8 Sep 2016

Belajar Ilmu Goblok dari Almarhum Bob Sadino

Belajar Ilmu Goblok dari Almarhum Bob Sadino - Almarhum Bob Sadino merupakan tokoh Pengusaha dan Motivator Indonesia yang meninggal pada tahun 2015 silam. Beliau terkenal dengan pakaian yang 'Nyentrik' gaya dan juga pola pikirnya. Sejak dari jaman Presiden Soeharto, dia sudah terkenal dengan kostumnya yang selalu bercelana pendek dan menggunakan topi koboi. Begitulah cara Om Bob bertemu dengan semua presiden negeri ini kala itu.

Belajar Goblok Dari Almarhum Bob Sadino
Image : Almarhum Bob Sadino

Dia juga terkenal dengan statement-statementnya yang super nyleneh. Misalnya dia bertanya,"Menurut anda kebanyakan orang bisnis cari apa?" pasti kita semua akan menjawab, "Cari untung!" Tapi tidak bagi Om Bob, dia akan menjawab,"Kalo saya cari rugi!" Dia mengatakan "kalau anda bisnis cari untung, apa selamanya untung? Sama juga kalo bisnis cari rugi, apa selamanya rugi? Maknanya adalah, rugi tak perlu ditakuti. 


Bahkan di beberapa perusahaan dia yang milki, karyawan Kemchicks (pabrik daging olahan) dan Kemfarms (exportir sayur dan buah) diijinkan untuk berbuat salah. Sampai-sampai ada karyawan yang pernah membuat kerugian US$ 5 juta dan masih bekerja.

Beberapa hal yang bisa kita pelajari dari Ilmu 'Goblok' Verisi Om Bob, adalah statement-statementnya seperti berikut ini :

  • Bukankah banyak orang pandai tapi tak berhasil dalam usaha atau bahkan melangkahpun tak berani. Orang 'goblok' itu tidak pandai menghitung, makanya lebih cepat mulai usaha. Kalau orang pinter, menghitungnya 'ruwet', jadi 'nggak mulai-mulai usahanya'.
  • Orang pintar tidak percaya dengan orang lain, jadi semuanya mau 'dikerjain sendiri', seolah tak ada yang dapat menggantikan dirinya.
  • Nah, kalau orang 'goblok', dia akan 'mencari orang pintar dan harus lebih pintar darinya, untuk menjalankan usahanya'.
  • Orang pintar ketemu gagal, cenderung mencari kambing hitam untuk menutupi kekurangannya. "Ehm, situasi ekonominya lagi down", atau "Pemerintah gak mendukung", kata orang pintar. Lain hal dengan orang 'goblok', jika ketemu gagal, gak merasa kalau dia gagal, karena dia merasa sedang 'belajar'.
  • Bahkan Om Bob juga mengatakan bahwa dia sebagai orang 'goblok' tidak melakukan perencanaan usaha, target ataupun mengenal cita-cita. Namun sebaliknya, semua karyawannya harus 'memiliki target dan perencanaan'

Itulah adilnya Tuhan menciptakan orang pintar dan orang 'goblok'.
Masalahnya sekarang, siapa yang merasa pintar, siapa yang merasa goblok? Terus, lebih enak jadi orang pintar atau orang 'goblok'? Jika anda semakin bingung dengan tulisan ini, artinya bagus, berarti anda mulai .... Goblok!

Kalau anda emosi, berarti anda pintar. Itu juga kata orang Om Bob lho..!
Filosofi 'Goblok' Bob Sadino dia ibaratkan seperti air sungai yang sedang mengalir. Ketemu batu di depan, dia belok kanan atau belok kiri. Jika sudah di ibartkan seperti air di sungai, kitapun harus siap dikencingi, dibuangi sampah dan kotoran-kotoran yang lain. Jadi, pilih mana?
Baca juga : Kisah Inspiratif Michael Jordan dan Sehelai Baju Bekas
GOBLOK atau PINTAR?
"Pengusaha tak harus pintar dalam segala hal. Tapi harus pintar mencari orang pintar". Semoga bisa memotivasi kita semua..

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon