6 Mar 2017

Prinsip Dasar Menjadi Orang Yang Profesional Dalam Bekerja

Prinsip Dasar Menjadi Orang Yang Profesional Dalam Bekerja - Sikap profesional bagi seorang karyawan adalah sebuah kewajiban yang harus di lakukan, bila karyawan tersebut mempunyai rasa tanggung jawab pada perusahaan yang dia tempati untuk bekerja, termasuk jenis pekerjaannya. Meskipun begitu, terkadang kita sendiri kurang memahami apa sih arti dari profesionalisme?

Sedangkan yang kita tahu, sikap profesional adalah sikap orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya. Akan tetapi, definisi dari profesional itu sendiri sangat luas.

Prinsip Dasar Menjadi Orang Yang Profesional Dalam Bekerja

Seseorang yang bekerja tepat waktu, ulet, serta teliti dalam hal yang di kerjakan nya, juga di sebut sebagai seorang yang profesional. Lalu, bagaimana dengan orang yang lebih ahli dalam suatu bidang? Itu juga bisa kita sebut profesional. Jika demikian, bukankah makna dari profesional itu sangat luas?

Lalu, bagaimana caranya kita menjadi orang yang profesional? Tentu kita pun bisa, asalkan kita tahu dasar-dasar untuk menjadi orang yang profesional. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Kerja tepat waktu
  2. Rajin dalam bekerja
  3. Teliti melakukan pekerjaan
  4. Pertimbangkan hasil kerja
  5. Tidak ceroboh dalam bekerja
  6. Memiliki ide yang inspiratif
  7. Memberikan gagasan yang tepat
  8. Bertanggung jawab dalam pekerjaan
  9. Berani ambil keputusan
  10. Dan masih banyak lagi


Dari poin-poin di atas, tentu kita bisa belajar satu persatu untuk menjadi orang yang profesional dalam bekerja, dan tentunya itu tidak semudah yang di pikirkan. Karena pada awalnya, kita harus mengubah kebiasaan buruk kita dalam bekerja. Contohnya sering menunda-nunda pekerjaan, menggampangkan masalah, menyepelekan waktu, tidak teliti dengan apa yang di kerjakan, dan kebiasaan buruk lainnya yang sering kita lakukan. Semua itu harus benar-benar kita rubah seratus persen, bila memang kita ingin menjadi orang yang profesional.

Orang yang memiliki sikap profesional, tentu memiliki prinsip dalam hidupnya. Dan prinsip itu selalu dia pegang di manapun dia berada. Baik dalam pekerjaan, maupun kegiatan di luar pekerjaan, termasuk di rumahnya sendiri. Dan sikapnya itu akan sangat jelas terlihat dari penampilannya, tata bicaranya, bahkan kebiasaan yang sering dia lakukan. Dan juga yang paling mencolok adalah, biasanya orang yang bersikap profesional sering terlihat lebih berwibawa dari pada yang lainnya. Hal itu bisa di maklumi, mengingat orang yang bersikap profesional selalu memperhatikan hal-hal sekecil apapun.

Lantas, apa keuntungan yang bisa kita dapat bila kita memiliki sikap profesional? Jika pertanyaannya seperti itu, tentu jawabannya adalah pekerjaan, uang, kedudukan, atau bahkan apapun yang kita inginkan. Karena orang yang memiliki sikap profesional akan sangat di sukai dan di cari oleh perusahaan-perusahaan besar yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan mungkin juga di luar negeri. Jika sikap profesional kita mampu memikat banyak hati pemilik perusahaan besar, tentu kita pun akan di tawari banyak kontrak dengan gaji yang cukup besar.

Tapi jika kita adalah orang yang benar-benar profesional, tentu kita pun tidak akan tergiur dengan janji bayaran yang besar. Karena orang yang memiliki sikap profesional, biasanya selalu melihat dari segi kerjaannya. Apakah dia mampu melakukannya? Apakah bayarannya sesuai dengan pekerjaannya, dan masih banyak lagi hal-hal yang harus di pertimbangkan. Karena baginya, lebih baik di bayar murah asalkan kerja nyaman, daripada bayaran besar namun di kejar deadline, dan sebagainya. Tentu itu akan membuat kita tidak nyaman bekerja.

Keuntungan yang sebenarnya menjadi orang yang profesional adalah, kita akan merasa bangga atas apa yang sudah kita kerjakan. Menjadi orang yang penting dan di butuhkan banyak orang adalah itu keuntungan yang sangat berharga. Meskipun profesional dalam satu bidang, tentu kita akan menjadi inspirasi banyak orang yang sama dengan bidang kita. Lagi pula, menyelesaikan pekerjaan yang di berikan oleh perusahaan, itulah saat dimana orang profesional tersenyum. Karena prinsipnya, pekerjaan adalah sebuah tanggung jawab. Akan sangat menyesal jika tidak menyelesaikannya, apalagi menunda-nunda.

Banyak orang-orang yang gagal karena sering menyepelekan waktu, pekerjaan, dan yang lainnya. Itu adalah contoh bahwa jika kita ingin berhasil, maka kita harus memiliki sikap profesional. Sikap profesional itu sebenarnya bukan di peruntukkan untuk orang-orang yang jenius saja. Karena pada hakikatnya, semua orang di bumi ini bisa bersikap profesional. Asalkan orang itu mau mengubah kebiasaan buruknya, dan mulai bertindak lebih baik dari sebelumnya. Itu akan menjadi modal awal untuk menjadi orang yang profesional.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon