15 Agt 2017

Cara Menjadi Orang Sukses dan Kunci Sukses

Cara agar menjadi orang suksesSetiap orang yang ada di muka bumi ini, sudah pasti menginginkan sebuah kesuksesan dalam hidupnya. Baik itu dalam soal karir, percintaan, ataupun yang lainnya. Sudah pasti ingin sukses! Tapi sukses yang akan saya bahas disini adalah, tentang bagaimana kita bisa sukses untuk masa depan kita, dalam hal ini bisa di sebut sukses berkarir.

Cara Menjadi Orang Sukses dan Kunci Sukses

Orang-orang dalam berkarir memiliki visi dan misi sendiri. Seperti halnya misi untuk menafkahi keluarga, atau misi untuk mengejar cita-cita. Semua itu bisa di lakukan dengan yang namanya kerja keras. Lantas, apa yang di sebut kerja keras? Orang yang kerjanya dengan otot kah? Atau orang yang kerjanya sebagai kuli panggul? Bukan kerja keras itu yang saya maksud. Melainkan orang yang bekerja tanpa henti dan tidak pantang menyerah.

Ada orang yang bilang, "kalau Anda ingin sukses maka Anda harus bekerja keras dan tidak pantang menyerah. Meskipun Anda gagal, tapi lakukanlah kembali sampai Anda benar-benar berhasil". Lalu, apakah itu bekerja? Jelas sangat bekerja! Karena berkat pernyataan tersebut, banyak orang yang mulai bekerja keras dan pantang menyerah. Tapi, ada satu hal yang masih mengganjal dalam hati saya. Yaitu, mereka bekerja keras namun tetap tidak bisa sukses, itu kenapa bisa terjadi? Mungkin jawabannya adalah, mereka tetap bekerja keras untuk sukses, tapi tidak tahu kunci sukses itu sendiri. Sehingga, mereka tetap tidak ada perubahan.

Di luaran sana telah banyak orang-orang yang menuliskan kisah sukses orang lain, dan beserta kunci sukses itu sendiri. Namun faktanya, tidak semua orang bisa menjalani tips-tips yang mereka berikan. Itu semua karena pola pikir manusia, sangatlah berbeda. Sehingga apa yang mereka sarankan, belum tentu sesuai dengan yang kita inginkan. Kita semua punya kehendak masing-masing, terutama dalam melakukan segala hal agar bisa sukses.

Kunci suksesBerbicara mengenai kunci sukses, menurut Anda sendiri apakah kunci sukses itu? Kerja keras? Pantang menyerah? Atau yang lainnya? Itu semua memang benar! Karena meskipun kita kerja keras, kalau kita menyerah pada suatu keadaan, tentu kita tidak akan bisa sukses. Kesuksesan seseorang di ukur dari usaha yang mereka lakukan. Seperti pepatah yang mengatakan "usaha keras itu tidak akan mengkhianati" itu adalah benar.

Setiapsuatu kasus bisa di jadikan sebuah contoh. "Agung adalah seorang pekerja lepas. Setiap harinya dia membantu orang-orang di pasar, untuk mengangkut barang-barang belanjaan orang lain. Upah yang Agung dapatkan tergantung berapa banyak orang yang dia bantu. Jika setiap orang memberi upah Rp 10.000, berapakah yang Agung dapatkan jika dalam satu hari ada 10 orang yang di bantu? Tentu jawabannya  Rp 100.000." Nah dari kisah  Agung tersebut, dapat kita simpulkan bahwa usaha yang kita lakukan, menentukan hasil kita sendiri.

Lalu, apakah kunci sukses itu benar-benar "kerja keras dan pantang menyerah?" Saya pikir bukan itu. Karena jika menjadikan argumen tesebut sebagai kunci sukses, maka itu akan saling berkaitan dengan yang lainnya. Seperti halnya "jangan malas, jangan takut mencoba, jangan takut mengambil keputusan, dan lain sebagainya." Jadi, kunci sukses itu bukan hanya satu, dan menurut saya itu bukanlah sebuah kunci sukses. Karena bagi saya, yang di namakan kunci itu cuma satu! Terus, apa kunci sukses itu? Saya pun tidak tahu tepatnya.

Cara menjadi orang sukses

Jika Anda menginginkan menjadi orang sukses, maka Anda bisa lakukan hal-hal di bawah ini:

Jangan malas
Semua orang tentu tahu, kalau mau sukses ya harus buang rasa malas. Kalau kita terus di bawah bayang-bayang rasa malas tersebut, tentu kita tidak akan bisa bertindak untuk melakukan hal-hal yang akan membuat hidup kita sukses di masa depan. Sifat malas yang ada di dalam diri manusia, memang kadang tidak bisa di hindari. Seperti halnya malas bangun pagi, malas gosok Gigi, dan malas melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk dirinya sendiri. Nah, jika kita seperti itu, apakah bisa kita sukses? Saya pikir itu tidak mungkin!

2. Jangan ragu mencoba sesuatu yang baru

Melakukan sesuatu yang baru, itu di percaya akan menambah wawasan kita dan pola pikir kita, dan tentu saja itu akan membuat pintu kesuksesan kita terbuka lebar. Anda jangan ragu untuk melakukan suatu hal yang baru. Bukalah pikiran Anda seluas dunia, maka hati Anda akan tergerak untuk mengikuti langkah kaki Anda kemana akan pergi? Dan ketika Anda telah sampai di suatu tempat yang baru, di situlah Anda akan berpikir bagaimana cara bertahan hidup, dan beradaptasi dengan lingkungan di sekitar Anda yang masih sangat baru dalam hidup Anda. Bukankah itu akan membuat Anda menjadi lebih dewasa?

3. Jangan berpikir tidak bisa

Banyak orang-orang yang ingin sukses, tapi mereka sering mengatakan bahwa mereka tidak bisa melakukan hal tersebut. Dan terkadang mereka selalu berpikir tentang benang takdir dari orang-orang yang sudah sukses dan berkata "mungkin sudah takdir mereka menjadi orang sukses" itu adalah pola pikir orang-orang yang hanya ingin hidupnya terus menjadi orang yang gagal. Seharusnya, kita coba dulu melakukan hal tersebut, sampai dimana kita bisa melakukannya. Karena pada dasarnya, manusia itu bisa berjalan dan berlari karena belajar berjalan terlebih dahulu, meskipun awalnya merangkak. Untuk itu, jangan pernah berpikir tidak bisa.

4. Kebanyakan berpikir

Memang, sebelum kita melakukan sesuatu, kita harus memikirkannya terlebih dahulu. Apa dampak buruk dan baiknya? Tapi bila kita terus berpikir tanpa bertindak, maka kita pun tidak akan tahu apa yang harus di perbaiki dan yang perlu di kembangkan? Pasalnya, setiap tindakan tentu ada suatu kesalahan. Dan dari kesalahan tesebut, itulah yang akan membuat kita berpikir bagaimana caranya agar kesalahan itu tidak terjadi lagi? Karena seorang programmer pun, pasti akan selalu menemukan bug di setiap program yang mereka buat. Jadi, perbanyaklah bertindak di banding berpikir.

Itu semua mungkin sedikitnya sikap yang perlu Anda terapkan di dalam hidup Anda, jika ingin sukses. Tapi ada satu hal lagi yang ingin saya katakan disini. Ini adalah ucapan dari seorang publik figur di tanah air kita, yaitu Deddy Corbuzier. Beliau mengatakan tentang kunci sukses. Apa itu kunci sukses? Beliau tidak tau, yang beliau tahu adalah kunci kegagalan. Apa itu kunci kegagalan? Kunci kegagalan adalah "berhenti / menyerah". Kenapa seperti itu? Karena jika kita berhenti berusaha atau menyerah dalam suatu keadaan, maka kita tidak akan bisa menjadi orang sukses.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon