11 Jul 2016

5 Tips Agar Diterima Perusahaan Selama Masa Training

5 Tips Agar Diterima Perusahaan Selama Masa Training - Di dalam dunia kerja, sebelum menjadi karyawan tetap ataupun mengikat kontrak, ada satu proses yang di namakan masa training. Masa training ialah, waktu dimana seorang calon karyawan akan di tes keseriusannya dalam bekerja di sebuah perusahaan. Masa ini juga biasa di sebut magang. Jadi, hal ini akan sangat menentukan kelanjutan karir calon karyawan di perusahaan tersebut, apakah akan lanjut ke kontrak, atau berhenti sebelum kontrak? 

5 Tips Agar Di Terima Perusahaan Selama Masa Training

Maka dari itu, sangat di perlukan keseriusan dan keuletan bagi calon karyawan. Dan berikut tips agar Anda bisa lulus masa training.

# Tepat waktu

Tepat waktu adalah tanda bahwa karyawan itu sangat bisa di andalkan soal kepatuhan akan peraturan yang di tetapkan. Oleh sebabnya, pemilik perusahaan akan menyukai karyawannya yang selalu datang tepat waktu alias tidak terlambat. Sungguh tidak bagus untuk Anda yang masih training datang terlambat. Meski hanya satu menit, itu sudah di tanyakan tentang keseriusan Anda bekerja perusahaan tersebut.

Salah satu cara yang patut di terapkan agar Anda tidak terlambat adalah, tidur lebih awal. Mungkin Anda biasa tidur jam 12 malam, mulai sekarang lebih di awal kan jam tidurnya, jam 9 atau jam 10. Hal ini dapat membantu Anda supaya tidak terlambat. Dan tidak lupa, setting alarm.

# Bersikap sopan dan mudah bersosialisasi

Pada tempat kerja yang baru, mungkin Anda akan merasa canggung dan bingung dalam hal bersosialisasi. Memang benar. Untuk itu, Anda perlu yang namanya bersikap sopan. Jika Anda sopan, maka yang lain pun segan. Jika sudah segan, pasti akan sangat mudah bersosialisasi.
Baca juga : Begini Cara Agar Mudah Akrab dengan Rekan Kerja di Lingkungan Baru
Jangan malu untuk bergabung dan memulai dialog awal. Bukankah akan jadi lebih menyenangkan, jika di tempat kerja kita punya banyak teman? Untuk itu, jangan malu untuk bersosialisasi, dan jangan lupa tetap jaga sikap.

# Jangan sok tahu dan jangan banyak tanya

Sebagai newbi atau Anak Baru, kita mungkin akan lebih sering banyak nanya. Karena, sudah pasti banyak sekali yang tidak kita tau tentang bagaimana cara kerjanya, mengelolanya, menjalankannya, dan sebagainya. Untuk itulah kita pasti akan bertanya, tapi bagaimana kalau malu bertanya? Tentu kita di tuntut harus sudah paham, bila tidak ingin bertanya. Tapi itu sangat tidak bagus! Karena, kita tidak boleh sok tau, namun tidak boleh juga banyak bertanya. Kenapa seperti itu?

Pada dasarnya, karyawan yang sudah lama, akan merasa sangat lelah bila harus terus menerus mengajari kita yang masih baru. Sementara, mereka pun masih banyak pekerjaan. Jadi paling tidak, kita praktekkan tentang apa yang sudah di jelaskan. Jika bingung, bertanyalah. Tapi, pertanyaannya harus benar-benar berkualitas. Jangan sampai hal yang sangat mudah dan sudah di jelaskan, di pertanyakan kembali.

# Berpenampilan rapi

Sering kali para anak magang tidak memperhatikan penampilannya. Padahal, penampilan juga akan menjadi nilai dan pertimbangan di terima atau tidaknya. Perusahaan tentu ingin memiliki karyawan yang rajin, cekatan, dan berpenampilan rapi. Karena, sikap seperti sangat berpengaruh terhadap image sebuah perusahaan. Siapa sih yang mau punya karyawan yang malas, lambat, dan berpenampilan asal-asalan? Tentu tidak ada yang perusahaan yang mau. Jadi, mulailah berpenampilan rapi.

# Pantang absen

Dalam masa training, usahakan jangan sampai ada catatan absen di daftar hadir Anda. Jika tidak ada urusan yang lebih penting dari karir, usahakan lebih mementingkan karir Anda di perusahaan tersebut. Kecuali Anda sakit parah dan ada sesuatu yang memang lebih penting dari pekerjaan.

Absensi sangat di perhatikan oleh pemilik perusahaan dalam mempertimbangkan kelanjutan nasib Anda di perusahaan tersebut. Percuma saja Anda sudah melakukan tips di atas, jika daftar hadir Anda sangat buruk. Tentu perusahaan pun akan mempertimbangkan nya lagi. Jadi, jangan kotori datar hadir, di masa training.
Baca juga : Menjaga Reputasi Perusahaan

Kelima tips di atas, tentunya tidak bisa di sebut sebagai jaminan Anda akan di terima. Tapi, tidak ada salahnya untuk di coba. Karena berdasarkan pengamatan saya dan apa yang sudah saya lakukan, tips di atas memang lumayan ampuh. Asalkan, Anda menjalankannya dengan niat yang sungguh-sungguh. Semoga bermanfaat!

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon