12 Oct 2020

Penjelasan Lengkap Mengenai Instagram Ads Untuk Membantu Bisnis Anda | Pemasaran Instagram

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang tumbuh paling cepat berkembang. Hanya dalam sembilan bulan dari September 2017 hingga Juni 2018, basis pengguna naik dari 800 juta menjadi 1 miliar.



Selama periode waktu yang sama, jumlah pemasar Instagram meningkat hampir 7 persen. Sebagai perbandingan, Facebook hanya tumbuh sekitar 0,5 persen dan Twitter sebanyak 0,3 persen.


Statistik menunjukkan bahwa Instagram memiliki pengaruh besar pada cara orang - dan bisnis - berfungsi setiap hari. Ini adalah sumber penting untuk hiburan, pembelajaran, komunikasi, dan perdagangan.


Tetapi ada rintangan besar bagi brand yang ingin bergabung dengan pemasaran Instagram. Banyak yang berpikir dari mana saya harus memulai? Ini benar-benar menakutkan untuk mengarungi semua tip dan sumber daya sementara.


Baiklah teman-teman, kami senang Anda ada di sini. Panduan ini akan memandu Anda melalui seluk beluk pemasaran Instagram dengan cara yang dapat ditindaklanjuti dan jelas.


Kami akan membahas:

  • Gambaran dan definisi pemasaran Instagram
  • Cara mengatur profil bisnis Instagram
  • Menggunakan fitur Instagram untuk membangun strategi pemasaran yang kuat
  • Cara menumbuhkan pengikut Anda dan mendapatkan keuntungan dari upaya Anda
  • Cara melacak kinerja Anda dengan Instagram Insights
  • Beberapa aplikasi keren untuk membantu Anda selama ini
  • Kita mulai.


Penjelasan Pemasaran Instagram


Dalam perjalanan kami untuk menjadikan Anda seorang master, mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Apa Itu Pemasaran Instagram dan Bagaimana Cara Menggunakannya Untuk Bisnis Anda?


Sebagai salah satu saluran penjualan paling populer, platform ini menawarkan berbagai cara untuk memanfaatkannya. Yang Anda butuhkan hanyalah strategi dan komitmen yang baik untuk mewujudkannya.


Pemasaran Instagram adalah jenis pemasaran media sosial di mana pemasar menggunakan platform Instagram untuk mempromosikan bisnis mereka. Jika "mempromosikan bisnis mereka" terdengar luas, ini karena: Pemasaran Instagram dapat melibatkan sejumlah strategi dan taktik berbeda, yang digunakan untuk mencapai semua jenis tujuan yang dapat dimiliki bisnis.


Saat melihat berbagai cara menggunakan Instagram untuk pemasaran, Anda dapat membagi aktivitas menjadi dua kategori utama:


  1. Taktik berbayar seperti periklanan dan pemasaran influencer
  2. Taktik tidak berbayar seperti membuat konten organik, seperti postingan, Instagram Stories, dan komentar, serta terlibat dengan konten pengguna lain


Sasaran bisnis yang khas dapat mencakup menjual produk atau layanan Anda, mendapatkan lebih banyak pengikut dan keterlibatan, membangun hubungan dengan pelanggan lain dan merek potensial, dan secara umum meningkatkan reputasi merek Anda.


Pada titik tertentu, kami secara khusus akan melihat bagaimana menetapkan tujuan dan bagaimana menggunakan taktik khusus untuk mencapainya.


Algoritme Instagram


Anda mungkin pernah mendengar istilah "algoritma", yang merupakan istilah yang sering disalahpahami. Anda tidak harus menjadi ahli dalam algoritme Instagram, tetapi pemahaman dasar tentang algoritme dapat membantu Anda mencapai tujuan lebih cepat dan dengan lebih sedikit sakit kepala.


Sementara beberapa pemasar percaya bahwa algoritma Instagram adalah musuh bebuyutan mereka, sebenarnya itu adalah teman. Ini karena tujuan utamanya - seperti algoritme online lainnya - adalah untuk menyediakan konten yang relevan, menyenangkan, dan menarik bagi setiap pengguna.


Algoritme melakukan ini dengan mempelajari aktivitas dan perilaku penggunanya secara cermat, dan kemudian menggunakan data ini untuk membuat asumsi berdasarkan informasi tentang apa yang ingin dilihat pengguna tersebut di masa mendatang. Jika konten Anda lulus "ujian", Anda siap untuk sukses.


Kami dapat membahas algoritme Instagram selama berjam-jam, tetapi intinya adalah Anda harus selalu fokus untuk membuat konten berkualitas yang benar-benar bermanfaat bagi audiens Anda.


Tidak ada posting atau komentar spam dan tidak ada konten hanya untuk menyelesaikan sesuatu. Hati-hati dan strategis, terus tanyakan apa yang diinginkan audiens Anda dan bagaimana Anda dapat melayani mereka melalui upaya Anda.


Penjelasan Mengenai Instagram Ads


Jika Anda ingin mendapatkan penjualan yang laku keras, Instagram Ads adalah pendekatan yang lebih langsung ke pemasaran Instagram daripada konten organik. Ada beberapa jenis iklan yang dapat Anda jalankan, termasuk iklan gambar, iklan video, iklan carousel, iklan Story, dan shoppable post.


Iklan Gambar dan Video


Ini muncul di umpan pengguna seperti halnya pos organik dari pengguna lain, sehingga iklan Anda dapat muncul di depan dan di tengah pengalaman pengguna. Seperti yang sudah Anda duga, iklan gambar mengacu pada iklan gambar dan iklan video yang berisi video.


Iklan ini menyertakan tombol ajakan bertindak yang mendorong pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, seperti:


  • Berbelanja sekarang
  • Pesan sekarang
  • Belajarlah lagi
  • Tonton Lebih Banyak
  • Hubungi kami
  • Mengirim pesan
  • Dengarkan sekarang


Iklan Carousel


Iklan carousel berperforma serupa dengan postingan standar yang menampilkan lebih dari satu gambar atau video. Mereka muncul kepada pengguna bersama dengan posting lain, memungkinkan Anda untuk menampilkan hingga sepuluh foto atau video dalam posting. 


Hal terbaik tentang semua ini adalah mereka (iklan carousel) dapat memiliki jaringan unik mereka sendiri untuk mengarahkan pengguna Anda.


Jika Anda memiliki toko dropshipping, misalnya, Anda dapat menentukan beberapa vendor dan mengarahkan pelanggan ke situs web Anda untuk berbelanja.


Iklan Story


Ini adalah salah satu cara terbaik untuk berjualan di Instagram. Iklan story adalah unit layar penuh yang imersif yang memungkinkan merek Anda menanamkan kreativitas untuk membuat iklan lebih menarik bagi audiens Anda.


Iklan cerita muncul di Instagram story akun yang diikuti pengguna. Mereka dapat memberikan pengalaman positif kepada calon pelanggan. Mereka juga menyertakan tag "Bersponsor" kecil di kanan atas dan ajakan bertindak di bagian bawah.


Untuk menghasilkan uang dengan iklan Story, jalankan kampanye untuk mempromosikan produk atau layanan Anda dan pastikan Anda menambahkan ajakan bertindak di bagian bawah untuk mendorong orang agar membeli.


Anda akan memiliki opsi untuk memposting gambar atau video di iklan. Apa pun yang Anda putuskan, pastikan story Anda menarik untuk menarik pengguna yang menelusuri kontennya dengan cepat.


Shoppable Posts


Pada tahun 2018, Instagram meluncurkan fitur hebat yang memungkinkan orang membeli item tanpa meninggalkan aplikasi.


Disebut Instagram Shop, fitur dasar dari fitur baru ini memungkinkan perusahaan untuk menandai produk di konten Instagram mereka, dan kemudian calon pelanggan yang mengklik item yang diberi tag akan langsung masuk ke halaman produk di situs Instagram perusahaan.


Misalkan Anda memiliki sebuah merek aksesoris wanita dan Anda memiliki citra seorang model yang mengenakan beberapa produk Anda. Calon pelanggan dapat mengetuk untuk melihat item dan kemudian membelinya langsung di aplikasi.


Anda dapat menjual produk melalui posting dan story setelah Anda disetujui sebagai penjual. Ada juga opsi untuk membuat toko Instagram jika Anda ingin upgrade. Ingat: Anda memerlukan akun bisnis Facebook yang terhubung untuk menggunakan fitur ini.


Instagram adalah kekuatan absolut di dunia media sosial. Untuk brand, ada potensi yang hampir tak terbatas untuk diperhatikan, mendorong keterlibatan, membangun hubungan yang kuat, dan melampaui sasaran keuangan tahunan.


Meskipun ini sendiri mungkin tampak seperti dunia yang luas dan mengintimidasi, perusahaan baru tidak perlu khawatir selama mereka terus mengamati, mendengarkan, dan belajar sambil berjalan. 


Jika Anda memulai strategi pemasaran Instagram Anda dengan mindset berkembang, Anda akan menemukan bahwa itu menjadi lebih mudah dan lebih menguntungkan saat Anda melakukannya. Ini juga menjadi sangat menyenangkan, jika Anda memainkan kartu Anda dengan benar.



Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon