2 Feb 2017

Target Kerja dengan Metode SMART

Target Kerja dengan Metode SMART - Ada sebuah hasil studi menarik yang pernah diungkap oleh para periset bidang perilaku dan kinerja : orang-orang yang menuliskan sasaran kinerjanya dengan jelas dan terukur ternyata memiliki level produktivitas empat kali lebih tinggi dibanding mereka yang sasarannya ditulis dengan sumir dan normatif.

Target Kerja dengan Metode SMART

Itulah kenapa perumusan sasaran kinerja atau performance goals harus selalu ditulis secara jelas, spesifik dan terukur. (Level produktivitas tim juga tergantung pada proses ini).

"You can not manage what you can not measure."
(Anda tidak dapat mengelola apa yang tidak bisa Anda ukur.)

Dengan kata lain, kita pasti akan temehek-mehek mengelola kinerja tim kalau tim ini tidak pernah dibekali dengan indikator atau target kerja yang terukur. Sebab bagaimana mungkin kita bisa mengukur progres kemajuan tim itu, kalau kita tidak punya ukuran baku untuk melakukan penilaian?

Dulu ketika kita sekolah, dari SD hingga kuliah, kita selalu punya alat ukur atau Score Card yang baku. Namanya raport atau Indeks Prestasi (IP) ketika kita sudah kuliah. Bayangkan apa jadinya jika kita dulu sekolah tidak pernah punya score card yang terukur itu?

Persoalannya ketika kita sudah bekerja seperti saat ini yang sarat dengan prinsip profesionalisme, score card yang dulu kita bawa sejak sekolah SD itu justru dilupakan. Tentu saja fenomena ini kudu segera dihindari.

Dunia kerja yang penuh dengan perhitungan bisnis dan melibatkan sumber finansial yang besar, mesti segera di-persenjatai dengan performance score card yang terukur dan akuntabel.

Disinilah kita lalu kembali menyapa dengan prinsip penulisan performance goals yang mengacu pada metode SMART.
1. Specific
2. Measurable
3. Achieveable
4. Relevant
5. Time-bound

Mari kita coba eksplorasi lima elemen kunci dalam penetapan performance goals kita.

Goodluck dan Semoga bermanfaat.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon