28 Nov 2016

Tips Merawat Power Steering Mobil

Tips Merawat Power Steering Mobil - Power steering adalah salah satu bagian di dalam mobil anda yang patut dijaga untuk mencegah kerusakan fatal. Karena jika terjadi kerusakan , maka biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Salain itu kerusakan pada power steering juga dapat mengurangi kenyamanan anda saat berkendara karena putaran setir menjadi berat. 

Tips Merawat Power Steering Mobil


Dibawah ini adalah tips-tips untuk merawat dan menghindari masalah pada power steering mobil Anda.

1. PERIKSAKAN SAAT MOBIL DISERVIS

Bagian yang patut dicek adalah rak dan pompa serta selang-selang yang berhubungan dengan powersteering. Jika terjadi kerusakan disalah satu bagian tersebut, perbaiki segera agar tidak mempengaruhi bagian yang lain . Anda dapat melakukan pemeriksaan tersebut dibengkel resmi atau bengkel spesialis power steering . Biaya pengecekan biasanya kurang dari Rp 100 ribu.

2. GUNAKAN OLI KHUSUS

Karet-karet dibagian powersteering sangat mudah rusak, jadi hanya gunakan oli khusus power steering. Jika anda menggunakan oli lain , bisa jadi kandungan oli tersebut terlalu keras dan dan dapat merusak karet-karet dibagian setir dalam waktu yang sangat cepat. Jika Anda ingin mengganti oli power steering , Anda dapat melakukannya dibengkel yang memiliki alat power steering flush.

3. HINDARI PUTAR STIR HINGGA MAKSIMUM

Sebaiknya putar setir seperlunya saja, terutama saat parkir.Memutar setir hingga maksimum dapat memperberat kinerja pompa dan rak power steering dan membuat karet-karetnya menjadi cepat rusak, yang mengakibatkan terjadi kebocoran.

Baca juga:  7 Tips Merawat Kulkas Agar Awet

4. GANTI OLI POWER STEERING SETIAP 100.000 KM

Untuk mencegah deposit yang menumpuk dibagian power steering. Sebaiknya Anda ganti oli setiap 100.000 km. Hal ini adalah untuk mencegah kerusakan yang parah. Dengan melakukan penggantian oli secara rutin , maka tekanan oli didalam rak power steering selalu berada pada ritme yang optimal. Ini dapat Anda rasakan saat setir diputar dan juga pada saat kendaraan jalan.Contohnya, menggunakan pelek dan ban yang terlalu besar atau tidak sesuai dengan spesifikasi mobil dapat meningkatkan beben pada rak power steering mobil sehingga akan membuatnya cepat rusak.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon