11 Jan 2021

5 Ide Usaha Kerajinan Tangan Yang Bisa Anda Kembangkan

Usaha Kerajinan Tangan - Banyak sekali jenis bisnis yang bisa Anda lakukan. Apalagi bila hobi bisa berubah menjadi peluang bisnis yang bisa menguntungkan Anda. Tentunya, akan lebih menyenangkan.


Apalagi jika Anda hobi membuat kerajinan tangan, Anda bisa memasukkan ide Anda ke dalamnya dan itu akan menjadi bisnis yang menguntungkan. Semakin kreatif produk yang Anda buat, semakin baik itu membantu bisnis Anda berkembang.


Selain itu, kerajinan tangan yang digunakan untuk oleh-oleh / souvenir biasanya dibutuhkan dalam jumlah banyak.


Anda sekarang dapat menjualnya secara online dan offline. Jadi kalau masih punya modal terbatas tidak apa-apa mencoba berjualan online. Karenanya, Anda bisa menghemat biaya sewa.


Jika Anda masih bingung dengan jenis kerajinan yang ingin Anda kembangkan. Berikut ini adalah 5 jenis kerajinan tangan yang dapat dijadikan peluang bisnis.  


5 Ide Usaha Kerajinan Tangan Yang Bisa Anda Kembangkan


1. Kartu Ucapan atau Hiasan Tulis Tangan


Kartu ucapan tulis atau hiasan tangan biasa disebut hand lettering. Ini adalah seni menggambar menulis yang menghasilkan daya tarik tersendiri. Saat ini tulisan tangan sedang populer dan mudah ditemukan di tempat-tempat umum, seperti di dinding kafe dan panel hiasan pada acara pernikahan. Begitu juga dengan kartu ucapan dengan sampul tulisan tangan.


Selain menguasai teknik membuat tulisan tangan, media tulisan juga perlu diperhatikan. Manfaatkan berbagai media umum, seperti kertas, kanvas, dan produk keramik agar tulisan Anda lebih awet.


Berbagai media mungkin memerlukan metode pewarnaan yang berbeda untuk hasil yang maksimal. Kini, tulisan tangan semakin populer karena penjual umumnya menerima permintaan konsumen sebagai hadiah untuk hari-hari istimewa seperti wisuda, ulang tahun, dan pernikahan.


2. Kerajinan Tangan Tradisional


Apakah Anda suka mengukir, membuat keramik, menenun? Nah, produk artisanal seperti ini punya daya jual tinggi dan harga jual tinggi.


Selain menjual produk yang Anda buat, Anda juga bisa membuka jasa pelatihan untuk hobi Anda.


Peminatnya banyak sekali, tidak hanya orang dewasa, tapi anak kecil juga menyukai kerajinan seperti ini. Karena hal ini dapat melatih kreativitas dan merangsang kemampuan motorik anak untuk lebih aktif.


3. Kerajinan Tangan dari Kayu


Produk alami yang bisa disulap menjadi ide bisnis adalah kayu. Daripada membeli kayu baru, Anda bisa mencoba mengolah limbah dari palet kayu menjadi berbagai produk yang menarik.


Bahan-bahan tersebut bisa Anda dapatkan dari supermarket, karena biasanya banyak terdapat palet kayu bekas yang sebelumnya digunakan untuk meletakkan barang. Hanya dengan menyempurnakan tampilan dan membuatnya lebih tahan maka limbah kayu dari palet bisa disulap menjadi meja, kursi dan rak yang tentunya punya fungsi.


Untuk tampilan yang lebih estetis, Anda bisa menggunakan bahan lain sebagai aksesoris, seperti bahan kulit sintetis atau strap berukuran sedang. Anda juga bisa membuat pajangan dari talenan yang dihias sebagai perusahaan. Anda hanya perlu mengerjakan talenan dengan mengecat atau menulis di permukaannya. Anda juga bisa memasang dekorasi seperti bunga tambal sulam agar lebih estetis.


4. Buat pernak-pernik dekoratif dari kain


Jika Anda memiliki ide untuk membuat kreasi kain perca, jangan ragu untuk membuat bisnis darinya. Bisnis kain perca itu mudah dan murah. Anda dapat membeli kain sisa ini dari penjahit atau toko kain.


Produk yang dapat dibuat dengan kain perca sangat berbeda, tergantung kreativitas Anda. Umumnya kain sisa akan dibuat menjadi sarung bantal, pembungkus furnitur dan tempat sapu tangan. Namun, Anda bisa membuatnya menjadi sesuatu yang lebih rumit seperti dompet kecil, tempat pensil, tas ponsel, dan bahkan dompet koin.


Untuk mendapatkan hasil yang unik dan tidak terlalu monoton, padukan dengan bahan lain seperti flanel, brokat atau satin. Meski polanya sederhana, namun perpaduan bahan, warna dan corak kain dapat menghasilkan karya yang menarik dan tentunya akan semakin laku di pasaran.


5. Melukis


Sudah pasti kerajinan ini berlaku untuk Anda yang suka menggambar. Lukisan-lukisan itu bisa dijadikan hadiah untuk orang tua, teman yang berulang tahun atau pasangan.


Harga yang Anda tetapkan untuk setiap lukisan bisa berbeda tergantung pada tingkat kesulitannya. Anda bisa memasarkan jasa lukis Anda melalui media online, sehingga jangkauan pemasaran Anda semakin luas.


Nama Anda semakin terkenal dan mungkin ada beberapa pihak yang akan berkomitmen untuk berkolaborasi dengan karya Anda.


Catatan Akhir


Banyak keuntungan yang bisa didapat dari membuka usaha di bidang kerajinan tangan, dua di antaranya memperoleh manfaat materi dan memperoleh kepuasan. Dengan berbisnis kerajinan maka Anda akan mengetahui potensi diri Anda dalam menciptakan suatu benda.


Sistem bisnis ini dapat diimplementasikan dalam waktu yang sangat fleksibel.


Siapapun bisa melakukannya, bahkan oleh pelajar sekalipun. Hal yang paling menguntungkan dari crafting adalah Anda bisa menjadi seseorang yang membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain, seperti tetangga. Bukan tidak mungkin dari bisnis kecil menjadi bisnis besar.



Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon