13 Okt 2016

5 Tips Menjadi Karyawan Sukses di Dunia Kerja

5 Tips Menjadi Karyawan Sukses di Dunia Kerja - Jika kita ingin menjadi “the best staff of the month”, maka kita harus menunjukkan kapasitas lebih dan harus terlihat menonjol dari staff yang lain. Seperti di Tiara, setiap bulan ada best coordinator, best staff, best attendance. Semua penilaian dilihat dari kinerja mereka, aktif atau tidaknya staff tersebut. Semua selalu ada penilaian, maka dari itu kita harus bekerja dan bisa memberikan ide yang terbaik yang ada dalam diri kita untuk perusahaan. 
5 Tips Menjadi Karyawan Sukses di Dunia Kerja

Bagi para wanita (cewek), peran karir di dunia kerja semakin berkembang pesat dan mereka lebih mempunyai kesempatan yang besar untuk mendapatkan karir yang cemerlang. Namun mereka tetap saja seorang wanita yang selalu dianggap lemah oleh kaum pria, sehingga ini dapat menghambat karier mereka. Kalau kita dianggap lemah (meski kita bukan wanita) ataupun kita ingin untuk bisa sukses dalam karir kita, adapun beberapa caranya adalah :

1. Ikut berpartisipasi

Jika kita ingin berkarir dan dikenal oleh atasan atau ingin terlihat menonjol, maka jangan ragu untuk berpartisipasi ketika sedang ada meeting dan rapat penting. Jika kita aktif dalam pekerjaan, maka kita akan lebih dikenal dan dipandang oleh rekan kerja lainnya, tentunya rekan kerja tidak akan segan-segan meminta kita untuk bergabung bersama timnya, sehingga kesempatan kita untuk ikut berpatisipasi mengembangkan perusahaan semakin besar, karena mereka sudah mengenal kita dan mengetahui bagaimana kinerja kita. Bersikaplah proaktif (terlibat dan siap meminta tanggung jawab lebih), bukannya menunggu perintah (pasif).

2. Pantang menyerah

Kegagalan serta kemunduran prestasi dalam dunia kerja banyak kita alami, karena persaingan yang ketat. Tetapi harapan semua manusia tentunya selalu ingin sukses, kegagalan hanyalah sebuah sukses yang tertunda, maka jangan pernah putus asa karena hal itu. Jadikan kegagalan sebagai tantangan untuk kesuksesan dan terus gali potensi diri. Tanamkan dalam diri, bahwa tidak ada kata gagal yang ada hanya sukses atau belajar. Jadi kita harus selalu yakin bahwa kesuksesan pasti diraih dan belajarlah menganalisa setiap halangan atau hambatan yang membuat sukses tertunda.

3. Amati, tiru, modifikasi

Pilihlah seseorang yang mampu menjadi contoh (panutan) bagi kita di bidang kerja kita yang bisa kita tiru bagaimana cara-cara suksesnya. Cari tahu tentang tantangan untuk mencapai keberhasilan dari pengalaman mereka, dengan begitu akan mendapatkan masukkan dan pembelajaraan darinya. Karena mereka sudah mengalami apa yang akan kita alami sehingga kita bisa meniru solusinya saat menemui masalah yang sama dengannya. Setiap orang punya cara masing-masing untuk sukses, modifikasi semua cara-cara orang hebat yang pernah kita temui agar sukses kita raih jangan hanya asal ditiru saja, dengan begitu kita tidak hanya belajar dari yang terbaik, tapi juga bisa menjadi yang terbaik!

4. Berpendapat

Berani mengutarakan suatu ide atau kritik untuk yang lebih baik dan sukses. Jangan takut kita tidak didengar oleh semua rekan. Memang jika kita karyawan baru dan masih muda tidak berpengalaman, banyak yang memandang sebelah mata. Untuk itu, caranya adalah berikan pendapat kita, berikan contoh kasus yang pernah ada, kita berikan jalan keluar atau solusinya, serta kita berikan alasannya dan apa untungnya untuk perusahaan jika pendapat kita direalisasi.

5. Percaya diri

Kita harus merasa nyaman dengan diri kita sendiri dan terus mengembangkan keahlian kita, kita harus tahu kelebihan apa yang kita miliki dan dengan memiliki sikap percaya diri, kita akan lebih siap untuk menerima tantangan kerja sehingga membuat kesan seseorang yang tegas dalam dirinya (walau kita adalah seorang wanita sekalipun). Tidak mudah percaya kepada orang lain mungkin adalah sesuatu yang biasa dan boleh-boleh saja tetapi tidak percaya pada diri sendiri adalah bencana besar bagi diri kita sendiri.
Baca juga : Tips Menghindari Kesalaha Dalam Bekerja
Siapkan diri menjadi karyawan yang dikenal serta bisa dipercaya oleh atasan, dengan demikian akan ada peluang bagi anda untuk segera naik jabatan serta naik gaji menjadi lebih besar. Semoga bermanfaat.

1 komentar

Sangat setuju dengan tips distas, banyaknya persaingan memang sudah menjadi kebiasaan, oleh karena itu khusus bagi karyawan atau staff baru butuh sesuatu yang beda untuk mendukung perusahaan tempat ia bekerja.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon