15 Oct 2020

Cara Berbisnis Dengan TikTok Ads Dan Bagaimana Pemasarannya Yang Perlu Anda Ketahui

Anda mungkin pernah mendengar rumor tentang aplikasi media sosial TikTok. Dan dengan kontennya yang dapat dengan mudah dikonsumsi dan ditonton jutaan orang setiap hari, mudah untuk melihat mengapa iklan TikTok semakin ramai.


Dengan aplikasi yang menarik 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok adalah impian pemasar, tetapi bagaimana tepatnya TikTok Ads bekerja? Dan apakah mungkin untuk mengiklankannya sebagai bisnis kecil?

Jika Anda penasaran tentang pemasaran di TikTok tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, kami siap membantu Anda. Kami telah melakukan penelitian, menelusuri video, dan menyusun panduan bermanfaat ini yang akan memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk memahami iklan TikTok, basis penggunanya, dan berbagai fitur serta kebiasaannya.


Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang dunia TikTok yang aneh dan indah dan bagaimana bisnis Anda dapat menjadi bagian darinya.


Apa Itu Aplikasi TikTok? 


TikTok adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan pengguna membuat dan melihat video pendek yang disesuaikan dengan musik atau soundtrack kustom.


Sempurna untuk penggunaan luas, sementara pengguna dapat dengan mudah menelusuri TikTok - menggulir dan menonton konten pengguna lain tanpa berkontribusi - aplikasi ini juga memudahkan pengguna untuk membuat video.


Tetapi sebelum beralih ke fitur-fitur aplikasi, Anda mungkin bertanya-tanya dari mana TikTok berasal, dan dengan alasan yang bagus, perjalanannya menuju popularitas dunia adalah hal yang menarik.


Aplikasi ini dimiliki oleh ByteMedia, yang pertama kali meluncurkan versi Cina dari aplikasi yang disebut Douyin pada September 2016. TikTok, yang menggunakan perangkat lunak yang sama dengan Douyin, dirilis sebagai mitra internasional Douyin setahun kemudian. Tidak lama kemudian, ByteMedia mengakuisisi aplikasi lip-sincying Muscial.ly, dan setelah menggabungkan kedua aplikasi tersebut pada Agustus 2018, aplikasi ini dengan cepat mendapatkan popularitas.


Dengan pertumbuhan yang begitu pesat, beberapa pembuat TikTok menjadi sangat populer dan menarik perhatian luar. Seorang pengguna bahkan menandatangani kesepakatan dengan agensi bakat di balik postingan viral tersebut. Perusahaan besar lainnya juga telah meningkatkan beberapa tindakan tersebut.


Siapa Pengguna TikTok?


Jadi siapa yang melihat semua pembuat konten random ini? Ya, kebanyakan dari mereka berusia di bawah 30 tahun, terutama Gen Z: 41% dari pengguna TikTok yang sangat besar berusia antara 16 dan 24 tahun. Dan dengan kelompok usia ini meningkatkan daya beli, memahami iklan TikTok dan cara-cara untuk meningkatkan pertumbuhan TikTok menjadi lebih penting.


Cara Menggunakan TikTok Untuk Marketing Bisnis Anda


Baru dalam bentuknya saat ini sejak akhir 2018, ini adalah hari-hari awal dunia periklanan TikTok. Meskipun mungkin akan ada perubahan besar di masa mendatang, berikut ini cara menggunakan aplikasi untuk pemasaran:


1. Profil


Mungkin trik pemasaran anggaran rendah terbaik untuk TikTok adalah membuat profil, menghasilkan konten, dan membangun audiens. Namun, ada seni hebat dalam membuat video yang tidak hanya mempromosikan merek Anda, tetapi juga menarik pemirsa. 


Pengguna tidak menggunakan aplikasi untuk menonton iklan TikTok, jadi merek apa pun yang ingin terlibat harus memiliki pemahaman yang baik tentang jenis konten yang populer sebelum memulai akun (jangan khawatir, kami akan memberi Anda lembar contekan di bawah).


2. Menggunakan TikTok Ads


Ini sepertinya jawaban yang jelas dalam hal beriklan di TikTok, tetapi saat ini opsi ini hanya tersedia di beberapa negara dan hadir dengan harga yang membatasi. Iklan TikTok berbayar dapat hadir dalam berbagai bentuk, termasuk:


  • Iklan pra-putar: Video yang dimulai segera setelah pengguna membuka aplikasi
  • Iklan dalam feed: Video yang muncul saat pengguna menggulir
  • Tantangan hashtag yang dipromosikan: Video yang mendorong kiriman pengguna menggunakan hashtag khusus
  • Efek bermerek: Filter efek khusus untuk digunakan pembuat konten dalam video - mirip dengan yang ada di Snapchat dan Instagram tetapi menampilkan informasi khusus merek


3. Gunakan Influencer


Bekerja dengan influencer TikTok yang terbukti dan relevan untuk mempromosikan produk Anda adalah media yang menyenangkan antara menghabiskan ribuan dolar untuk iklan TikTok dan mencoba membuat konten Anda sendiri. Ini adalah sesuatu yang mulai dilakukan oleh semua jenis perusahaan yang ingin mempromosikan satu produk.


Namun, karena tidak mungkin untuk memasukkan URL yang dapat diklik dalam teks video TikTok, tidak selalu mudah untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web dari video tersebut. Anda dapat mencoba menyiasati hal ini dengan memiliki tautan influencer ke toko Anda di bagian komentar bio atau video mereka.


4. Video Yang Dapat Dibeli Di TikTok


Anda mungkin pernah mendengar bisikan tentang video yang dapat dibeli yang tersedia di TikTok. Ini adalah opsi baru yang saat ini sedang diuji oleh beberapa influencer TikTok, tetapi telah tersedia di aplikasi saudara TikTok, Douyin, untuk sementara waktu. 


Mirip dengan fitur geser ke atas dan posting yang dapat dibeli di Instagram, video yang dapat dibeli memungkinkan pengguna untuk melampirkan URL ke video iklan TikTok mereka sehingga pengguna dapat dibawa ke toko mereka dengan satu sentuhan tombol.


Meskipun TikTok telah mengonfirmasi bahwa fitur tersebut akan diuji, masih belum ada konfirmasi kapan - atau apakah - fitur itu akan tersedia untuk khalayak yang lebih luas. Oleh karena itu, video yang dapat dibeli tidak dapat dianggap sebagai opsi yang layak saat ini. 


Namun, jika fitur ini dirilis secara global, itu akan membuka TikTok bagi pemasaran influencer dan mempermudah penjualan langsung dari profil perusahaan Anda.


Terlepas dari peluang iklan mana di TikTok yang menarik bagi Anda, Anda memerlukan iklan yang relevan dan pintar untuk membuat dampak. Karena mayoritas pengguna TikTok tumbuh di era internet, mereka bersikeras dan tidak ingin melihat apa pun secara terbuka. Tetapi itu tidak berarti mereka menentang iklan - itu hanya perlu disesuaikan.


Apa cara terbaik untuk mempromosikan brand di TikTok? Manfaatkan fitur unik aplikasi dan budaya pengguna.


Temukan Alur Anda Dengan Iklan TikTok


Jika tidak ada fitur dan format yang sesuai dengan merek Anda, Anda selalu dapat menelusuri TikTok untuk melihat apa lagi yang populer dan masuk begitu Anda melihat format, suara, atau tagar yang Anda sukai.


Karena TikTok adalah tempat kreativitas, langit adalah batasnya dalam hal pemasaran TikTok. Dan karena cara terbaik untuk membuat iklan TikTok tidak sepenuhnya jelas - terutama untuk brand dengan anggaran pemasaran yang lebih kecil - tidak ada waktu yang lebih baik untuk bereksperimen dan menguji apa pun yang mungkin berhasil.


Yang terpenting, pengguna TikTok menginginkan video yang cerdas dan menyenangkan. Jadi, setelah Anda membuat catatan ini dengan video yang Anda buat, hanya masalah waktu sebelum Anda mulai menambahkan pengikut. Namun, jangan berharap itu instan, sementara banyak pengguna dapat menjadi viral hanya dari satu video, karena sebagian besar akan memerlukan beberapa percobaan sebelum semuanya bersatu.


Apakah Anda menggunakan TikTok untuk mempromosikan bisnis Anda? Apakah Anda melakukan penjualan dengan TikTok? Beri tahu kami tentang itu di komentar di bawah.









Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon