3 Nov 2016

Fitur Baru dari Instagram yang Mampu Merangkul Para Pebisnis Siap di Uji Coba

Fitur Baru dari Instagram yang Mampu Merangkul Para Pebisnis Siap di Uji Coba - Kita sebagai pengguna internet dan sosial media pasti sudah tidak heran lagi jika ada banyak pebisnis yang mempromosikan dagangannya melalui sosial media. Instagram contohnya, banyak sekali pebisnis yang memasarkan produknya melalui instagram dengan foto-foto yang menarik, baik itu pebisnis kecil sampai pebisnis besar. Bahkan beberapa perusahaan digital agency pun menyisipkan layanan admin sosial media untuk para pebisnis.

Fitur Baru dari Instagram yang Mampu Merangkul Para Pebisnis Siap di Uji Coba
image via instagram.com

Melihat potensi ini, nampaknya pihak instagram tidak bisa membendungnya dan malah memberikan dukungannya kepada para pebisnis tersebut. Melalui fitur ter-updatenya, instagram siap melakukan uji coba fitur tersebut yang  nantinya akan sangat mempermudah para pebisnis yang mempromosikan produknya melalui instagram. Hal ini telah di ungkapkan oleh Instagram melalui blog bisnis mereka.  Fitur ini akan memberikan informasi tentang produk tersebut seperti harga, spesifikasi, dll. Juga, nantinya instagram akan membawa setiap pengguna menuju website resminya untuk selanjutnya melakukan transaksi.

Melalui blognya, instagram juga berharap agar para pebisnis tidak hanya melakukan tindakan jual semata, namun bisa juga memberikan informasi yang berguna untuk orang lain seputar produk yang di jualnya sehingga para pengguna instagram yang lain bisa memberikan ulasan, mempelajari dan menimang-nimang produk yang akan mereka beli.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Fitur Baru dari Instagram yang Mampu Merangkul Para Pebisnis Siap di Uji Coba
image via instagram.com

Saat akun penjual melakukan posting produknya melalui instagram, maka mereka akan mendapatkan fitur tap to view pada sisi kiri bawah fotonya. Jadi saat pengguna yang lain melihat postingan produk tersebut, maka tag dari si penjual akan muncul lengkap beserta harganya.

Bagaimana dengan pengguna lainnya? Saat mereka mencari atau memilih tag yang lebih spesifik, maka instagram akan memberikan informasi secara lengkap tentang informasi tersebut dan pengguna tidak perlu susah payah browsing lagi untuk mencari informasi terkait.

Lantas, jika para penggunanya menyentuh gambar ikon shop now, maka instagram akan membawa para penggunanya menuju website resmi si penjual dan melakukan transaksi di sana.

Mengikuti Trend?

Fitur Baru dari Instagram yang Mampu Merangkul Para Pebisnis Siap di Uji Coba
image via instagram.com
Bisa di bilang ya, karena sebelumnya kompetitor mereka, pinterest dan twitter telah menambahkan fitur ini kedalam fitur mereka. Namun, akhir-akhir ini mereka menghilangkan fitur tersebut. Sebaliknya dengan facebook dan instagram, mereka yakin para penggunanya akan cocok dengan fitur baru ini. Pada tahap uji coba ini, instagram menggandeng 20 brand terkenal dari US untuk bekerjasama mencoba fitur ini. Fitur ini juga tidak memanfaatkan sistem bagi hasil dengan para penjual. Pihak instagram menyebutkan hanya akan memanfaatkan sistem pengumpulan data. Algoritma feed yng dibuat berdasarkan pengalaman para pengguna juga sebelumnya telah dibuat oleh instagram.

Para pakar bisnis menilai fitur ini nantinya akan bermanfaat untuk jangka panjang, kenapa? Karena iklan yang sesuai dengan target nantinya akan lebih memudahkan Instagram. Hal yang sama sebelumnya telah dibuktikan secara sukses oleh facebook hingga akhirnya facebook mendapaatkan banyak data dari perilaku pengguna internet.
Baca juga : Cara Mendapatkan Dana Talangan Haji dari KopNus (Koperasi Nusantara)
eMarketer meneliti, fitur terbaru dari instagram ini nantinya akan menyaingi twitter ads, bahkan mereka memperkirakan fitur ini akan lebih sukses ketimbang twitter ads. Menurut penulis sendiri, rasanya fitur-fitur yang inovatif ini tidak hanya mengedepankan kenyamanan penggunanya saja, tapi juga berpotensi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih melalui media sosial.

Sumber : https://id.techinasia.com/instagram-uji-coba-fitur-untuk-mudahkan-belanja

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon