17 Apr 2017

Cara Resign Dari Tempat Kerja Yang Baik

Cara berhenti dari tempat kerja yang baik - Bagi sebagian orang yang bekerja pada suatu perusahaan yang selama ini telah membantu mereka dalam masalah finansial, tentu tidak akan mudah untuk memutuskan berhenti dari tempat kerjanya begitu saja. Namun, diantara mereka ada juga yang berkeinginan untuk berhenti bekerja. Hal ini biasanya didasari oleh perasaan tertekan, ekonomi yang terus pasang surut sedangkan gajinya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja, dan masih banyak alasan yang lainnya.

Cara Resign Dari Tempat Kerja Yang Baik

Keinginan untuk berhenti bekerja, tentunya dapat berdampak buruk bagi psikologis seseorang jika terus menyembunyikannya. Oleh karenanya, ada kalanya kita harus bertindak tegas kepada pilihan kita sendiri. Jika ingin berhenti, maka berhentilah. Dan jika ingin lanjut, maka mantapkanlah keputusan Anda. Jangan sampai pikiran yang bimbang malah membuat Anda kacau dalam berbagai hal. Termasuk dalam pekerjaan. Dan pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit memberi refrensi untuk Anda yang ingin berhenti dari tempat kerja dengan cara yang baik.

Tentukan waktu yang tepat

Meskipun Anda ingin segera keluar dari tempat kerja Anda, alangkah baiknya untuk menentukan terlebih dahulu waktu yang tepat untuk Anda keluar. Hal ini akan menjadi patokan untuk langkah kedepannya. Dengan menentukan waktu, Anda juga dapat menenangkan pikiran Anda dan agar hati Anda menjadi lebih tenang dari yang sebelumnya. Ambisi seseorang untuk melakukan hal yang ingin di lakukan nya, terkadang itu bisa menjadi Boomerang untuk dirinya sendiri. Oleh karena itu harap untuk menentukan waktu yang pas, untuk keluar dari tempat Anda bekerja tesebut.


Di samping itu, ada banyak hal yang bisa di rencanakan sembari menunggu waktu itu datang. Diantaranya:

1. Memikirkan keuangan setelah berhenti bekerja. 
Ada kalanya kita sering mengabaikan masalah keuangan saat ingin berhenti bekerja. Memang, setelah Anda keluar dari perusahaan tersebut, ada banyak lapangan pekerjaan yang bisa Anda dapatkan lagi, bahkan bisa lebih baik lagi dari perusahaan Anda terdahulu. Namun meski demikian, keuangan juga harus di pikirkan. Agar semasa Anda mencari pekerjaan baru, Anda tidak kebingungan oleh masalah finansial yang sangat minim. Bahkan bisa membuat keluarga Anda menjadi berantakan. Itu sangatlah tidak baik.

2. Memikirkan pekerjaan selanjutnya.
Ada banyak perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan di luaran sana. Bahkan gaji yang di tawarkan pun lebih besar dari gaji di perusahaan Anda bekerja itu. Itu juga mungkin yang menjadi salah satu alasan Anda ingin keluar. Tapi, ada baiknya untuk memikirkannya terlebih dahulu. Apakah akan jauh lebih baik, atau malah lebih buruk. Untuk itu gunakan "waktu" selama menunggu waktu yang telah Anda tentukan itu, sebagai bahan pemikiran yang matang. Jika keputusan Anda sudah bulat, maka carilah informasi dari seseorang yang Anda kenal dan Anda percayai untuk membantu mencarikan pekerjaan baru untuk Anda, sebelum Anda benar-benar keluar.


Jangan beritahukan ke rekan kerja Anda

Ketika perasaan bimbang menghampiri antara lanjut atau mundur, terkadang manusia ingin menceritakannya kepada orang lain. Tapi jika Anda yakin untuk resign, alangkah baiknya untuk tidak bercerita ke rekan kerja Anda. Sekalipun itu orang yang Anda percayai. Karena hal itu akan mempengaruhi dampak buruk bagi karyawan lainnya. Dampak buruknya adalah:

1. Menurunkan semangat rekan kerja.
Semangat manusia cenderung turun jika mendengar orang yang telah lama bekerja dengan mereka mendadak berkata ingin berhenti. Hal ini juga bisa berpengaruh di dalam sebuah perusahaan. Jika Anda bercerita, bukan tidak mungkin dapat menurunkan semangat mereka dalam melakukan pekerjaannya. Karena mereka pasti bertanya-tanya "ada apa sebenarnya? Apa yang salah dengan perusahaan ini?" Untuk itu, tetap jaga rahasia rencana Anda ingin resign.

2. Menimbulkan gosip.
Meskipun Anda bercerita ke rekan terpercaya Anda, bisa saja ia bercerita ke yang lain juga (meskipun tidak ada maksud untuk membocorkannya). Jika itu terjadi, maka akan berpotensi terdengar keatasan Anda. Jika rencana Anda terdengar sebelum Anda keluar, itu justru akan mempersulit langkah Anda untuk segera resign. Karena pasti atasan Anda akan mencegahnya dan mempertanyakan "apa masalahnya?" Untuk itu, tetaplah bersikap tenang dan berlakulah seperti tidak ada masalah apapun.

Tetap bekerja seperti biasanya

Di saat kita ingin berhenti bekerja, maka biasanya kita merasa malas untuk mengerjakan pekerjaan kita itu. Hal ini jangan pernah Anda lakukan. Untuk menghindari kecurigaan orang lain bahwa Anda akan berhenti bekerja, maka kerjakanlah pekerjaan Anda seperti biasa. Lakukan sebagai pengabdian terakhir Anda pada perusahaan itu. Anggap saja seolah-olah sebagai rasa terimakasih Anda karena telah menerima Anda bekerja selama itu. Hal ini juga akan meninggalkan kesan yang baik, dan Anda akan di cap sebagai karyawan yang bertanggung jawab pada pekerjaan.

Perhatikan waktu kontrak

Jika Anda bekerja dan terikat kontrak, dan di sisi lain ingin resign, maka perhatikan dulu masa kontrak Anda. Jangan sampai Anda membuat masalah yang rumit. Bila masa kontrak Anda masih lama, maka bertahanlah terlebih dahulu sambil menunggu waktu yang tepat. Jika telah tiba waktunya dan Anda di tawari kontrak baru, maka katakanlah dengan baik. Bahwa Anda tidak ingin memperpanjang kontrak dan ingin resign. Tentu saja itu harus di lakukan dengan cara yang bijak, agar tidak menimbulkan kesan yang negatif.

Katakanlah secara langsung dengan atasan

Bila waktu yang Anda tentukan untuk resign telah tiba, maka katakanlah langsung kepada atasan Anda bahwa Anda ingin resign dari perusahaan tersebut. Hal ini lebih baik di pada mengirimkan lewat surat atau email. Karena Anda akan di cap sebagai karyawan yang tegas. Dan jangan lupa juga untuk membawa surat permohonan keluar Anda. Bicarakan kepada atasan Anda apa masalah Anda dan alasan Anda sehingga mempunyai keinginan untuk resign. Pastikan memberikan alasan yang tepat dan tegas serta secara logis. Agar atasan Anda mengormati keputusan Anda. Setelah Anda berhasil keluar, maka silahkan untuk mengejar apa yang ingin anda raih.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon