25 Jan 2017

Cara Mudah Membuat Novel yang Menarik dan Best Seller

Cara Mudah Membuat Novel yang Menarik dan Best Seller - Novel adalah sebuah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Penulis novel disebut novelis. Genre novel digambarkan memiliki "sejarah yang berkelanjutan dan komprehensif selama sekitar dua ribu tahun". Itulah penjelasan dari Wikipedia. Bagaimana Cara Mudah Membuat Novel yang Menarik dan Best Seller? Anda bisa coba beberapa tips berikut.

Cara Mudah Membuat Novel yang Menarik dan Best Seller

Novel apa yang ingin Anda buat?
Pertama yang harus anda fikirkan dan pertimbangkan adalah tentang novel apa yang ingin anda buat? Apakah Novel Fiksi, atau Non Fiksi? Itu terserah anda. Asalkan sesuai dengan kriteria dan kemampuan.

Novel Fiksiadalah sebuah novel yang isinya bercerita tentang kehidupan manusia berdasarkan hasil imajinasi sang penulis novel tersebut. Dengan begitu, bisa dikatakan sebuah cerita fiktif yang sudah di karang secara rinci. Untuk contohnya bisa Anda baca novel Harry Potter.

Novel fiksi ini ternyata banyak juga peminatnya, meskipun terkadang jalan ceritanya di luar akal sehat manusia, akan tetapi sudah banyak yang diangkat ke film layar lebar dan menjadi sebuah tontonan yang menarik. Dan untuk novelnya sendiri, menjadi best seller.

Novel Non Fiksi, adalah sebuah novel yang didalamnya berisi kisah-kisah nyata dari cerita seseorang atau sesuatu yang ingin di gambarkan oleh sipenulis berdasarkan keadaan sesungguhnya (realita). Seperti halnya novel fiksi, novel non-fiksi juga banyak di minati dan sering menjadi best seller, seperti novel yang di tulis oleh Raditya Dika. Mungkin juga anda bisa menemukan contoh lainnya dari novel non fiksi, karena saat ini sudah semakin banyak genre yang di tulis oleh para novelis untuk novel-novel mereka. Dari mulai genre horor, komedi, hingga percintaan. Semua itu tergantung keinginan dari si penulis tersebut. 

Nah sekarang, novel apa yang ingin anda buat? Tentukanlah dari sekarang!

Tentukan alur ceritanya semenarik mungkin
Umumnya, novel pada lembaran pertama selalu sulit di tebak jalan ceritanya, tapi juga terdapat cerita-cerita yang langsung pada permasalahan. Hal itu diyakini dapat membuat para pembaca mereka penasaran dan ingin terus membuka lembaran demi lembaran hingga mengakhiri jalan cerita novel yang dibacanya. Anda bisa tiru itu! Namun jika anda ingin membuat hal yang berbeda, silahkan di praktekkan. Barangkali novel yang anda buat nantinya bisa menginspirasi penulis novel lainnya untuk merubah peraturan yang sudah ada... heehe.

Seperti apa contohnya? Misalkan Anda memilih genre horor, cobalah tulis kejadian yang seru dari titik permasalahan diawal lembaran, lalu di buat menjadi flash back dan hingga pada waktunya melanjutkan jalan ceritanya hingga akhir. Gimana? Masih bingung? Sekarang coba bayangkan cerita apa yang ingin anda tulis?

Saya gambarkan, misalnya ingin membuat cerita horor yang didalamnya terdapat pembunuhan sadis. Maka saya akan menulis di awal lembaran dimulai dengan menceritakan tokoh utama di bunuh oleh seorang penjahat, sehingga menjadikannya hantu penasaran. Setelah itu, saya akan melanjutkan kisahnya dengan mundur. Artinya, pada lembaran kedua saya akan membawa pembaca ke latar belakang cerita yang sebenarnya. Bukankah itu juga akan membuat pembaca penasaran?

Ya, mungkin itu bukanlah cara yang baru. Tapi saya yakin, anda pasti akan menemukan terobosan terbaru untuk novel masa depan. Oleh sebab itu, pikirkanlah dengan jalan ceritanya dan buatlah cerita itu seperti nyata. Sehingga mampu menghipnotis para pembaca yang baru pertama kali membaca novel anda. Tentunya, pikirkan juga terobosan baru dari kreatifitas anda sendiri, agar novel yang dibuat seperti hasil dari profesional dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Buat jalan cerita yang berbeda dari yang lainnya
Logikanya, jika sebuah novel bergenre horor dan ada 5 orang yang menulisnya, pasti isinya akan berbeda. Jika ke-5 penulis tadi membuatnya tanpa mencontek dari penulis yang lain. Masalahnya, meskipun ditulis dari tangan yang berbeda dan dari pemikiran yang berbeda pula, terkadang tidak lepas jalan ceritanya hampir mirip. Seperti yang pada film-film horor di Indonesia. Pasti jalan ceritanya mudah di tebak, sehingga penonton akan merasa bosan. Begitupun novel, pasti pembaca juga akan merasa bosan, jika isinya hanya itu-itu saja.

Belajar dari pengalaman tersebut, maka cobalah membuat alur cerita yang sedikit berbeda dari yang lainnya. Meskipun genre yang dipilih adalah horor, tidak harus jalan ceritanya tokoh utama membunuh hantunya, atau tokoh utama yang menjadi hantunya. Itu semua terserah anda! anda yang menulis, anda pula yang pegang kemudinya. Dengan sebuah kreatifitas, saya yakin akan menciptakan sebuah novel dengan jalan cerita yang lebih menantang dan membuat pembaca sulit menduganya.
Baca juga: Menikmati TedX dengan Cara Berbeda
Bawa pembaca kedalam dimensi cerita yang Anda buat
JK Rowling, sukses membuat Harry Potter menjadi best seller disetiap episode nya. Hal ini di karenakan, cerita dari Harry Potter mampu membuat para pembaca seperti masuk kedalam jalan ceritanya. Meskipun cerita tersebut sangat bertolak belakang dengan kenyataan, faktanya pembaca bisa merasakan pengalaman yang berbeda dari novel-novel fiksi sebelumnya, dan juga dapat membuat para pembaca penasaran dan mendapat pengalaman baru yang sangat menyenangkan. Meskipun hanya pada sebuah tulisan.

Belajar dari Harry Potter, tentu anda bisa menyimpulkan. Bahwa di setiap kalimat yang ditulis, harus mampu membangkitkan imajinasi dari pembaca novel tersebut. Jika pembaca sudah terbawa kedalam imajinasinya, maka bisa dipastikan mereka akan menyukai novel yang anda buat. Namun, jika anda lengah pada pertengahan cerita, maka bisa saja mereka akan mengakhiri membacanya. Karena beranggapan, novel yang anda tulis terlalu memaksakan ceritanya.

Yang harus diingat dari pembaca adalah, para penikmat novel akan dengan teliti membaca disetiap kalimat yang di baca. Dari tiap-tiap lembaran yang dibalik, tentunya banyak kalimat yang akan mereka baca. Jika saja mereka tidak dapat memahami jalan ceritanya hingga dua lembar, maka kemungkinan besar novel yang sudah anda tulis dengan susah payah tidak akan mereka selesaikan. Jadi sangat perlu hati-hati untuk menulis di tiap-tiap kalimatnya,agar pembaca tetap terbawa oleh imajinasi mereka.

Tentukan akhir cerita yang menyisakan kenangan
Sebuah novel mampu membuat pembacanya ingin terus-menerus membaca novel tersebut tanpa bosan, meskipun sudah dibaca lebih dari 3 kali. Hal tersebut dikarenakan, akhir dari cerita yang di tulis mampu membuat kenangan tersendiri untuk yang membacanya. Jika saja akhirnya tidak ada kesan, maka cerita yang di sajikan dari awal hingga pertengahan di rasa sangat seru, namun pada akhir ceritanya terasa biasa saja, maka pembaca tidak akan merasakan kenangan apa-apa pada novel Anda.

Seperti yang terjadi pada film-film Hollywood. Film-film mereka terkenal dengan efek yang sangat nyata, dan juga jalan ceritanya sangat mengagumkan. Tapi ternyata, ada sedikit kelemahan pada film-film tersebut, yaitu pada akhir ceritanya. Itu terasa begitu datar dan kurang memberikan kesan yang menarik maupun menciptakan sebuah kenangan. Misalnya pada film Suicide Squad dan Ghost Rider. Film tersebut memang sangat memukau menurut saya. Akan tetapi pada akhir ceritanya, terasa sangat standar dan terasa tidak ada kesan apa-apa maupun ketegangan. Itu menurut penilaian saya.
Silahkan Baca juga : 5 Channel Youtube Motivasi Yang Wajib Kamu Subscribe!
Oleh karena itu, bisa di pastikan bahwa akhir cerita itu sangat menentukan untuk membuat pembaca terpesona dengan tulisan anda. Apa lagi anda seorang novelis baru, pasti sangat perlu yang namanya sebuah terobosan. Jika seperti itu, sangat di sarankan untuk membuat akhir cerita yang benar-benar menegangkan untuk pembaca dan menciptakan sebuah kenangan yang berharga untuk mereka. Dengan begitu, mereka akan menyukai karya-karya anda selanjutnya. 

Selamat Mencoba dan Good Luck.!!

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon