12 Oct 2020

5 Cara Menghasilkan Uang di Instagram Tahun 2020 Dengan Cara Yang Lebih Cerdas

Cara Menghasilkan Uang di Instagram - Pada Juni 2018, Instagram mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan. Ini dimulai sebagai aplikasi berbagi foto, tetapi telah berubah menjadi platform bisnis. Jutaan pengusaha mengandalkan kekuatan penjualannya, dari penyedia layanan hingga organisasi nirlaba hingga pemilik bisnis dropshipping e-commerce.

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri: Bagaimana orang menghasilkan uang di Instagram? Bisakah kamu melakukannya sendiri? Apa perbedaan menjual di Instagram dengan jenis bisnis e-commerce lainnya?


Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa taktik yang dapat Anda mulai gunakan hari ini untuk bergabung dengan jajaran wirausahawan sukses yang menghasilkan uang dari Instagram pada tahun 2020.

Bisakah Menghasilkan Uang di Instagram?


Benar. Selama Anda memiliki beberapa gambar yang indah dan kreatif untuk digunakan, Anda dapat menarik perhatian jutaan pengguna Instagram. 

Sekarang Anda mungkin berpikir: Benar, saya mengerti bahwa itu mungkin, tetapi bagaimana saya memulainya? 

Untuk memulai, berikut beberapa cara Anda dapat menghasilkan uang di Instagram:

  • Fokus pada posting bersponsor untuk merek yang ingin menjangkau audiens Anda, menjadikan Anda media yang sempurna untuk melakukan itu.
  • Menjadi afiliasi dan dapatkan uang dengan menjual produk milik merek lain.
  • Jual produk Anda sendiri, yang dapat berupa produk fisik atau digital, atau bahkan layanan. Pada dasarnya, Anda dapat menjual dengan cara yang sama seperti lingkungan bisnis e-niaga mana pun.
  • Jual fotografi Anda.
  • Penggemar platform ini selalu mencari cara baru untuk menghasilkan uang dari Instagram .

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang di Instagram?


Instagram sangat ideal untuk menjual produk yang menghasilkan gambar yang bagus.

Jika Anda memiliki keterampilan fotografi, Anda bisa mendapatkan keuntungan besar di platform ini. Poin bonus jika Anda sendiri fotogenik dan ingin menghidupkan foto produk Anda.

Berikut 5 model bisnis untuk menghasilkan uang di Instagram:

1. Menjadi seorang influencer dan menghasilkan uang dari postingan sponsor.


Jika Anda berhasil mendapatkan status influencer yang didambakan, Anda dapat menggunakan profil Instagram Anda untuk mempromosikan semua jenis produk dari semua jenis merek.

Jika Anda belum tahu apa itu influencer, influencer adalah seseorang yang telah membangun reputasi dan pengikut setia dengan berbagi di akun media sosial mereka secara teratur. Mereka memiliki pengikut yang baik dan dapat meyakinkan audiens mereka untuk mengikuti tren dan membeli produk tertentu.

Mereka memiliki kekuatan ini karena mereka menghabiskan banyak waktu untuk membangun kepercayaan dan hubungan dengan audiens mereka.

Merek cenderung bermitra dengan influencer untuk menerbitkan postingan bersponsor yang membantu menyebarkan berita tentang produk mereka. Untuk mencapai titik ini, Anda harus memiliki ukuran dan jangkauan yang besar dari akun Instagram Anda, serta postingan biasa yang menghasilkan keterlibatan yang kuat dari pengikut Anda.

Influencer terbaik menghasilkan ribuan dolar per posting bersponsor. Ingatlah bahwa butuh waktu, banyak kerja keras dan bakat untuk sampai ke titik ini. Itu bisa dicapai dengan pasti, tetapi pastikan untuk mengelola harapan Anda jika Anda mengikuti rute ini.

Sebagai influencer, sangat penting bagi Anda untuk mengenal audiens Anda. Anda harus memahami siapa orang-orang ini: minat, nilai, kebutuhan, dan keinginan mereka.

Dengan begitu, Anda tahu merek mana yang tepat untuk mereka. Jika Anda telah beralih ke akun bisnis Instagram, Anda dapat melihat statistik audiens Anda sedikit lebih banyak melalui laporan Instagram Analytics.

Jika Anda telah membangun kehadiran online yang signifikan, kemungkinan besar merek besar akan menjangkau Anda. Namun seiring Anda membangun, Anda juga menemukan merek yang menurut Anda paling sesuai dengan kepribadian dan nilai Anda.

Hubungi mereka secara langsung (melalui Instagram atau melalui situs web mereka) untuk mencoba dan menegosiasikan kesepakatan. Anda juga dapat mendaftar di pasar influencer untuk meningkatkan peluang Anda ditemukan oleh merek-merek besar.

Sebagai tip tambahan, berhati-hatilah untuk tidak kehilangan kepercayaan audiens Anda yang akan menghasilkan dengan posting bersponsor. Sebaiknya gunakan hashtag Instagram yang memberi tahu orang-orang bahwa itu adalah kiriman bersponsor (sesuatu yang sederhana seperti #sponsorship atau #ad).

2. Menjadi afiliasi dan menghasilkan uang dengan menjual produk orang lain.


Anda bisa menjual produk orang lain dan mendapat potongan. Ada banyak orang yang menghasilkan uang dari Instagram melalui program afiliasi .

Perbedaan antara influencer dan afiliasi adalah bahwa afiliasi bekerja untuk menghasilkan penjualan untuk merek mitra dengan imbalan komisi. Di sisi lain, tujuan utama influencer adalah untuk menciptakan kesadaran.

Afiliasi menghasilkan uang melalui tautan yang dapat dilacak atau kode promo untuk memastikan bahwa Anda tahu persis penjualan mana yang datang langsung dari pos Anda.

Buat postingan yang menarik agar Anda dapat mempromosikan produk Anda tanpa harus memaksa. Karena Anda hanya dapat memiliki satu tautan di bio Instagram Anda, Anda mungkin ingin menautkan halaman arahan ke tautan afiliasi Anda. Di setiap postingan, sertakan keterangan yang memberi tahu orang-orang yang dapat membeli produk melalui link di bio Anda.

Ini mungkin tampak seperti permainan yang sulit pada awalnya, tetapi pemasaran afiliasi memiliki banyak potensi jika Anda berencana untuk berkembang. Anda dapat memperluas kehadiran Anda dengan memasukkan situs web dan / atau saluran pemasaran atau media sosial lainnya.

3. Menjual foto poster dan produk virtual lainnya.


Instagram adalah tentang grafik. Itu sebabnya produk dan foto cantik akan laku lebih baik.

Anda bisa menjual poster foto, lukisan, gambar, animasi, video dan produk virtual lainnya berdasarkan gambar atau video. Di setiap postingan, pembaca langsung mengunjungi link di bio Anda. Ini adalah cara populer lainnya untuk menghasilkan uang dari Instagram.

Jika Anda berencana memotret gambar berkualitas tinggi, ada kemungkinan besar Anda akan dibayar untuk itu. Setelah mengambil beberapa foto hebat, gunakan aplikasi pengeditan foto terbaik untuk perangkat seluler untuk mendapatkan hasil maksimal dari foto yang Anda ambil. 

Cobalah untuk menjadi orisinal, kreatif, dan menyenangkan saat memotret. Ini akan mendapatkan lebih banyak perhatian daripada membosankan.

Anda dapat menggunakan Instagram untuk mempromosikan portofolio foto Anda menggunakan tagar Instagram yang relevan.

4. Jual produk fisik Anda sendiri.


Anda dapat menjual produk fisik apa pun yang Anda buat sendiri atau membeli dari pemasok. Ritel e-niaga konvensional ini biasanya memerlukan persediaan sejumlah inventaris, yang berarti Anda harus mengeluarkan sejumlah modal awal untuk membeli produk Anda.

Anda juga membutuhkan tempat untuk menyimpan produk, seperti kamar cadangan di rumah atau ruang penyimpanan sewaan. Ini terutama benar jika Anda berencana menghemat uang dengan membeli produk dalam jumlah besar. Anda akan membutuhkan tempat untuk menyimpan semuanya sebelum dipesan oleh dan dikirim ke pelanggan.

Mulai Juli 2020, Anda dapat menjual produk langsung di Instagram dengan mendirikan Toko Instagram. Cukup beri tag produk di gambar Instagram Anda dan Anda dapat mengarahkan pengikut Instagram Anda ke halaman produk Anda, tempat mereka dapat membeli barang Anda dalam satu gerakan. 

5. Jual produk dropshipping.


Dropshipping adalah model bisnis yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan toko Anda tanpa harus memiliki inventaris apa pun.

Setelah melakukan penjualan, pemasok Anda akan mengirimkan produk Anda dari gudang mereka, langsung ke pintu pelanggan Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang penyimpanan, pengemasan, atau pengiriman produk Anda.

Ini berfungsi mirip dengan ide kami sebelumnya tentang menjual produk di Instagram untuk mendapatkan uang. Satu-satunya perbedaan adalah Anda tidak perlu menyimpan inventaris apa pun. Dengan dropshipping, Anda bisa bereksperimen untuk mencari produk tertentu yang akan mereka jual, tanpa membuang modal awal.


Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon