14 Mei 2017

Lakukan Hal Ini Agar Tetap Semangat Dalam Bekerja

Lakukan Hal Ini Agar Tetap Semangat Dalam Bekerja - Bekerja pada satu perusahaan dengan waktu yang cukup lama, mungkin ada rasa bosan yang menghampiri. Entah itu karena pekerjaannya yang itu-itu saja, atau pendapatan yang di peroleh selalu pas-pasan. Sebagai seorang karyawan, tentu saya memahami posisi Anda. Ingin berhenti khawatir akan sulit mencari kerja lagi, ingin bertahan rasa di hati sudah sangat lelah.

Lakukan Hal Ini Agar Tetap Semangat Dalam Bekerja

Menurut saya pribadi, jika pendapatan yang Anda peroleh masih di bilang cukup, alangkah lebih baik untuk bertahan terlebih dahulu. Apalagi mengingat lamanya Anda bekerja di perusahaan tersebut sudah di bilang cukup lama. Pasti Anda pun menganggap perusahaan tersebut sudah seperti rumah sendiri, dan para pegawainya sudah Anda anggap keluarga sendiri.

Meskipun terkadang ada hal yang tidak menyenangkan di tempat Anda bekerja, bukan berarti Anda harus keluar dan mencari pekerjaan baru. Pada dasarnya, jika umat manusia masih saling berkomunikasi dan bersosialisasi, itu artinya perselisihan akan selalu ada. Jadi, sangatlah tidak bijak jika Anda keluar hanya karena hal yang tidak menyenangkan. Perlu Anda ketahui, Anda bekerja untuk siapa? Untuk diri sendiri, keluarga, atau masa depan Anda? Itu harus menjadi patokan sebagai penyemangat Anda di sisi lain.

Masalah dengan pekerjaan, itu terjadi bukan hanya di tempat kerja Anda saja. Karena banyak di luaran sana yang permasalahan pekerjaannya lebih dari yang Anda alami. Oleh karenanya perlu pertimbangan yang matang terlebih dahulu untuk menentukan apakah Anda harus keluar?

Tapi jika di satu sisi Anda masih ingin bekerja di tempat tersebut, dan di sisi lain Anda ingin berhenti, itu artinya Anda kehilangan motivasi. Motivasi sendiri sangat penting untuk membantu semangat Anda dalam bekerja. Dan saya yakin Anda pun pasti tahu akan hal itu. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan motivasi di tempat kerja yang menjadi titik jenuhnya. Oleh karena itu Anda perlu wawasan baru di tempat kerja Anda tesebut.

Mengubah Suasana Ruang Kerja

Mulailah mencari Motivasi dengan cara mengubah suasana ruang kerja Anda. Jika awalnya di meja kerja Anda hanya terdapat vas bunga atau alat tulis, mulailah memberi tambahan dengan menaruh foto keluarga Anda, mobil idaman Anda, atau sesuatu yang menjadi impian Anda. Anda bisa melakukan itu asalkan dapat membuat hati Anda merasa nyaman dan semangat kembali dalam bekerja. Tentunya hal ini harus mendapat izin dari atasan dulu. Supaya Anda tidak di anggap semena-mena di tempat kerja.

Cara ini telah banyak di gunakan orang-orang pekerja kantoran di luar sana. Oleh sebab itu cara ini sangat di rekomendasikan untuk Anda yang tengah kehilangan​ semangat kerjanya. Ya, siapa tahu dengan melakukan cara ini saja, mood Anda kembali lagi seperti saat pertama kali Anda masuk kerja.

Lebih Aktif dalam Bersosialisasi di Tempat Kerja

Hal yang dapat membuat kita jenuh di dalam pekerjaan juga bisa di akibatkan karena kurangnya sosialisasi dengan pekerja lainnya. Jika kita hanya memiliki dua sampai 5 teman dekat saja di kantor, maka itu bisa menjadi titik jenuh. Cobalah lebih luaskan pergaulan Anda di tempat kerja. Semakin akrab dengan banyak orang, semakin banyak pula kesempatan mendapat motivasi tambahan dari orang-orang di sekitar.

Biasanya, jika kita selalu dekat dengan orang-orang tertentu saja, maka kita pun hanya akan mendengar keluh kesah yang itu-itu saja juga. Yang akhirnya kita pun juga ikut merasa jenuh. Jika sudah seperti itu, pikiran untuk keluar pun ada. Oleh karenanya, penting untuk akrab dengan banyak orang di tempat kerja. Agar, kita dapat menyaring setiap pemikiran orang-orang di tempat kerja kita. Dengan begitu, kita masih bisa mendapatkan motivasi dalam diri kita.

Ambil lah Cuti Liburan

Pikiran yang terlalu terfokus pada satu titik, itu lama-kelamaan akan memengaruhi produktifitas Anda dalam bekerja. Apalagi pikiran tesebut adalah tentang pekerjaan, sudah pasti itu akan membuat Anda stres dan terasa ingin berhenti bekerja. Untuk itu segera ambil jatah cuti Anda untuk berlibur. Bicarakan dengan atasan apa yang menjadi beban Anda, dan alasan Anda ingin cuti. Bicaralah dari hati ke hati, siapa tahu atasan Anda akan mengerti suasana hati Anda.

Dengan berlibur, itu akan membuat otak Anda kembali fresh setelah beberapa pekan selalu memikirkan tentang pekerjaan. Buanglah semua pikiran yang menjadi beban Anda selama liburan. Karena meski sudah mengambil jatah liburan namun tetap memikirkan pekerjaan, itu akan sia-sia saja. Nikmatilah suasana berlibur Anda, demi mendapat motivasi bekerja lebih giat lagi.

Jangan Jadikan Pekerjaan sebagai Beban Pikiran

Banyak diantara kita yang masih menganggap bahwa sebuah pekerjaan itu adalah sebuah beban. Jika Anda pun demikian menganggap seperti itu, maka sebaiknya Anda berhenti bekerja saja, dan tidak usah bekerja lagi. Karena pada dasarnya, pekerjaan adalah sebuah tanggung jawab bagi seorang pekerja. Kita melamar pekerjaan agar mendapat pekerjaan, bukan? Jika kita menganggap itu adalah sebuah beban, maka itu adalah kesalahan besar. Jika kita bekerja dengan hati yang tulus, dan penuh dengan semangat, maka seberat apapun pekerjaannya, kita tidak akan pernah merasa terbebani.

Lagipula, orang yang ingin mengakhiri pekerjaannya itu kebanyakan orang yang merasa dirinya terbebani dengan pekerjaannya. Jika selama bekerja baik-baik saja, tidak ada masalah gaji karyawan atau hal lain yang merugikan karyawan, itu masih dianggap normal. Maka sangat tidak logis jika secara mendadak Anda ingin keluar. Percayalah! Mungkin itu hanya pikiran negatif Anda saja. Karena pada dasarnya Anda tengah dalam kebimbangan. Mungkin karena masalah Anda di luar pekerjaan, atau suasana hati Anda yang kurang motivasi. Untuk itu, janganlah jadikan pekerjaan Anda sebagai beban. Tapi nikmatilah pekerjaan Anda. Untuk menambah motivasi, Anda bisa belajar dari proses Anda sendiri dalam bekerja. Ya, karena motivasi terbaik adalah lahir dari diri sendiri.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon