2 Sep 2018

Cara Jitu Menolak Depresi

Dinamika hidup membuat kita tidak bisa selamanya merasa lega dan bahagia. Ada kalanya kita dirundung sedih dan galau, marah, cemas, panik dan ragam emosi negatif lainnya sehingga pada akhirnya kita terjebak “Depresi”.

Cara Jitu Menolak Depresi

Mari sejenak kita cari tahu arti dasar depresi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Depresi mengandung banyak arti. Tapi depresi yang saya maksud adalah suatu gangguan jiwa pada seseorang yang ditandai dengan perasaan yang merosot, seperti muram, sedih dan perasaan tertekan.

Depresi bisa disebabkan oleh banyak hal, pun bisa memberi dampak yang tidak sederhana bagi orang yang terjangkit. Di antara penyebab depresi di antaranya benturan kepentingan (perasaan maupun fisik) dengan manusia lain, disulut perilaku buruk kita sendiri, atau karena musibah apa saja yang datangnya tanpa direncanakan.

Sedangkan dampak depresi misalnya, orang yang mengalaminya bisa mengalami sakit yang menyiksa secara fisik dan batin, mengalami gangguan sosial, sampai bisa menyulut penderitanya untuk bunuh diri. Mengerikan, bukan?

Tapi saya tidak akan membahas tentang penyebab maupun dampak depresi secara detail. Justru di sini saya ingin berfokus pada bagaimana cara jitu menangkal depresi agar tidak berkelanjutan, apalagi menyebabkan kematian. Mari simak uraiannya:


1. Jangan Berdiam Diri dan Menyendiri

Jika depresi mulai melanda, hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah pergi ke luar rumah. Jangan pernah mengunci diri di kamar dan sendirian sambil menyetel lagu sedih. Sebagai gantinya, pergilah ke taman yang indah dan terawat, yang mana di atasnya ada langit yang luas dan membentang. Tempat terbuka akan mengusir rasa penat, memberikan peluang bagi dirimu untuk bersyukur dan mencari kelegaan.
2. Jauhkan Diri dari Segala yang Membahayakan

Di mana pun kamu melangkah ketika depresi, jangan pergi ke tempat tinggi atau tempat apa saja yang membahayakan nyawa. Jangan pula menjangkau benda-benda tajam atau makanan yang bisa mendukung dirimu untuk berpikir pendek dan membahayakan diri.


3. Berbuat Baik

Menolong orang lain yang sedang dilanda kesulitan efektif mengusir depresi. Bentuknya bisa apa saja, dan tidak perlu yang makan biaya, jika memang kamu tidak mampu. Bersedekah kepada mereka yang lapar, menolong hewan kecil yang terperangkap dan sekarat, menemani nenek tua yang kesepian, itu semua merupakan kebaikan yang bisa kamu lakukan kala terserang depresi. Tindakan positif tersebut akan efektif mengusir pikiran negatif yang bersemayam di otak dan dirimu.


4. Banyak Makan

Makanlah segala sesuatu yang enak, terutama yang manis, ketika kamu terjangkit depresi. Makanan, apalagi kalau kamu menyukai rasanya, akan mengundang pikiran bahagia hadir. Lagi pula, depresi menguras energi, dan salah satu cara terbaik memulihkan tenagamu adalah dengan makan. Selain akan merasa lebih baik, makan ketika depresi juga akan mencegahmu dari kehilangan berat badan yang berlebihan.

5. Menulis

Menulis adalah cara terbaik meluapkan perasaan, pikiran, ide, gagasan dan apapun yang bersemayam di ranah ide. Tak sekadar meluapkan, menulis bahkan berpotensi membuat kita bisa terampil runut berpikir, cerdas berkontemplasi, serta bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang berlimpah. Di sisi lain, menulis juga bisa menjadi solusi jitu ketika kamu berpotensi terserang depresi.

Sebab dengan menulis, perasaan sedih, tertekan, dan energi negatif lainnya akan tersalurkan, terbuang, dan menjadi sebuah karya yang berpotensi diapresiasi. Bersemangatlah dalam menulis, entah di waktu kamu senang, sedih, atau stabil. Informasi seputar langkah-langkah menulis kreatif dan bagaimana strategi menangkap dan mengolah ide, klik DI SINI.

***

Demikianlah cara jitu menolak depresi yang bisa saya bagi. Selebihnya, kamu harus selalu sadar, bahwa hidup di dunia hanyalah permainan dan senda gurau belaka. Jangan terlalu tegang dan serius ketika menyambut masalah. Bersikap relax dan mencoba santai bisa mengusir depresi secara elegan. Yang juga tak boleh dilewatkan, jangan lupa berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Yakinlah bahwa segala cobaan di dunia sudah diatur dan direncanakan bagi kebaikan diri. Sekian.   
  
  

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon