2 Okt 2016

Tips Tidur Berkualitas

Tips Tidur Berkualitas - Apakah Anda  sering merasakan kurang berstamina, mudah terpancing emosi, susah konsentrasi atau cepat merasa lelah?. Mungkin saja hal ini diakibatkan oleh kualitas tidur anda yang buruk.Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, internal maupun eksternal. Faktor internal misalnya kelelahan psikis, beben pikiran, kebiasaan sebelum tidur yang salah, hingga faktor eksternal seperti suara bising atau udara yang tidak nyaman. Brandon Peters,M.D., pakar kesehatan dari Amerika Serikat memaparkan lima cara untuk mengembalikan kualitas tidur Anda menjadi baik.

Tips Tidur Berkualitas


1. CIPTAKAN KONDISI YANG KONDUSIF
Pastikan kondisi kamar tidur dan sekitarnya tenang, gelap atau redup dan nyaman.Penelitian menemukan bahwa tidur di lingkungan yang dinginyang paling kondusif untu tidur.Dengan,menghindari suara bising dan cahaya terang, Anda bisa meminimalisir gangguan yang mungkin membangunkan Anda.

2. FUNGSIKAN KAMAR TIDUR SELAYAKNYA
Kamar tidur dirancang untuk tidur (dan aktivitas seks), bukan ruang serbaguna untuk menonton televisi, memanjakan hewan peliharaan, bekerja atau makan.Singkirkan semua Televisi, video game, komputer, telepon dan berbagai gadget lainnya.selain mengganggu ketenangan, barang elektronik bisa menghantarkan radiasi yang berbahaya untuk kesehatan.

3. HINDARI MAKAN SEBELUM TIDUR
Sebaiknya Anda tidak makan beberapa jam sebelum tidur. Respon tubuh seperti, mulas,ingin buang air kecil atau perut kembung akan sangat mengganggu tidur Anda.Khusus kafein dan alkohol, sebaiknya jangan mengkonsumsi dalam waktu 4-6 jam sebelum tidur karena akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.
4. RITUAL MALAM
Ritual yang bisa anda lakukan seperti membaca atau mendengarkan musik santai sekitar 15 menit sebelum tidur.

5. JAGA RITME SIRKIDIAN
Bangun dan tidurlah pada wktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan sekalipun. Penerapan konsistensi untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama akan membuat tubuh mengikuti pola yang teratur. Dari kebiasaan inilah, tubuh kita memiliki jam alami yang disebut ritme sirkidian.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon