11 Jan 2021

5 Ide Bisnis Makanan Yang Bisa Kamu Geluti Di Tahun 2020 Ini

Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang tidak menyukai makanan? Saya kira tidak. Semua manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, yang juga disukai banyak orang. Itulah mengapa memulai bisnis di industri makanan memberi Anda akses ke basis pelanggan yang sangat besar. 

Bisnis kuliner tentunya menguntungkan dan cukup terjamin. Pasalnya, makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar manusia. Tak hanya itu, kini banyak orang yang ingin makan dan mencoba hal baru. Itulah mengapa bisnis makanan seolah menjadi bisnis yang tak lekang oleh waktu.


Bisnis ini juga termasuk bisnis yang fleksibel. Pasalnya, bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang batasan umur.


Melihat Lebih Dekat Tentang Bisnis Makanan


Sebelum kita mendalami apa saja ide bisnis makanan baru yang terbaik, bagaimana kalau kita melihat lebih dekat apa itu bisnis makanan. Usaha makanan bisa sangat beragam. Anda dapat membuka restoran yang menyajikan masakan lokal atau interlokal. Atau Anda dapat menjual makanan ringan secara online. 


Anda dapat melayani acara pernikahan atau mengantarkan makanan buatan sendiri untuk pelanggan yang lapar. Jangan ragu untuk menjadi kreatif — Anda mungkin memiliki ide yang sangat unik yang dapat merevolusi cara orang menjual dan membeli makanan.


Alasan Memilih Bisnis Makanan / Kuliner


Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang banyak diminati, tidak hanya oleh wanita yang identik dengan memasak, tetapi juga oleh banyak pria - bahkan ada yang sudah menjadi pionir di industri kuliner dan sudah sukses besar.


Salah satu tips yang bisa diterapkan adalah mengetahui jenis masakan apa yang akan Anda pilih. Pastikan kuliner tersebut belum banyak yang menjual sehingga persaingannya bisa lebih longgar dan kemungkinan anda sukses besar sangat tinggi.


Namun, tidak ada salahnya membuka usaha kuliner yang sedang viral di masyarakat, pastikan Anda memiliki resep baru yang otentik agar makanan yang Anda jual semakin memikat.


Tidak hanya dengan membuka usaha sendiri, Anda juga bisa bekerjasama dengan brand untuk menjual kembali produknya, yang biasa dikenal dengan franchise.


Biasanya ada satu jenis waralaba yang membagi hasil dan ada juga yang hanya membeli nama, jadi Anda menjual dengan brand tersebut dan Anda tidak perlu membagikan hasilnya. Terserah Anda untuk memilih metode mana yang akan digunakan untuk berbisnis, metode independen atau menggunakan metode pemasaran seperti bisnis waralaba. Keputusan ditangan Anda.


5 Ide Bisnis Makanan / Kuliner Yang Paling Rekomendasi


1. Bisnis Toko Roti


Toko roti adalah salah satu layanan di bidang kuliner yang menawarkan ruang untuk mengekspresikan kreativitas Anda dalam membuat berbagai jenis roti untuk memuaskan pelanggan. Meski tidak memiliki latar belakang dunia kuliner, Anda bisa dengan mudah membuka toko roti di rumah. Tantangannya bisa dibilang cukup unik dibandingkan dengan penikmat kuliner lainnya.


Sebelum memutuskan untuk membuka bisnis bakery, Anda perlu memahami berbagai jenis roti dan pelanggan seperti apa yang mereka layani. Biasanya ada dua jenis yang beredar di pasaran yaitu eceran dan grosir. Meskipun kedua jenis toko roti ini menghasilkan produk yang sama, keduanya memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda.


2. Katering


Peluang usaha di bidang kuliner tampaknya tidak ada habisnya karena makanan merupakan kebutuhan pokok masyarakat sehingga hampir selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Salah satu bisnis kuliner dengan prospek yang bagus adalah katering. 


Bisnis ini bisa menjadi sarana penyalur hobi bagi yang gemar memasak. Dengan modal yang tidak terlalu besar, keuntungannya sangat menggiurkan. Selain itu, usaha katering dianggap kurang berisiko dibandingkan membuka restoran atau tempat makan yang belum tentu dipenuhi pelanggan karena makanan hanya dibuat sesuai pesanan.


Bagi Anda yang suka memasak dengan cita rasa dan penyajian yang layak dikomersilkan, ini adalah peluang bisnis yang bagus untuk Anda.


Jika memang tertarik untuk memulai bisnis katering, banyak hal yang harus dipelajari dan dipersiapkan. Jangan memulai bisnis tanpa persiapan yang matang, karena Anda bisa kalah bersaing dengan bisnis serupa yang sudah ada sebelumnya.


3. Kedai Kopi


Apakah Anda salah satu dari sekian banyak pecinta kopi yang bermimpi membuka bisnis kedai kopi? Bangun merek kedai kopi Anda dari awal, meskipun operasinya nonstop untuk terus belajar tentang kopi. Nyatanya, tak sedikit penikmat kopi yang memulai bisnis kafetaria dengan minim pengetahuan tentang kopi spesialti.


Tidak ada salahnya memulai bisnis kedai kopi sambil mempelajari segala hal. Mulai dari cara mengelola kedai kopi, membangun loyalitas antar staf, hingga cara menciptakan suasana kedai kopi yang menarik.


Konsep kedai kopi yang mudah dipahami banyak orang menjelaskan bagaimana rasanya pengunjung minum kopi di sana. Pasalnya sebelum menentukan konsep seperti apa yang diterapkan pada sebuah bar, ada baiknya mengetahui target pengunjung yang mengunjungi bar anda.


4. Tahu Bulat


Tahu bulat merupakan salah satu kuliner paling populer di Indonesia. Makanan ini sebenarnya berbahan dasar tahu yang dibentuk menjadi bulat sebelum digoreng dalam wajan berisi minyak panas. Salah satu ciri selain bentuknya yang bulat adalah bagian luarnya yang nampak crunchy dan saat dikonsumsi tidak begitu crunchy namun tetap enak.


Bisnis kuliner ini sekilas mungkin terlihat sederhana. Namun, seperti dilansir Kompas, bisnis ini bisa menghasilkan sekitar Rp 1.500.000 per hari. Hal ini berdasarkan keterangan langsung dari seorang pedagang tahu bulat yang mengaku dalam sehari bisa menjual 2.500 hingga 3.000 tahu bulat dengan catatan tahu ini dijual dengan harga Rp.500 per potong.


5. Buah-Buahan


Bisnis camilan buah juga menjadi salah satu bisnis kuliner yang paling laris dan mudah ditiru. Selain rasanya yang enak dan segar, buah juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Kudapan buah ini dapat disajikan dengan berbagai cara, yaitu dipotong kecil-kecil dan diletakkan di atas wadah dengan tambahan susu kental manis di atasnya atau tanpa susu kental manis, hingga disajikan dalam bentuk sate buah. Tak hanya itu, buah ini juga bisa dijadikan jus.


Dengan sedikit kreativitas, tekad, dan perencanaan, Anda akan menemukan ide bisnis makanan baru yang cocok untuk Anda. Anda mungkin ingin bermimpi besar dan menjual produk Anda di toko grosir nasional. Tapi, Anda mungkin ingin membuat semuanya tetap sederhana dan menawarkan layanan katering lokal. Pilihan ada di tangan Anda. Selama Anda menemukan ceruk pasar Anda dan memberikan makanan lezat kepada orang-orang, Anda pasti akan sukses.




Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon