15 Oct 2020

Cara Gampang Membangun Trafik Menggunakan TikTok Untuk Bisnis Online Anda

Salah satu pertanyaan penting yang harus dijawab setiap pemilik bisnis adalah bagaimana menjangkau pelanggan? Internet dan media digital, khususnya, telah mengubah cara kita hidup, membuat keputusan, dan membelanjakan uang.


Dengan meningkatnya persaingan di berbagai industri, perusahaan mencari cara baru untuk mencari pelanggan potensial.





Meskipun ada platform yang memungkinkan kita menjangkau jutaan orang secara organik, sebagian besar perusahaan gagal melakukannya karena mereka tidak tahu di mana audiens ideal mereka dan bagaimana menjangkau mereka.


Iklan berbayar, di sisi lain, dapat menghasilkan laba atas investasi yang baik. Namun ada potensi tersembunyi untuk menjangkau jutaan orang secara organik jika Anda tahu cara menggunakan platform yang sedang naik daun saat ini.


TikTok, adalah beberapa dari peluang ini.


Ini berkembang dengan kecepatan yang luar biasa dan memungkinkan pembuat konten untuk memanfaatkan audiens baru. Dan pemasar yang tahu cara menggunakannya memiliki kesempatan untuk menjangkau orang-orang di seluruh dunia tanpa mengeluarkan uang sepeser pun untuk iklan berbayar.


Cara Gampang Membangun Trafik Menggunakan TikTok Untuk Bisnis Online


TikTok adalah platform berbagi video Cina yang didirikan pada 2016. Ini telah menyebar seperti api dalam beberapa tahun terakhir dan merupakan pesaing terbesar Instagram.


Selama blokade COVID-19, jutaan pengguna baru di seluruh dunia bergabung dengan jejaring sosial untuk menonton video hiburan atau pendidikan. Pada Agustus 2020, lebih dari 800 juta orang menggunakan TikTok setiap bulan, dan aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari dua miliar kali.


Panjang maksimum video TikTok adalah 60 detik. Padahal rata-rata panjang sebuah video viral TikTok sekitar 15 detik. Meskipun antarmuka pengguna mungkin tampak membingungkan pada awalnya, membuat dan berbagi video di TikTok sebenarnya sangat sederhana.


TikTok menyukai pembuatan dalam aplikasi, yang berarti Anda tidak memerlukan kamera atau alat pengeditan video yang bagus untuk membuat video yang bagus. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan alat bawaan dan membuat video yang menakjubkan dengan mudah.


Sementara kebanyakan orang menganggap TikTok sebagai platform untuk berbagi video tari, ribuan pengusaha dan perusahaan sebenarnya menggunakan jaringan tersebut untuk berbagi konten pendidikan.


Selain itu, lebih dari 40 persen audiens TikTok berusia antara 16 - 24 tahun, semakin banyak pengguna senior bergabung dengan platform ini setiap hari. Sebagian besar platform sosial populer saat ini mulai menargetkan generasi muda, dan begitu mereka terbiasa dengan jaringan, generasi yang lebih tua bergabung.


Facebook dimulai sebagai platform untuk siswa, tetapi hari ini banyak kakek nenek menelusuri umpan berita mereka setiap hari. Dan mungkin hal yang sama akan terjadi dengan TikTok.


Jika Anda menargetkan audiens internasional, TikTok memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang secara organik daripada platform lainnya. Dan jika target audiens Anda berusia di bawah 30 tahun, sekarang adalah waktu terbaik untuk membuat strategi pemasaran untuk saluran TikTok Anda.


Perusahaan seperti Spikeball, Vessi atau Gymshark sudah menggunakan tiktok dengan sukses dan menjangkau jutaan pelanggan potensial baru setiap bulan.


Namun, apakah Anda seorang konsultan, pelatih, atau ingin membangun brand Anda sendiri? Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penerapan taktik pertumbuhan TikTok. Pengacara dan dokter juga menggunakan platform ini untuk mengembangkan brand mereka dan menonjol dari persaingan.


Manfaat dan Cara Mulai Menggunakan TikTok Untuk Bisnis Anda


Meskipun audiens TikTok berkembang pesat, pembuat konten baru masih memiliki peluang besar untuk membangun audiens mereka melalui video viral. Meskipun hampir tidak mungkin sebuah postingan menjadi viral di Instagram tanpa memiliki banyak pengikut, kemungkinan besar postingan itu masih ada di TikTok.


Saat ini, aplikasi mendukung pembuat baru dan konten baru, jadi jika Anda segera mendaftar ke platform dan berbagi konten yang relevan, Anda bisa dengan mudah mendapatkan puluhan ribu tampilan.


Dan dengan meletakkan tautan ke situs web atau milis Anda di deskripsi profil Anda, Anda dapat mengubah audiens TikTok Anda menjadi pelanggan dan pelanggan yang membayar.


Jika belum yakin harus mulai dari mana, artikel ini memberikan berbagai macam tips dan trik agar TikTok lebih mudah digunakan sebagai media promosi.


Berikut beberapa tip dan triknya:


1. Ide


Konten yang disiapkan dengan baik sangat membantu menjadikan TikTok sebagai media promosi bisnis. Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan riset cepat tentang jenis ikatan konten apa yang viral. Jika sesuai dan cocok dengan nilai bisnis Anda, tidak ada salahnya menggunakannya sebagai salah satu referensi.


2. Konsep


Salah satu hal yang menjadikan TikTok sebagai platform media yang sangat populer adalah banyaknya tantangan menarik yang bisa dijadikan sebagai cara beriklan. Gunakan juga hashtag, yang bisa menjadi cara bagi pengguna untuk menemukan konten Anda. Hashtag juga bisa menjadi "kata kunci" untuk konten Anda.


3. Lokasi


Ini adalah saran yang berguna bagi Anda yang memiliki bar atau tempat nongkrong. Terlebih lagi jika Anda telah mendesain tempat Anda semenarik mungkin. Promosikan posisi Anda dengan konten yang menarik dan tandai posisi Anda sehingga dapat menarik minat pelanggan.


4. Tren


Selalu perhatikan tren yang coba dicari pengguna. Namun, seperti tren internet lainnya, tren hashtag TikTok juga berubah dengan cepat.


Oleh karena itu, Anda harus selalu mengikuti semua perubahan. Ubah konten yang ada sebagai inspirasi untuk menciptakan sesuatu yang kreatif dan relevan dengan tren. Sesuaikan karakteristik bisnis online Anda dengan setiap konten, jangan hanya meniru.


Buat versi atau bahkan tren baru yang unik untuk branding bisnis online Anda. Konten yang menarik secara otomatis akan menarik banyak calon pelanggan baru yang datang dan mengklik tombol Follow di akun bisnis online Anda.


5. Update


Selain sering berinteraksi dengan pengikut, Anda juga dapat meningkatkan penjualan bisnis online Anda di TikTok dengan sering memposting. TikTok memberi penghargaan pada akun yang sering membuat konten di akun mereka. Semakin banyak Anda memposting tentang berbagai topik dan hashtag, semakin banyak konten Anda menyebar.


Siapkan setidaknya dua konten setiap hari. Agar pembuatan konten lebih mudah dan terkontrol, sebelum memposting Anda dapat membuat rencana konten editorial sedetail mungkin dan berdasarkan intensitas posting yang Anda inginkan.


Memiliki strategi merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis. Begitu juga dengan meningkatkan penjualan bisnis online melalui TikTok. Semua yang perlu Anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan target pemasaran Anda. Pelajari juga tentang perilaku pelanggan Anda dan apa yang mereka butuhkan saat ini.


Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon