26 Sep 2016

Cara Menghadapi Kritikan yang Tepat

Cara Menghadapi Kritikan yang Tepat - Kritikan yang anda terima atas hasil kerja anda bisa menjadi sebuah tamparan, bahkan bisa membuat anda stres dan minder. Mungkin karena anda merasa sudah melakukan pekerjaan tersebut dengan baik, seluruh kemampuan sudah benar-benar anda gunakan.

Cara Menghadapi Kritikan yang Tepat

Berikut cara menghadapi kritik yang menyebalkan dan mengubahnya menjadi motivasi untuk memberikan anda semangat kerja lebih baik lagi.

1. Jangan Bantah

Ketika ada seseorang yang sedang berbicara dan memberikan kritik pada anda, biarkan orang tersebut berbicara hingga selesai. Jangan memotong, memberi komentar, atau membantah. Hal ini penting agar anda bisa mengevaluasi semua kritikan yang ada. Jika memungkinkan, ucapkan terima kasih kepada orang-orang yang memberikan kritik atau usulan tersebut. Katakan anda akan mempertimbangkan kritik atau usul tersebut.

2. Obyektif dan Teliti

Perhatikan dan teliti setiap kata-kata kritikan yang anda terima. Kaji kembali didalam pikiran  secara obyektif dan penuh ketelitian. Sekali lagi kesampingkan emosi dalam hal ini. Ketika anda berhasil mengendalikan emosi, anda akan banyak belajar untuk kritikan-kritikan selanjutnya dan sanggup untuk mengatasinya.

3. Terima Dulu

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah menerima dan mendengarkan segala kritikan yang datang terlebih dulu. Bisa jadi kritikan yang anda terima malah merupakan sesuatu yang positif bagi pekerjaan anda berikutnya.


4. Biarkan 

Ketika kritikan tersebut dari rekan kerja saingan anda yang tidak suka dengan anda, hanya satu yang dapat anda lakukan, biarkanlah! anda bisa menghiraukan kritik tersebut, asalkan anda yakin pekerjaan yang anda lakukan sudah benar dan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon