19 Jan 2021

7 Ide Resolusi Di Tahun Baru 2021 Yang Bisa Anda Coba

Resolusi Tahun Baru sering kali dapat menimbulkan dua emosi: Harapan dan ketakutan. Kita berharap bahwa kita akan berhasil mengubah hidup menjadi lebih baik - sambil takut bahwa kita tidak akan berhasil.


Sayangnya, ketakutan itu tampaknya benar.


Jika Anda bertanya-tanya berapa banyak resolusi Tahun Baru yang gagal, jawabannya cukup menakutkan. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Scranton menemukan bahwa hanya 8% orang yang mencapai resolusi Tahun Baru mereka, sementara 80% besar gagal untuk tetap berpegang pada tujuan Tahun Baru mereka.


Jadi, bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda bergabung dengan 8% orang yang berpegang pada resolusi Tahun Baru mereka? Teruslah membaca untuk mencari tahu.


Dalam panduan pamungkas ini, Anda akan belajar cara mengatur resolusi Tahun Baru. Kemudian, kita akan membahas beberapa tip tentang bagaimana tetap berpegang pada resolusi Tahun Baru. 


Tapi pertama-tama, mari kita letakkan dasar untuk sukses .



Apa Itu Resolusi Tahun Baru?

Resolusi Tahun Baru adalah tujuan pribadi yang kita tetapkan di awal setiap tahun. Tapi mengapa kita membuat resolusi Tahun Baru? Nah, bagi banyak orang, tahun kalender baru mengantarkan rasa pembaruan dan harapan. Ini adalah waktu untuk memikirkan siapa kita dan cara kita hidup serta memutuskan untuk meningkatkan diri kita sendiri .


Apa Resolusi Tahun Baru yang Paling Umum?


Resolusi Tahun Baru biasanya membahas aspek-aspek penting kehidupan, seperti kesehatan, perasaan sejahtera, hubungan sosial, atau keuangan.


Faktanya, menurut sebuah studi oleh Ipsos for Urban Plates , resolusi Tahun Baru yang paling populer adalah:


  1. Mengelola keuangan dengan lebih baik
  2. Makan lebih sehat
  3. Lebih aktif
  4. Menurunkan berat badan
  5. Tingkatkan kesehatan mental
  6. Tingkatkan hubungan sosial


Bagaimana Membuat Resolusi Tahun Baru


Saat menetapkan resolusi Tahun Baru - atau tujuan pribadi, profesional, atau bisnis - selalu tetapkan tujuan SMART. Akronim ini adalah singkatan dari:


  • Spesifik : Tidak boleh ada ruang untuk salah tafsir.
  • Measurable / Terukur : Rencanakan cara melacak hasil Anda secara objektif.
  • Achievable : Tetapkan resolusi Tahun Baru yang realistis.
  • Relevan : Pastikan tujuan Tahun Baru Anda sejalan dengan keinginan Anda.
  • Terikat waktu: Tetapkan tenggat waktu untuk setiap bagian dari proses yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.


Misalnya, daripada mengatakan "Saya ingin menjadi lebih bugar", tetapkan tujuan SMART seperti:


Tahun ini saya akan menjadi pelari maraton (spesifik). Saya akan berlari tiga kali seminggu (achievable) dan menggunakan aplikasi kebugaran untuk melacak kemajuan saya (measurable). Saya akan menjalankan setengah maraton kota saya pada bulan Juni (Terikat Waktu). Saya berkomitmen untuk mencapai tujuan tahun baru ini karena saya ingin merasa bugar, sehat, dan kuat (Relevan).


Juga, jika Anda ingin mencapai tujuan Tahun Baru Anda, Anda harus yakin itu mungkin. Jadi gunakan kata-kata seperti "Saya akan" daripada "rencana" atau "harapan"


Terakhir, fokuslah pada kualitas, bukan kuantitas.


Ketika tahun baru tiba, Anda mungkin merasa sangat bersemangat dan ingin mencapai banyak tujuan tahun baru. Tidak!


Jika Anda ingin menjadi bugar, makan lebih sehat, penghasilan lebih banyak, mengembangkan hubungan, dan mulai bermeditasi pada saat yang sama, kemungkinan besar Anda akan gagal. Seperti kata pepatah Rusia, "Jika kamu mengejar dua kelinci, kamu tidak akan menangkap satu."


Jadi, tetapkan tidak lebih dari tiga resolusi Tahun Baru. Atau lebih baik lagi, tetapkan satu saja - kemudian, setelah Anda menguasainya, Anda dapat memulai satu sama lain di akhir tahun.


Bagaimana Menjaga Resolusi Tahun Baru?


Singkatnya, berikut ini cara berpegang pada resolusi Tahun Baru: Fokus pada proses, bukan hasil.


Kita dapat mengontrol masukan tetapi kita tidak dapat mengontrol hasilnya. Misalnya, kita dapat mengontrol seberapa sering kita berolahraga dan seberapa banyak upaya yang kita lakukan dalam setiap sesi, tetapi kita tidak dapat mengontrol berapa banyak berat badan yang akan kita turunkan setiap minggu.


Jadi, fokuskan perhatian dan usaha Anda pada apa yang Anda kendalikan: Latihan. Jika Anda melakukan ini, hasilnya akan teratasi dengan sendirinya. 


Namun, jika Anda memfokuskan semua upaya Anda pada tujuan akhir, Anda mungkin merasa kewalahan atau seperti tidak ada yang berubah dan menyerah.


Juga, berkomitmen untuk menjaga resolusi Tahun Baru Anda untuk jangka panjang.


Terlepas dari kepercayaan populer, kebiasaan biasanya tidak terbentuk dalam 21 hari. Penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan kebiasaan baru membutuhkan waktu dua hingga delapan bulan. Faktanya, rata-rata, dibutuhkan 66 hari latihan setiap hari untuk membentuk perilaku baru.


Terakhir, temukan dukungan.


Anda tidak sendirian dalam pencarian Anda untuk pertumbuhan dan peningkatan pribadi - ada banyak orang lain di luar sana yang berjuang dengan resolusi Tahun Baru yang sama.


Koneksi dan dukungan benar-benar dapat membantu kita mencapai tujuan kita. Jadi bergabunglah dengan grup Facebook, terlibat dalam diskusi di Reddit, dan temui orang-orang di daerah Anda.


7 Ide Resolusi Di Tahun Baru


Sekarang setelah Anda tahu cara menetapkan resolusi Tahun Baru dan cara mematuhinya, mari kita lihat sekilas 7 resolusi Tahun Baru terbaik di luar sana. Jadi, jika Anda bertanya-tanya, "apa yang seharusnya menjadi resolusi tahun baru saya?" pilih satu dari daftar resolusi Tahun Baru ini!


1. Tingkatkan Kebugaran


Meningkatkan kebugaran adalah salah satu resolusi Tahun Baru paling populer di luar sana - dan alasannya mudah dipahami. Seperti yang dikatakan pembicara motivasi Jim Rohn, "Jaga tubuh Anda. Ini satu-satunya tempat Anda harus hidup."


2. Perbaiki Diet


Demikian pula, kualitas makanan kita memiliki pengaruh besar pada kualitas hidup kita. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur, produktivitas, dan perasaan sejahtera, pertimbangkan untuk menetapkan resolusi Tahun Baru yang sehat. Anda tahu apa yang mereka katakan, "Kamu adalah apa yang kamu makan!"


3. Berhenti Menunda


Jika Anda ingin menciptakan kehidupan impian Anda tetapi terlalu sering menunda-nunda, mungkin inilah saatnya untuk belajar bagaimana berhenti menunda - nunda untuk selamanya. Dengan begitu, Anda dapat menghabiskan waktu dan energi untuk hal yang benar-benar Anda pedulikan.


4. Dapatkan Lebih Banyak Uang


Salah satu resolusi Tahun Baru yang paling umum adalah meningkatkan keuangan kita dengan cara tertentu. Jika Anda bermimpi bepergian, membeli rumah, atau memulai sebuah keluarga, Anda mungkin ingin menetapkan resolusi Tahun Baru untuk mendapatkan lebih banyak uang dengan mengejar promosi atau mengambil pekerjaan baru.


5. Memulai Bisnis


Jika Anda membenci pekerjaan Anda, Anda mungkin bermimpi menjadi bos bagi diri Anda sendiri . Baik Anda mulai dropshipping, mengajar online , atau menjadi freelancer, ada banyak cara untuk memulai bisnis atau bisnis sampingan .


6. Keluar dari Hutang


Hutang tidak hanya dapat menahan Anda untuk mencapai tujuan pribadi Anda, tetapi juga dapat membuat Anda merasa tertekan dan stres. Jadi mengapa tidak menetapkan tujuan Tahun Baru untuk mengatasinya secara langsung? Untungnya, ada banyak sekali blog uang online yang bisa membantu.


7. Simpan Dana Darurat


Demikian pula, hidup dari gaji ke gaji bisa membuat stres. Mengapa tidak berjanji pada diri sendiri untuk menyisihkan sejumlah uang setiap bulan dan meningkatkan keamanan finansial Anda ? Pakar keuangan pribadi Dave Ramsey berkata, "Menabung harus menjadi prioritas, bukan hanya pikiran. Bayar diri Anda sendiri dulu."


Resolusi Tahun Baru adalah tentang pembaruan, harapan, dan pengembangan diri terbaik kita.


Meskipun resolusi Tahun Baru yang paling umum biasanya berkisar pada kesehatan, kesejahteraan, dan keuangan, tidak ada aturan yang melarang pembuatan resolusi Tahun Baru yang unik untuk Anda.


Ingat, saat menetapkan resolusi Tahun Baru, tetapkan tujuan SMART yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. Selain itu, jangan terlalu memaksakan diri - sebagai gantinya, fokuslah pada satu atau dua tujuan Tahun Baru yang paling berarti bagi Anda.


Untuk tetap berpegang pada tujuan Tahun Baru Anda, fokuslah pada proses yang diperlukan untuk mewujudkannya dan biarkan hasilnya berjalan dengan sendirinya. Terakhir, carilah koneksi dan dukungan dari orang lain yang telah menetapkan resolusi Tahun Baru yang sama.


Apakah Anda memiliki resolusi Tahun Baru tahun ini? Bagikan dengan kami di komentar di bawah!






Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon