10 Jul 2020

5 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Oleh Karyawan Dan Mahasiswa Atau Freelancer

Bagi Anda seorang karyawan yang membutuhkan penghasilan tambahan atau mahasiswa yang membutuhkan uang, pekerjaan sampingan dapat mengubah nasib Anda. Anda dapat melakukannya dari sore ke malam atau setelah bekerja sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang mengganggu pekerjaan atau kuliah.

Ada tantangan yang harus Anda hadapi. Sulit untuk berbagi waktu dengan keluarga Anda dan menyegarkan tubuh Anda untuk besok.

Pekerjaan sampingan memang selalu ditunjuk sebagai solusi untuk menambah kebutuhan finansial seseorang atau keluarga. Karena, mengandalkan gaji saja terasa tidak cukup. Bahkan untuk seorang mahasiswa, bekerja sampingan merupakan solusi yang terbaik untuk biaya kos dan membantu biaya kuliah.

Alih-alih mengandalkan uang orang tua, seorang mahasiswa juga dituntut untuk mandiri. Oleh karena itu, banyak diantara mahasiswa yang mencari pekerjaan sampingan. 

Nah, apakah Anda termasuk orang-orang yang tengah mencari pekerjaan sampingan, namun tidak tahu harus kerja apa? Disini penulis ingin memberikan referensi untuk Anda. Jadi, baca terus sampai tuntas.

5 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Oleh Karyawan Dan Mahasiswa Atau Freelancer

5 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Oleh Karyawan Dan Mahasiswa

1. Desain Grafis

Jika Anda memiliki hobi menggambar atau pandai membuat desain, maka pekerjaan ini cocok untuk Anda. Sekarang, di era digital ini, desain grafis sangat dibutuhkan. Banyak orang-orang memulai bisnis mereka dan memerlukan logo utuk perusahaannya. Anda bisa memanfaatkan itu. 

Ada banyak website yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu Anda dalam mendapatkan pelanggan, salah satunya website yang sudah dari dulu dan sangat menjanjikan ini, yaitu Fiver. 

Pasar Fiver adalah internasional. Jadi sangat memungkinkan Anda untuk menghasilkan banyak uang darinya. Yang terpenting adalah, Desain yang Anda buat dapat memuaskan pelanggan. 

Layanan desain yang populer adalah:
  • Kartu nama.
  • Logo.
  • Baju.
  • Makskot.
  • Poster.
  • Booth, dan
  • Interior.
Apalagi bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal. Hanya laptop atau komputer yang mampu mendukung koneksi internet dan semua tujuan desain grafis.

2. Dropship


Dropship bisnis adalah bisnis online di mana penjual tidak harus memiliki inventaris barang. Itu hanya bertindak sebagai perantara. Pekerjaan Anda hanya mempromosikan produk melalui media sosial, blog pribadi, forum, dan toko online.

Setelah pelanggan melakukan pembelian, tugas selanjutnya adalah memberi tahu pemasok untuk mengirim produk. Tugas-tugas berikutnya ditangani oleh pemasok.

Segala proses akan ditangani secara otomatis, Anda hanya perlu melakukan tugas sederhana saja. 

Untuk melakukan pekerjaan ini, Anda bisa mendapatkannya di toko-toko online seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya. 

Anda akan mendapat laba dari selisih antara harga jual pemasok dan harga beli konsumen. Misalnya, Anda menjual produk seharga Rp. 150.000, sementara pemasok memberi Anda harga Rp. 120.000, berarti Anda mendapat untung Rp. 30.000.

3. Jasa Ketik

Bisnis selanjutnya yang bisa penulis rekomendasikan adalah bisnis jasa pengetikan. Khusus untuk Anda yang tinggal di area kampus, area kantor, sekolah. Layanan pengetikan adalah layanan yang paling populer.

Pada langkah pertama, Anda hanya perlu menyiapkan satu unit komputer dan printer. Jika sibuk, Anda dapat menambahkan unit komputer dan mempekerjakan beberapa karyawan.

Selain menyediakan layanan pengetikan, Anda dapat membuka layanan tambahan lainnya yang sebenarnya masih relevan. Sebagai contoh.

  • Jasa edit foto
  • Jasa pembuatan kartu undangan, kartu nama dll.
  • Jasa service laptop.
  • Menjual peralatan komputer seperti mouse, keyboard, dudukan laptop, tinta printer dan lain sebagainya.

4. Kursus Online 

Kursus dapat diambil offline maupun online. Anda dapat menuangkan pengetahuan yang Anda miliki dalam bentuk ebook, rekaman audio dan video.

Semuanya bisa dijual dalam kursus digital. Semakin banyak minat dalam kursus digital karena semakin banyak orang yang sibuk, dibanding hanya melakukan kursus offline.

Ini adalah peluang bisnis online bagi mereka yang ahli dalam bidang tertentu dan ingin menjual layanan mereka dengan mengajarkannya kepada orang lain. Terlebih kursus yang Anda tawarkan  merupakan sesuatu yang sulit dipelajari namun banyak diminati.

5. Jual Karya Seni

Gagasan pekerjaan sampingan lain untuk karyawan dan mahasiswa adalah untuk dapat menjual karya seni, seperti gambar. Bisa dalam bentuk foto yang dimodifikasi atau gambar ilustrasi. Tidak banyak orang yang mempelajari bisnis online di bidang ini.

Contoh lain dari bisnis ini adalah menjual wallpaper, ilustrasi, lukisan, sketsa, ikon dan banyak lagi. Format karya seni itu sendiri dapat berupa objek fisik atau file.

Memiliki modal dalam jumlah kecil seharusnya tidak menjadi halangan untuk memulai bisnis baru dan memilikinya. Karyawan dengan modal rendah memiliki banyak peluang sampingan. Kemudian, jika Anda sudah mencoba, jangan takut gagal.

Kegagalan adalah pengalaman berharga dan bagian dari jalan menuju kesuksesan. Semoga sukses memulai bisnis Anda!


Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon