25 Okt 2016

Manfaat dan Khasiat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan - Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) adalah tanaman asli indonesia. Tanaman yang berasal dari Irian Jaya ini biasa dijadikan tanaman peneduh atau sekedar tanaman hias di pekarangan rumah dan banyak di gunakan sebagai obat obatan herbal. Biasanya pengawetan buah ini dilakukan dengan beberapa cara antara lain pendinginan, pengalengan, dan pengeringan. 

http://www.rahasia123.com/2016/10/bersin-yang-keras-bahayakan-kesehatan.html

Pengeringan yang dilakukan pada buah mahkota dewa bertujuan mengurangi kadar air dalam bahan, sehingga air yang tersisa tidak dapat digunakan sebagai media hidup mikroba perusak yang ada di dalam bahan tersebut, dengan kata lain dapat memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa tersebut. Di Indonesia sendiri masyarakat indonesia biasa mengkonsumsi Buah mahkota dewa dengan menyeduh(di jadikan teh Mahkota dewa) buah mahkota dewa yang telah mengalami proses pengeringan. 

Kandungan Mahkota Dewa

Zat yang terkandung dalam buah Mahkota dewa adalah alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol. Alkaloid, adalah detoksifikasi yang dapat menetralisir racun dalam tubuh. Saponin, yang berguna sebagai: sumber anti-bakteria dan anti-virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula darah, dan mengurangkan pembekuan darah. Flavonoid yang terkandung dalam buah Mahkota dewa berguna untuk peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangkan kadar kolesterol dan mengurangkan penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangkan kadar risiko penyakit jantung koroner, mengandungi anti-inflamasi (anti--inflamasi), anti-oksidan, dan membantu mengurangkan rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan. Sedangkan polyphenol Mahkota dewa berfungsi sebagai anti histamin (alergi).
Baca juga : Bersin Yang Keras Bahayakan Kesehatan Anda

Khasiat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

1. Diabetes Mellitus

Cara pengolahan: - Ambil 5-6 mahkota dewa, potong dan cuci. - Rebus bahan dalam 5 gelas air, biarkan kaldu sampai 3 cangkir air limbah - Saring air rebusan, minum 3 kali sehari (masing-masing 1 cangkir)

2. Kanker dan Tumor

Cara pengolahan: - Campur 5 gram daging kering dari tanah mahkota dewa dengan 15 biji putih, 10 gram dan 15 gram kaki ayam kering kering asam, cuci semua bahan - Rebus semua bahan dalam 5 gelas air, biarkan kaldu untuk 3 cangkir air limbah - saringan kaldu, tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Bahan minum satu jam sebelum makan

3. Hepatitis

Cara pengolahan: - Campur 5 gram daging kering mahkota dewa 15 gram dengan Asia Canella, 10 g dan 15 g daun sambiloto kering ,cuci semua bahan - Rebus semua bahan dalam 5 gelas air , biarkan kaldu untuk 3 cangkir air limbah - saringan kaldu, tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

4. Rematik dan asam urat

Cara pengolahan: - Mix 5 g daging buah mahkota dewa, sidaguri akar 15 g, 10 g sambiloto kering, cuci semua bahan - Rebus semua bahan dalam 5 gelas air, biarkan kaldu untuk 3 cangkir air limbah - Ayak kaldu, biarkan dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Bahan minum satu jam sebelum makan. 

Sudah sepantasnya kita bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt atas diciptkanNya Buah - buahan yang terkandung banyak manfaat didalamnya.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon