27 Sep 2016

5 Cara Bijaksana Memecat Karyawan

5 Cara Bijaksana Memecat Karyawan - Memberhentikan atau memecat karyawan bagi sebagian orang memang bukan sesuatu yang menyenangkan. Karena jika salah caranya, pasti akan memberikan dampak dan pemikiran yang negatif dari orang yang kita pecat tersebut.
Cara Bijaksana Memecat Karyawan

Namun jika itu memang itu di perlukan dan suatu keharusan, ikuti cara  bijaksana berikut ini :


1. SIAPKAN BUKTI

Pastikan dokumen tentang karyawan yang akan Anda pecat telah tertata rapi sebelum pertemuan. Siapkan semua hasil pekerjaanya , surat peringatan yang ia dapat, atau materi lain yang dapat dijadikan bukti kegagalannya.



2. LEBIH DETAIL
Buat rencana yang lebih detil tentang pemecatan karyawan Anda sebelum bewrhadapan dengannya. Seperti berapa lama ia berbenah? Kapan ia harus mengembalikan barang-barang properti kantor seperti mobil , laptop dan lain-lain.

3. BUAT JADWAL
Kontak dengan bagian HRD untuk membuat jadwal pertemuan dengan karyawan ini. Biasanya pihak HRD tidak hanya akan memberikan informasi dan menjawab segala pertanyaan tentang pemecatan ini , tetapi juga memastikan bahwa pemecatan yang Anda lakukan adalah sesuai dengan panduan pihak HRD.
4. HINDARI BASA BASI
Langsung saja pada tujuan . Tak peduli seberapa pun sengitnya situasi, tawarkan bantuan apa saja yang akan disediakan oleh perusahaan sehubungan dengan pemecatan, seperti konsultasi, pesangon dan sebagainya.

5. JALIN KOMUNIKASI
Komunikasikan hal-hal yang penting yang berkaitan dengan kepergian karyawan tersebut ke staf atau karyawan lainnya. Hindari pembicaraan yang detil tentang alasan kepergiannya; karena hal tersebut tidak profesional dan justru akan menimbulkan reaksi yang tidak menyenangkan dari pihak lain.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon