tentu puasa akan sedikit menghambat kinerja kita. Yang biasanya energik, tiba-tiba menjadi loyo. Atau mungkin kita lebih memilih tidak puasa, agar kerja tetap semangat dan energik seperti biasanya.

Tips Berpuasa Sambil Bekerja di Bulan Ramadhan


Memang sangat berat untuk para pekerja kasar, seperti : tukang bangunan, pekerja jalan raya, dan sebagainya. Jika mereka bekerja sambil berpuasa, sudah pasti mereka tidak akan kuat. Untuk itu Allah memberikan keringanan dan tidak memaksa untuk tetap berpuasa. Mereka bisa meng-qada' nya di lain waktu.

Tapi bagaimana buat pekerja yang tidak terlalu memerlukan energi yang lebih seperti tukang bangunan tersebut? Tentu mereka di wajibkan untuk tetap berpuasa. Jika memang pekerjaan itu tidak terlalu menghambat berpuasa, lebih baik berpuasa saja. 

Untuk itu, supaya dapat berpuasa sambil bekerja dengan baik, kita butuh strategi yang jitu dalam mengatur waktu. Tentunya waktu beristirahat, haruslah efektif dan di manfaatkan dengan baik.

1. Menjaga stamina tubuh

Untuk dapat bisa menjalani aktifitas dengan baik, kita tentu di tuntut untuk dapat menjaga stamina kita dengan baik, bukan? Begitu juga bila Anda sedang berpuasa sambil bekerja. Haruslah pandai-pandai dalam menjaga stamina, agar saat beraktifitas badan tidak terasa cepat lelah. Sehingga Anda membatalkan puasa Anda.
Baca juga : Pentingnya Menjaga Stamina Tubuh Untuk Pekerja Keras
2. Atur pola makan sehat

Kita senantiasa mengabaikan nasihat ini ketika berbuka puasa. Padahal, mengatur pola makan ini sangat bermanfaat bagi stamina tubuh kita. Apa lagi bagi kita yang sedang menjalani ibadah puasa.

Berbuka sesuai Sunnah Rasul dan melanjutkan dengan makan setelah shalat tarawih adalah tindakan yang bagus. Apalagi jika makanan yang di konsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh (4 sehat 5 sempurna).

Selain setelah berbuka, saat sahur pun harus perlu di perhatikan. Seperti yang di anjurkan oleh Baginda nabi Muhammad S.A.W, sebaik-baiknya santap sahur adalah ketika mendekati waktu imsak. 

Tujuannya adalah supaya tenaga kita masih banyak ketika akan menjalani aktifitas seperti biasanya. Apa lagi jika sahurnya dengan makanan yang mengandung banyak energi untuk tubuh, insya Allah puasa dan kerja Anda lancar.

3. Atur waktu tidur yang efektif

Memang, saat bulan puasa kita sangat sulit dalam mengatur waktu tidur. Karena harus bangun setiap jam tiga pagi untuk makan sahur. Tapi sebenarnya jika kita bisa mengatur waktu tidur, insyaAllah tidak akan menghambat aktifitas kita selama berpuasa. 

Mungkin kita bisa tidur setelah shalat tarawih dan bangun jam setengah empat pagi untuk sahur. Kemudian di lanjutkan shalat malam. Sambil menunggu waktu subuh, kita bisa berdzikir. 

Setelah shalat subuh, sebaiknya jangan tidur. Karena jika tidur, maka akan malas untuk bangun lagi (waktu nanggung). Mungkin akan terasa ngantuk saat bekerja. Itu artinya Anda makan sahurnya kebanyakan atau memang dalam mengatur waktu tidur kurang efektif.

Jangan khawatir! Untuk pertama kali memang seperti itu. Jika sudah terbiasa, maka insyaAllah tidak akan mengantuk lagi saat bekerja. Meskipun setelah sahur tidak tidur. Jika Anda punya waktu istirahat yang cukup lama di tempat kerja, bisa Anda manfaatkan untuk sekedar memejamkan mata Anda. Misal pada jam dua belas siang, kantor istirahat dan jam satu siang mulai masuk kembali. 

Anda bisa memanfaatkan waktu itu untuk tidur siang, tentunya setelah shalat Dzuhur. Setelah shalat masih ada sisa waktu yang lumayan buat memejamkan mata. Lagi pula, tidur siang lama itu tidak baik. Karena akan menimbulkan malas. Tidur siang setengah jam, itu cukup. Badan anda pasti akan merasa segar kembali.

Kita tidak boleh menjadikan puasa sebagai alasan penghambat pekerjaan, apa lagi untuk bermalas-malasan. Itu tidak di anjurkan oleh Rasulullah. Kita harus pandai-pandai dalam menyikapi segala hal. 

Puasa adalah ibadah. Jadi jangan jadikan ibadah untuk sebuah alasan! Kita harus tetap bersikap profesional. Kita sudah dewasa. Jadi harus bisa mengatur diri untuk segala hal. Semoga puasa kita di terima oleh Allah S.W.T. Aamiin.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon