29 Sept 2020

3 Manfaat Membuat Instagram Shopping Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Pemasaran Instagram sangat penting untuk bisnis e-commerce apa pun. Tidak mempromosikan produk menggunakan Instagram, seperti seorang tukang kayu yang memutuskan bahwa gergaji kayu tidak terlalu berguna.


Apalagi jika menurut Anda lebih dari 500 juta pengguna Instagram menggunakan platform ini setiap hari dan 50% mengikuti setidaknya satu bisnis. ..

Instagram Shoping

Selain itu, Instagram ingin sekali mendalami e-commerce.


Baik itu pembaruan rutin ke Instagram shop atau pengenalan tombol checkout, jelas bahwa toko e-commerce harus mengikuti atau berisiko tertinggal.

Tetapi apa sebenarnya Instagram Shopping itu dan bagaimana itu dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda?


Silakan baca untuk mengetahuinya.


Apa itu Instagram Shopping?


Instagram Shopping memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan katalog produk Anda dengan profil Instagram Anda. Anda kemudian dapat mempromosikan produk langsung ke pengguna Instagram melalui posting, story, tab Eksplorasi, dan tab Toko Kustom di profil Anda.


Namun, tidak semua akun Instagram memiliki akses ke fitur ini. Saat ini, dibatasi untuk akun tertentu, terutama yang memenuhi persyaratan otorisasi akses.


Syarat Untuk Membuat Instagram Shopping


Untuk mengakses, pertama-tama pastikan akun Anda dimasukkan ke dalam sistem tinjauan dan bahwa akun Anda memenuhi persyaratan. Jadi apa saja syaratnya?


  • Akun tersebut harus menjual produk fisik. Oleh karena itu, tidak berlaku bagi mereka yang menjual jasa atau produk lain yang bukan merupakan produk fisik.
  • Akun Instagram Anda haruslah akun bisnis. Jika Anda masih menggunakan akun pribadi, Anda harus mengubahnya terlebih dahulu ke akun bisnis.
  • Akun Instagram Anda harus ditautkan ke halaman Facebook bisnis Anda. Ketika Anda mengubah akun Anda dari pribadi menjadi bisnis, Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram Anda ke halaman Facebook Anda. Pastikan untuk terhubung.
  • Akun Anda harus memenuhi kriteria kebijakan Facebook dan Instagram. Anda dapat melihat kebijakannya di halaman ini.
  • Akun Instagram Anda harus terhubung ke katalog produk Facebook.

Jika Anda memenuhi semua persyaratan ini, akun Anda akan menjalani proses peninjauan Facebook dan Instagram. Anda harus menunggu untuk mendapatkan fitur Instagram Shopping. Sayangnya, durasi peninjauan sangat bervariasi dan tidak ada yang tahu berapa lama prosesnya.

Menyiapkan Instagram Shopping


Meskipun Instagram Shopping bisa menjadi sulit untuk didirikan, upaya itu sangat berharga.


Mengintegrasikan toko Anda dengan Facebook dan Instagram adalah cara yang ampuh untuk mengembangkan toko e-niaga Anda .


  • Buka profil Instagram Anda, buka Pengaturan dan pilih Bisnis
  • Anda akan melihat pilihan Shopping/Belanja. Apabila pilihan ini belum muncul, artinya akun anda belum mendapatkan akses ke fitur ini.
  • Tautkan akun Anda ke katalog.


3 Manfaat Utama Mendirikan Instagram Shopping


Seperti yang telah disebutkan, Instagram dengan cepat menjadi perusahaan e-commerce besar. Nah, Instagram Shop berfungsi, tetapi apa sebenarnya yang memberi kekuatan itu? Ada tiga alasan utama.


1. Mengurangi Friksi dan Membuat Belanja Lebih Mudah bagi Konsumen


Dengan begitu banyak perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan perhatian, bisa jadi sangat sulit untuk membuat pelanggan Anda melepaskan apa yang mereka lakukan di media sosial dan mengunjungi toko Anda.


Solusinya? Jangan mencoba membuat mereka mendatangi Anda - bawalah toko Anda kepada mereka.


Instagram Shop menghilangkan gesekan dalam proses pembelian dengan memudahkan pembeli untuk menelusuri katalog, memeriksa harga, dan menggali lebih dalam produk tertentu.


Selain itu, setelah siap membeli, mereka dapat mengunjungi halaman produk di situs Anda hanya dengan satu ketukan.


Mereka bahkan dapat menyimpan produk untuk dilihat lagi nanti dengan mengetuk ikon label pada halaman produk.


Fitur checkout baru Instagram semakin meningkatkan pengalaman berbelanja. 


Pembeli dapat mengetuknya untuk memilih dari berbagai artikel, ukuran dan warna, lalu melanjutkan ke pembayaran - tanpa meninggalkan Instagram.


Dan setelah mereka melakukan pemesanan pertama, informasi mereka (nama, email, informasi penagihan, dan alamat pengiriman) disimpan di database Facebook, memungkinkan Anda untuk mengirimi mereka pemberitahuan tentang pemrosesan dan pengiriman.


2. Memungkinkan Anda Mempromosikan Produk Secara Langsung


Instagram selalu menjadi tempat yang fantastis untuk terhubung dengan audiens target Anda dan memperdalam hubungan pelanggan .


Namun, Instagram menghambat bisnis dengan hanya mengizinkan mereka memiliki satu tautan yang sangat sedikit di profil mereka. Namun, hingga hari ini, Anda tidak dapat menambahkan tautan yang dapat diklik ke deskripsi kiriman Instagram.


Ini membuatnya sangat sulit untuk mempromosikan produk individu.


Misalnya, jika Anda menampilkan produk dalam sebuah pos, ajakan bertindak Anda harus mengarahkan pemirsa ke tautan di bio Anda - yang meningkatkan gesekan dan sangat merugikan rasio konversi Anda .


Lebih buruk.


Ingat, Anda hanya mendapatkan satu tautan di bio Anda.


Anda yakin dapat mengupdate setiap kali Anda membagikan postingan baru, tetapi bagaimana dengan semua postingan Anda sebelumnya yang tidak lagi memiliki link ke toko Anda?


Instagram Shop memungkinkan Anda mengintegrasikan semua konten Instagram dengan toko Anda secara mulus . Ini luar biasa - terutama ketika 65 persen dari posting merek berkinerja terbaik menampilkan suatu produk.


Sekarang, Anda dapat memasukkan promosi produk Anda ke dalam posting dan Cerita Anda dan menghindari gangguan yang mengganggu pengikut Anda untuk "Klik link di bio!"


3. Paparkan Produk Anda kepada Pengguna dengan Niat Membeli Tinggi


Saat Anda menandai produk dalam sebuah posting, posting itu akan dimasukkan dalam tab Jelajahi Belanja Instagram yang baru.


Dengan meningkatkan keterlibatan Instagram melalui praktik seperti pengoptimalan hashtag, Anda dapat menampilkan produk Anda di tab Jelajahi Pembelian.


Anda juga akan memaparkan produk Anda ke pasar target karena pos belanja ini dipersonalisasi dan berdasarkan minat pengguna dan keterlibatan sebelumnya.


Ini bagus karena pengguna yang melihat tab Jelajahi Pembelian cenderung memiliki niat membeli yang besar.


Dengan kata lain, mereka cenderung membeli.


Intinya, Instagram Shopping adalah cara ampuh untuk meningkatkan penjualan Anda. Jadi, bagaimana Anda memulai di Instagram Shopping?







Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon