12 Oct 2020

Peluang Bisnis Pemancingan Ikan Ternyata Sangat Menjanjikan! Tertarik?

Peluang Bisnis Pemancingan Ikan - Semakin banyak kolam pemancingan dapat ditemukan di berbagai daerah. Fakta ini didorong oleh semakin banyaknya minat masyarakat yang hobi memancing.


Karena hal ini, banyak orang yang mulai terjun ke bisnis pemancingan. Meski jarang dibicarakan, bisnis pemancingan ikan ternyata sangat menjanjikan. Oleh karena itu, usaha budidaya ikan ini merupakan salah satu usaha yang memiliki potensi masa depan yang tinggi.



Bisnis ini banyak orang yang dengan bijak memandangi prospek dibalik bisnis perikanan. Yang pasti, usaha pemancingan merupakan usaha yang sangat menjanjikan dan memiliki potensi keuntungan yang besar.


Selain itu, kolam pemancingan juga diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan liburan keluarga untuk bersantai. Oleh karena itu, tempat pemancingan ikan tidak hanya menjual jasa pemancingan, tetapi juga memasak makanan konsumen.


Satu-satunya kunci sukses adalah memuaskan konsumen. Pendapatan dari usaha ini juga bisa didapat dari menjual ikan yang dikumpulkan langsung dari kolam.


Mulai Bisnis Kolam Pemancingan Ikan Dengan 4 Langkah Dibawah Ini


Bisnis kolam pancing bisa anda coba buat anda yang berminat menjadi pengusaha sukses. Bisnis yang satu ini dinilai sangat menjanjikan. Padahal, apapun yang Anda lakukan, jika Anda melakukannya dengan benar dan melihat peluang bisnis, Anda pasti akan mendapatkan hasil yang bagus. Setidaknya jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, itulah rahasia bisnis Anda.


Misalnya jika ingin menjadi pengusaha sukses di bisnis tambak. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui target pasarnya. Bisnis kolam pancing kini menjadi trend bagi semua orang, tidak hanya peminat memancing, dan kini sudah meluas untuk semua orang.


Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis ini, ada baiknya memahami langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis kolam pancing ini.


1. Siapkan Lokasi Kolam Pemancingan Anda


Memilih lokasi yang strategis, mudah dijangkau dengan mobil dan mudah ditemukan, merupakan keuntungan tersendiri. Siapkan lahan yang luas untuk membuat kolam induk dan kolam tambahan. Jika Anda tidak memiliki cukup lahan, Anda dapat menggunakan sistem lessor untuk bekerja dengan pemilik tanah.


Pastikan Anda memiliki lahan yang cukup, karena lahan tersebut akan digunakan tidak hanya sebagai kolam, tetapi juga sebagai tempat para pemancing untuk bersantai. Pastikan lokasinya berada di area yang sangat ramai. Ini akan memudahkan orang, terutama yang suka memancing, untuk memperhatikan bisnis Anda. Penempatan lokasi harus semenarik mungkin untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.


2. Siapkan Beberapa Kolam Pemancingan


Buat beberapa kolam berbentuk persegi panjang atau kotak. Isi kolam dengan ikan dari berbagai usia. Selain itu, pastikan suhu air di kolam stabil. Pastikan air kolam selalu mengalir.


3. Pilih Dengan Bijak Jenis Ikan Yang Akan Digunakan


Banyak jenis ikan yang dapat digunakan untuk mengisi kolam ikan, namun yang paling umum digunakan adalah ikan mas, gurami, lele, bawal, dan nila. Ikan ini banyak dimanfaatkan karena dikenal sangat mudah berkembang biak dan lebih tahan terhadap penyakit.


4. Rawat Dengan Baik Kolam Pemancingan Anda


Pemeliharaan kolam pemancingan sangat penting dilakukan agar ikan tetap dalam keadaan sehat. Untuk ini, pembersihan rutin diperlukan, dan pemberian makan harus dilakukan tepat waktu.


Pemeriksaan ikan juga harus dilakukan, agar dapat diketahui apakah ada ikan yang terindikasi sakit atau tidak. Jika ada ikan yang sakit, sebaiknya keluarkan dari kolam sebelum diteruskan ke ikan lain.


Tips Menjalani Bisnis Kolam Pemancingan Ikan


Kunci sukses dalam usaha tambak adalah kebutuhan lahan usaha yang luas. Anda bisa bekerja sama dengan pemilik tanah untuk menerapkan sistem persewaan. Jika memungkinkan, lokasinya mudah dijangkau dan lokasinya strategis sehingga memudahkan konsumen untuk melihat lokasi kita.


Anda dapat membeli kolam atau membuat kolam terlebih dahulu Jika sudah ada beberapa kolam, Anda bisa menaruh bibit ikan seperti ikan mas, patin, gurame, lele dan nila.


Jika ingin segera memulainya, masukkan ikan besar agar bisa menarik konsumen. Untuk kelangsungan bisnis, Anda membutuhkan karyawan, terutama untuk para penjaga, dan tentunya Anda membutuhkan chef dan waiters saat menggabungkan bisnis Anda dengan restoran. 


Analisa Bisnis Kolam Pemancingan Ikan


Bisnis yang satu ini bisa dimulai dengan modal awal kurang lebih Rp 11.800.000 dengan detail sbb:


  • Konstruksi kolam (pipa, mesin pompa, dll.) - Rp. 3.000.000,00
  • Bibit Ikan - Rp 2.000.000,00
  • Peralatan (alat masak, jaring, kait, piring, gelas, dll.) - Rp 2.000.000
Jumlah total yang terkumpul adalah Rp. 7.000.000.


Selain itu, biaya operasional per bulan adalah sebagai berikut.


  • Pegawai-Rp 2.800.000,00
  • Bahan-Rp 1.000.000,00
  • Bibit Ikan - Rp 1.000.000

Total operasi bulanan adalah Rp4.800.000.


Analisa Keuntungan


Detailnya cukup sulit untuk dijelaskan karena jumlah variabel yang banyak dan ukurannya yang kecil. Misalnya, dalam kasus terburuk, pendapatan bulanan sebesar Rp. 9.000.000.


Rp 9.000.000 Pendapatan Bersih Bulanan - Rp4.800.000 = Rp4.200.000


Potensi pendapatan juga bisa Anda tingkatkan dengan membuka usaha sampingan.


  • Jual minuman.
  • makanan.
  • camilan.
  • Alat persewaan.
  • Turnamen memancing.
  • Kerjasama sponsor.

Sumber data anilisa dari: portalusaha.com



Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon