3 Nov 2016

Menghadapi Konflik di Tempat Kerja

Menghadapi Konflik di Tempat Kerja - Kemampuan menangani konflik adalah kemampuan yang kebanyakan orang membutuhkan waktu untuk menguasainya. Yang perlu dilakukan adalah menghadapinya, menghindari konflik cenderung menjadi pilihan pertama bagi sebagian besar orang.

Menghadapi Konflik di Tempat Kerja


Konflik di tempat kerja dapat berupa apa saja, akan tetapi ada beberapa jenis yang umum: konflik dengan bos dan konflik dengan rekan.



Hal dasar yang perlu diperhatikan adalah: Seberapa penting permasalahannya? Dan seberapa penting kaitannya dengan hubungan kerja? jawaban Anda akan menentukan apakah untuk melupakan konflik tersebut atau berusaha menyelesaikannya. 


Konflik dengan bos

Konflik dengan bos sering ditemui diantara orang dengan jabatan senior, terkadang disebabkan karena bos tidak banyak mendukung tim atau terlalu banyak intervensi dalam hal kecil.

Hubungan dengan bos Anda tentu saja sangat penting kaitannya dengan penyelesaian pekerjaan dan lanjut pada tuga berikutnya. Jadi sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk menyelesaikan konflik tersebut. Ada beberapa panduan untuk menyelesaikan konflik tersebut: Peran Anda dalam konflik, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki situasi.
Tentu saja sangat mudah menyalahkan bos Anda, sayangnya ini bukanlah cara yang produktif. Jika Anda benar-benar ingin semuanya membaik, Anda harus menggunakan pendekatan yang berbeda. Jadwalkan pembicaraan atau makan siang dengan bos Anda sehingga Anda dapat memahami tujuan dan maksud bos Anda, tunjukkan bahwa Anda peduli dan cari tahu cara untuk bekerja sama dengan lebih baik. Memahami alasan dan pandangan bos Anda mungkin dapat mendatangkan ide tentang teknik baru untuk mengatasi situasi.

Dan juga, percakapan tersebut akan menunjukkan tanda yang jelas bahwa Anda tertarik untuk membina hubungan baik dan menyelesaikan ketegangan yang terjadi. 


Konflik dengan rekan kerja

Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda tergantung pada orang lain untuk menyelesaikan sesuatu. Akan tetapi, baik itu keuntungan atau kerugian, kita semua memiliki cara kerja yang berbeda sehingga konflik tak dapat dihindari.

Yang dapat Anda lakukan adalah menjelaskan pada rekan Anda bahwa tujuan Anda adalah untuk menyelesaikan konflik dan menyelesaikan pekerjaan, dan dapatkan saran dari orang lain tentang cara untuk dapat bekerja sama dengannya. Cobalah saran tersebut dan mungkin Anda dapat berbicara dengannya untuk mengurangi ketegangan dan mendapatkan jalan tengah penyelesaian.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon