22 Jun 2020

5 Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Nggak Perlu Modal Banyak

Bagi wanita yang sudah menikah, memenuhi peran sebagai ibu rumah tangga tentu akan menjadi prioritas utama. Ini akan sangat menyenangkan, mengingat bahwa seluruh waktu Anda dapat digunakan untuk merawat semua anggota keluarga.  Namun, dalam beberapa kasus, ibu rumah tangga juga memiliki sejumlah waktu luang antara kegiatan sehari-harinya, yang memungkinkan mereka - termasuk Anda untuk dapat melakukan pekerjaan sampingan.

Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga Sumber gambar: jurnal.id

Menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang sangat berarti dan mulia. Aktivitas yang tak terhitung jumlahnya harus diselesaikan dari pagi hingga larut malam. Mulai dengan mengurus sarapan anak dan suami, membersihkan rumah, memasak, dll. Namun, disaat suami dan anak-anaknya pergi kerja atau sekolah, ibu rumah tangga biasa merasa kesepian dan bosan karena semua pekerjaan selesai.
Dengan kata lain, Tidak ada salahnya mencoba membuka bisnis baru atau melakukan pekerjaan sampingan.

Ada banyak manfaat, seperti pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di rumah, peningkatan ibu yang produktif, dan dapat mendedikasikan kreativitas dan kemampuan mereka. Ini membuat ibu rumah tangga lebih bahagia, terutama ketika pekerjaan sampingan mengikuti minat mereka. Meskipun itu hanya hobi pada awalnya, pekerjaan sampingan juga sangat menjanjikan, sehingga sangat cocok sebagai peluang bisnis untuk menambah penghasilan.

5 Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak jenis pekerjaan di luar sana, tetapi menemukan produksi yang paling tepat dan sukses sangat penting. Berikut pekerjaan sampingan yang penulis rekomendasikan.

1. Jasa Menjahit Memang Cocok Untuk Pekerjaan Sampingan 

Menjahit adalah kegiatan yang cukup fleksibel dan merupakan pengetahuan umum bahwa menjahit dapat dilakukan kapan saja. Jika Anda memiliki keahlian untuk menjahit dan bahkan mendesain pakaian, maka umumnya diterima untuk memberikan layanan.

2. Bisnis Online Sebagai Pekerjaan Sampingan 

Jual beli online adalah transaksi sederhana dan mudah yang dapat dilakukan siapa pun tanpa membatasi waktu dan ruang. Apalagi dengan kecanggihan peralatan dan teknologi yang nampaknya memudahkan kita saat ini. Pilihan produk yang akan dijual, seperti pakaian, sepatu, dan kosmetik, sangat beragam.
Penjualan daring adalah salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga. Anda juga dapat menjual sisa waktu Anda secara online, selama dapat memisahkan pekerjaan rumah seperti mengurus keluarga Anda.

3. Usaha Kuliner Online

Jenis pekerjaan ini tidak jauh berbeda dengan penjualan online. Hanya membutuhkan sedikit ketekunan untuk mengolah bahan makanan menjadi produk yang diminati banyak orang dan dapat dikirim ke mana saja.
Sungguh, jika Anda sudah suka memasak dan telah menciptakan menu andal yang bisa dijual online, maka akan menjadi peluang besar. Seperti membuat sambal dengan kemasan, kue kering, dan nasi kotak dari berbagai menu. Ibu, selama Anda dapat membagi waktu Anda, Anda bisa melakukan pekerjaan ini.

4. Jasa MUA (Make up Artis)

Jika Anda memiliki keahlian di bidang kecantikan, Anda dapat membuka bisnis ini. Anda tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan Anda, tetapi Anda juga dapat meningkatkan persahabatan Anda. Metode operasinya sangat fleksibel. Tidak monoton setiap hari, dan pelanggan bisa datang langsung ke rumah Anda.

5. Pengrajin Paper Flower

Ketika Anda mendengar hal semacam ini, tidak asing di telinga Anda. Ya, benda-benda ini sering digunakan sebagai hiasan dinding acara khusus atau spot foto. Seperti acara pertunangan, pernikahan dan acara lainnya.
Selain bahan untuk membuatnya lebih mudah ditemukan di toko buku dan persediaan, prosesnya sangat sederhana. Anda cukup mengasah keterampilan dan keuletan untuk merangkai kertas satu per satu sehingga  bisa menemukan kelopak bunga yang indah. Lihat tutorialnya di Youtube.

Penutup

Kita sering melihat ibu-ibu yang "kalang-kabut" dan gagal membuka bisnis ini, gagal membuka bisnis itu, dan akhirnya gagal berkonsentrasi. Padahal, menjalankan bisnis membutuhkan modal, uang, energi, modal pikiran, dan modal waktu.
Tujuan awalnya adalah untuk meningkatkan pendapatan, tetapi sebaliknya meningkatkan pengeluaran. Sebelum jatuh ke keadaan itu, kenali dulu tiga jenis pendapatan.
  1. Penghasilan Aktif : Penghasilan yang diperoleh seseorang yang bekerja, bertukar waktu, berkeringat, berpikir, menghasilkan uang, dan terkadang membuat Anda merasa ingin menghasilkan uang.
  2. Penghasilan Investasi : Penghasilan yang diperoleh seseorang untuk menghasilkan uang menggunakan uangnya.
  3. Penghasilan Pasif : Penghasilan yang diperoleh aset Anda untuk menghasilkan uang.
Kebanyakan ibu rumah tangga dan tips internet hanya fokus pada pendapatan aktif. Namun bagaimanapun juga, yang harus terlebih dahulu Anda fokuskan adalah minat Anda sendiri.

Jika ada satu hobi yang Anda miliki dan kebetulan tidak ada pada rekomendasi kami, sebaiknya Anda kembangkan itu. Siapa tahu hobi Anda akan mengubah nasib Anda menjadi lebih baik dan dapat membantu ekonomi keluarga.
Apa pun bisnis Anda, lakukan bisnis Anda dengan itikad baik untuk membantu ekonomi keluarga. Demikian artikel ini semoga bermanfaat dan diberkati. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon