28 Nov 2016

Kegagalan Adalah Benih Keberhasilan

Kegagalan Adalah Benih Keberhasilan  - Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Entah itu dalam karir, maupun dalam mengejar cita-cita. Ya, dan pastinya akan merasa seperti terintimidasi. Dan membuat dirinya menjadi down. Hal itu terjadi karena apa yang sudah di rencanakan jauh-jauh hari, menjadi sia-sia. Bila Anda pun mengalami kegagalan, tentu akan tahu rasanya seperti apa? 

Kegagalan Adalah Benih Keberhasilan


Tapi apakah Anda akan hanya diam saja setelah kegagalan tersebut? Saya harap Anda jangan pernah menyerah, sekalipun kegagalan itu terjadi secara berulang-ulang. Karena kehidupan masih berjalan dan akan tetap berjalan hingga tiba massanya.  

Menjalani kehidupan, tentu akan berhadapan dengan yang namanya cobaan. Dan cobaan bukanlah sesuatu yang harus di takuti. Melainkan harus di hadapi. Kita semua tentu sependapat, bahwa keberhasilan memerlukan perjuangan yang ekstra keras. Dan tentu dengan modal yang tidak sedikit. Baik itu tenaga, ataupun harta benda. Yang jelas, itu semua tidak akan sia-sia, jika kita terus berusaha. 

# Rencanakan dari awal kembali

Bila kita gagal, tidak ada salahnya bila kita merencanakan dari awal lagi. Anggap kegagalan itu sebagai pembelajaran yang sangat berharga untuk tujuan Anda kedepannya. Perputaran waktu, tidak jauh-jauh dari hari Minggu hingga Sabtu, dan besok pun akan berjumpa dengan hari Minggu pula. Begitu hidup kita, pasti tidak akan jauh-jauh dari kata gagal dan berhasil. Tapi bila kita sudah terbiasa dengan kegagalan itu, tentu kita pun akan jadi lebih kuat lagi dalam memulai hal dari awal kembali.

Kegagalan Adalah Benih Keberhasilan


Apakah Anda tahu bunga matahari? Ya, bunga matahari selalu menghadap ke arah matahari. Dan ketika matahari itu terhalang oleh awan, tentu dia (bunga matahari) akan terus menunggu hingga matahari itu muncul kembali. Begitu pun kita, tetaplah terus menghadap ke arah mimpi kita. Supaya apapun yang terjadi, kita akan tetap fokus pada mimpi kita.

Tidak perlu berharap berada di puncak. Karena berada di puncak, hanya akan berhadapan dengan angin yang menerpa Anda. Cukuplah berada di bawah puncak itu, karena itupun pencapaian terbaik dari Anda. Berada di puncak, bukan berarti sepenuhnya kita berhasil. Karena tentu akan ada cobaan yang lebih berat lagi. Tapi berada di bawahnya, maka kita akan tahu, bahwa tantangan hidup kedepannya, jauh lebih sulit dari apa yang kita hadapi sekarang. 

Keberhasilan itu secara bertahap. Anda tidak akan pernah mendapat keberhasilan secara instan, kecuali Anda sedang beruntung. Dan sayangnya, keberuntungan itu hanya berpihak kepada orang-orang tertentu. Apakah kita termasuk di dalamnya? Tidak ada yang bisa menduga, kecuali yang maha kuasa. Tapi kita bisa menjadi salah satu dari orang yang beruntung tersebut. Dengan cara kita tetap fokus pada apa yang kita impikan dan rencanakan. 

# Lakukan hal yang belum pernah Anda lakukan

Melakukan sesuatu yang sama sekali belum pernah kita lakukan, tentu akan terasa canggung, dan membuat kita tidak percaya diri. Tapi percayalah, bahwa dengan melakukan sesuatu yang belum pernah kita lakukan sama sekali, membuat kita jadi tahu. Bahwa jalan tidak hanya satu arah. Banyak cara agar kita bisa menemukan keberhasilan kita. Banyak juga cara untuk kita meraih sebuah kesuksesan. Tergantung bagaimana kita berpikir, dan berusaha. 

Tentu kita tidak akan bisa dengan cepat untuk bangkit. Dan tentunya kita tidak akan dengan mudahnya melupakan impian yang paling kita impikan. Tapi bila tidak bisa terlaksana, apakah Anda akan tetap mengusahakan nya? Tentu itu hanya akan melelahkan saja. Cobalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan cara melakukan sesuatu yang sama sekali belum pernah Anda lakukan. Siapa tahu kesuksesan Anda ada pada hal yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Sebagai manusia, kita tentu di beri akal  dan pikiran. Dan itu berfungsi untuk kita berpikir bagaimana caranya bertahan hidup, dan memikirkan jalan kita ke depannya. Pernahkah Anda mendengar pepatah "jangan sampai jatuh di lubang yang sama"? Bila pernah mendengar, tentu Anda pun tahu apa maksudnya. Tidak lain adalah supaya kita bisa belajar dari kegagalan. Dan di harapkan dapat mengubah hidup kita ke arah yang lebih baik lagi kedepannya.

# Jadilah salah satu dari sekumpulan orang yang berpikir positif

Kegagalan itu bukanlah hal yang negatif. Tapi karena kita belum tahu betul tentang cara memulainya, menjalaninya, dan mengakhirinya. Bila saja kita sudah berpengalaman, tentu kita pun tidak akan aneh dengan yang namanya kegagalan. Dan kita pun akan terus menggali letak dari kegagalan itu. Dan nantinya, kita bisa menghindari sesuatu yang akan membuat kita gagal kedepannya. 

Orang yang berpikiran positif, tidak akan ragu untuk memulai semuanya dari awal. Bahkan tidak akan merasa gagal, karena orang tersebut mau bekerja keras untuk sesuatu yang dia impikan jauh-jauh hari. Dan pastinya tidak akan ragu untuk melakukan sesuatu yang tidak pernah dia lakukan sebelumnya. Hal itu di yakini nya karena berpotensi menemukan titik keberhasilan untuk sesuatu yang dia cita-cita kan.
Baca juga : 3 Kunci Rahasia Menuju Sukses Dari Sebuah Cerita Jembatan Cina Kuno
Jika Anda tahu, para pendiri perusahaan-perusahaan ternama pun awal mulanya sering mendapat kegagalan. Tapi mereka tidak menyerah begitu saja. Mereka terus berusaha dan berinovasi, hingga membuat mereka menjadi pemilik perusahaan yang besar, yang pendapatan nya selama sebulan, sama dengan pendapatan kita satu tahun. Kita pun bisa seperti mereka. Asalkan kita tetap membuka mata dan pikiran kita. 

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon