18 Agt 2017

5 Penyebab Bosan Bekerja dan Solusinya

5 Penyebab Bosan Bekerja dan Solusinya - Sebagai manusia biasa, kita tidak pernah bisa menghindari rasa bosan ataupun jenuh pada suatu hal. Seperti misalnya bosan dengan keadaan kamar, bosan dengan makanan, dan bosan dalam hal lainnya. Termasuk bosan dengan pekerjaan. Jika kita sudah merasa bosan dengan pekerjaan kita, itu adalah hal buruk yang harus dihentikan.

Sebagai seorang manusia, tentunya kita sangat membutuhkan sebuah pekerjaan, agar kita bisa mendapat uang untuk kebutuhan hidup kita baik primer maupun sekunder. Tapi ada saatnya juga kita merasa bosan dengan pekerjaan yang kita lakukan dan berpikir ingin berhenti bekerja dan mencari pekerjaan baru. Namun sayangnya, mencari pekerjaan tidaklah semudah yang kita bayangkan. Alhasil, mau tidak mau kita harus tetap bertahan pada perusahaan tempat kita bekerja tesebut.

5 Penyebab Bosan Bekerja dan Solusinya

Bagi Anda yang masih lajang, tentu meski berhenti bekerja dan tidak mendapat pekerjaan baru dengan waktu cepat, bukanlah masalah besar. Tapi bagi Anda yang telah berkeluarga, ini adalah suatu masalah besar. Untuk itu berpikirlah terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja. Karena sebenarnya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar kita tidak lagi bosan dengan pekerjaan kita.

Ada banyak faktor yang memengaruhi kita bosan dalam pekerjaan, yaitu:

1. Suasana 
Suasana kerja yang sejak pertama masuk kerja hingga beberapa tahun ke depan yang tidak ada perubahan alias itu-itu saja, tentu akan membuat kita merasa bosan. Karena sebagai manusia, tentu kita sangat membutuhkan hal-hal baru atau suasana yang baru. Begitupun di tempat kerja kita sendiri. Untuk itu, alangkah baiknya untuk Anda melakukan sedikit perubahan pada lingkungan pekerjaan Anda. Bisa di mulai dari ruangan Anda.

Cobalah untuk membuat inisiatif sendiri, agar suasana di kantor tidak begitu membosankan. Kumpulkan semua pendapat rekan-rekan kerja, harusnya membuat program apa agar Anda dan yang lainnya tidak merasa bosan.

2. Jenis Pekerjaan 

Mendapatkan pekerjaan, awal-awalnya memang sangatlah menyenangkan. Karena itu sama saja kita telah di percaya oleh atasan kita untuk bekerja di perusahaannya. Namun sayangnya, lambat-laun pekerjaan tesebut terasa sangat membosankan. Terlebih dalam setiap hari harus melakukan pekerjaan yang itu-itu saja. Sudah pasti itu sangat membosankan.

Jika seperti itu, cobalah untuk mencari referensi sendiri atau kegiatan di saat waktu luang untuk menghilangkan rasa bosan itu. Seperti misalnya membuat komik, atau yang lainnya. Dengan menyibukkan diri seperti itu, biasanya rasa bosan dalam pekerjaan bisa hilang. Untuk itu, mulailah mencari kegiatan lain di luar pekerjaan, dan yang tidak menggangu pekerjaan.

3. Komunikasi 

Selain beberapa hal di atas, komunikasi dengan rekan kerja juga sangat berpengaruh dalam kebosanan di tempat kerja. Komunikasi yang buruk, sangat seringkali membuat kita berpikir untuk keluar dari perusahaan tersebut, karena kita menganggap semua karyawan di perusahaan tersebut tidak bisa di ajak berteman ataupun punya pikiran mereka sinis dan kita.

Maka dari itu, janganlah tertutup dengan rekan kerja Anda. Mulailah buka obrolan yang ringan, dan mulailah belajar komunikasi yang baik dan lebih terbuka. Maka secara perlahan Anda akan memiliki banyak teman dan tidak ada masalah dalam komunikasi lagi, terutama tempat kerja pun tidak terasa membosankan lagi.

4. Status 

Status pegawai juga ternyata bisa menyebabkan seseorang menjadi bosan dengan pekerjaan. Semisal Anda bekerja dalam 5 tahun pada sebuah perusahaan, namun status Anda tetap menjadi bawahan dan tidak pernah naik pangkat, padahal Anda sudah bekerja semaksimal mungkin dan bahkan mengorbankan seluruh tenaga Anda untuk perusahaan tersebut.

Itu tentunya akan sangat mempengaruhi tingkat kejenuhan kita dalam bekerja. Jika Anda juga merasakannya, maka segeralah tanyakan kepada atasan Anda, mengapa Anda tidak juga naik pangkat? Jika sudah mendapat kejelasan, bukankah itu akan membuat hati Anda sedikit lega? Dan cobalah untuk bekerja lebih keras lagi.

5. Gaji 

Setiap orang yang bekerja lama pada sebuah perusahaan, sudah pasti menginginkan kenaikan gaji. Namun di karenakan pihak perusahaan tidak juga melakukan tindakan tersebut, maka timbullah rasa bosan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Itu memang hal yang biasa terjadi.

Tapi seharusnya, jika memang Anda seorang pekerja profesional, seharusnya tetap bekerja seperti biasanya dan ungkapkan keluhan Anda pada atasan Anda secara langsung, tanpa harus bermalas-malasan bekerja sebagai rasa kecewa. Justru jika kita menunjukkan rasa bosan kita setelah tidak juga naik gaji, maka biasanya atasan tidak pernah mempertimbangkannya. Tapi sebaliknya, jika kita tetap profesional, maka pasti atasan pun akan mempertimbangkan kenaikan gaji kita. Meskipun awalnya menolak.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon