3 May 2021

5 Dasar Copywriting Yang Harus Anda Ketahui Sebagai Pengusaha

Sebagai pengusaha digital, kemampuan Anda untuk menulis konten yang menarik dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan bisnis Anda.




Anda mungkin harus banyak menulis untuk bisa sukses sebagai pengusaha. Email, halaman penjualan, deskripsi produk, teks untuk situs web Anda, iklan, posting media sosial, dan artikel untuk blog Anda hanyalah beberapa contoh.


Menjadi penulis yang meyakinkan dapat menghemat banyak waktu dan menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan.


Meskipun penulisan konten ditujukan untuk mendidik dan membangun kesadaran merek, tujuan utama penulisan konten adalah untuk mengubah pembaca menjadi klien atau pelanggan.


Saat Anda ingin calon pelanggan mengambil tindakan, Anda harus meyakinkan dia melalui teks yang meyakinkan.


Bisnis online, khususnya, sangat bergantung pada copywriting yang meyakinkan. Karena meskipun Anda memiliki produk yang hebat, Anda bisa gagal jika Anda tidak dapat meyakinkan prospek Anda untuk membeli.


Sementara tujuan akhir copywriting adalah untuk mendorong lebih banyak konversi, copywriter yang kompeten dapat menulis tanpa terdengar terlalu mengganggu. Sebaliknya, mereka menarik emosi pembaca, menggunakan cerita, dan membimbing mereka melalui perjalanan pelanggan yang lancar.


Dan kabar baiknya adalah dalam copywriting, keinginan Anda untuk belajar jauh lebih penting daripada gelar profesional dalam bidang menulis atau jurnalisme. Siapa pun dapat mempelajari dasar-dasar copywriting dan menjadi penulis yang meyakinkan.


5 Dasar Copywriting Yang Harus Anda Ketahui


Dan berikut adalah 7 dasar copywriting yang perlu Anda ketahui, jika bisnis online Anda ingin sukses besar. 


Menulis Saat Berbicara


Pendidikan formal dan ijazah tertulis tidak membuat Anda menjadi copywriter yang lebih baik. Jika Anda terbiasa dengan penulisan akademis, Anda harus melupakan apa yang telah Anda pelajari untuk menjadi copywriter yang hebat.


Meskipun makalah akademis itu rumit, copywriting adalah tentang menghubungkan dengan klien potensial Anda melalui bahasa sederhana.


Terkadang Anda bahkan menggunakan paragraf satu kalimat atau satu kata. Copywriting adalah tentang membayangkan klien potensial Anda mendengarkan Anda alih-alih membingungkan mereka dengan kata-kata yang sulit.


Tulisan yang bagus jelas dan ringkas. Itu tidak mengganggu atau membingungkan pembaca, tetapi memandu mereka selangkah demi selangkah melalui keputusan pembelian.


Copywriting bukanlah tentang terdengar pintar. Ini semua tentang meyakinkan prospek Anda bahwa produk Anda akan menyelesaikan masalah mereka. Daripada menggunakan jargon industri, jelajahi forum, baca pertanyaan, ulasan, dan jawaban prospek Anda, dan pelajari tentang bahasa yang mereka gunakan untuk berbicara satu sama lain.


Fokus Pada Pelanggan


Salah satu kesalahan paling umum saat menulis teks adalah bahwa perusahaan terlalu banyak berbicara tentang diri mereka sendiri daripada berfokus pada pelanggan.


Frasa umum yang dapat Anda temukan di halaman penjualan meliputi:


  • "Saya sudah berkecimpung dalam bisnis ini selama sepuluh tahun."

  • "Saya telah bekerja dengan pakar industri."

  • Inilah yang kami lakukan.

  • "Kami membantu ratusan pelanggan."


Kebanyakan wirausahawan gagal menulis teks yang meyakinkan karena mereka menulis untuk ego mereka sendiri alih-alih menarik ego pelanggan mereka.


Copywriting yang baik adalah tentang berfokus pada kebutuhan dan emosi calon pelanggan Anda.


Tidak peduli apakah itu brosur, buletin, atau halaman penjualan, calon pelanggan Anda akan selalu menanyakan pertanyaan yang sama kepada diri mereka sendiri: Apa untungnya bagi saya?

Jika Anda tidak menjawab pertanyaan dengan cepat, mereka tidak akan membaca sisa postingan Anda.


Quora dan Reddit adalah situs web yang bagus untuk meneliti klien ideal Anda dan mempelajari lebih lanjut tentang bahasa yang mereka gunakan.


Pastikan juga menulis untuk satu orang.


Daripada menggunakan kata-kata seperti "kami" atau "milik kami", gunakan "Anda" dan arahkan ke pelanggan potensial Anda. Bayangkan saat menulis teks untuk perusahaan Anda, Anda duduk di sisi lain meja dan berbicara dengan klien ideal Anda.


Semakin pribadi salinan Anda, semakin baik.


Berfokus pada pelanggan, juga dapat membantu Anda menarik perhatian mereka dengan lebih efisien. Intinya, itu copywriting yang bagus. Judul yang kuat, kalimat pembuka yang kuat, atau putaran terbuka adalah cara yang efektif untuk membangkitkan rasa ingin tahu pembaca Anda.


Sederhanakan Kalimat


Dalam kebanyakan kasus, kalimat yang lebih pendek sama dengan tulisan yang lebih baik.


Sebuah studi yang dilakukan oleh American Press Institute menemukan bahwa kalimat pendek 711 persen lebih mudah dibaca dan dipahami.


Jika teks Anda terlalu rumit, calon pelanggan akan segera meninggalkan halaman Anda. Dan jika itu terjadi, Anda bahkan tidak sempat meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda.


Semakin panjang dan rumit kalimat dan kata-kata Anda, semakin sulit untuk membujuk prospek Anda.


Kalimat yang mudah dibaca biasanya mengandung kurang dari 15 kata, sedangkan kalimat yang lebih dari 20 kata biasanya sulit dibaca.


Anda tidak hanya perlu menyederhanakan tulisan Anda, tetapi juga seluruh ide tulisan Anda. Jika orang tidak memahami apa yang Anda lakukan, mungkin sulit untuk meyakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan Anda.


Menurut ahli copywriter, setiap paragraf harus berisi maksimal lima baris. Kadang-kadang Anda bahkan dapat menggunakan bagian dengan satu baris atau bahkan satu kata. Sekali lagi: Semakin sederhana, semakin baik.


Gunakan Rumus Testimoni


Testimonial memainkan peran penting dalam menulis surat penjualan yang menarik. Anda tidak akan menemukan bisnis digital sukses yang tidak menyertakan testimonial di halaman penjualan.


Jika dilakukan dengan benar, testimonial dapat meroketkan penghasilan Anda. Menurut Big Commerce, mereka dapat meningkatkan penjualan Anda hingga 62 persen.


Namun sayangnya, kebanyakan orang menggunakan testimoni yang tidak efektif. Mereka berbagi informasi yang salah dan kehilangan pelanggan potensial alih-alih meyakinkan mereka.


Berikut adalah formula tiga langkah yang terbukti untuk testimonial yang kuat:


Sebelumnya: Pertama, biarkan pelanggan Anda yang sudah ada membagikan bagaimana kehidupan mereka sebelum menggunakan produk atau layanan Anda. Melalui informasi tersebut, calon klien dapat berhubungan dengan pelanggan Anda yang sudah ada karena kemungkinan besar mereka akan berada dalam situasi awal yang sama.


Sesudah: Selanjutnya, pelanggan Anda menekankan status mereka saat ini dan bagaimana produk atau layanan telah membantu mereka memecahkan masalah mereka.


Apa yang akan mereka katakan kepada seseorang: Di akhir testimoni persuasif, klien Anda membagikan apa yang akan mereka katakan kepada seseorang yang sedang berpikir untuk membeli produk atau layanan. Misalnya, mereka dapat menyarankan untuk tidak kehilangan lebih banyak waktu atau uang dan mempercayai produk Anda sebagai gantinya.


Berdasarkan tiga bagian ini, Anda dapat menyusun testimonial yang menarik dan membujuk calon pelanggan untuk membuat keputusan pembelian tanpa ragu-ragu.


Selain testimonial, Anda juga dapat menggunakan statistik dan studi kasus sebagai bukti tambahan untuk mendukung klaim Anda.


Buat Katalog Anda Sendiri


Terakhir, copywriter terbaik memiliki daftar contoh copywriting yang selalu bisa dia lihat.


Jika Anda baru mengenal copywriting, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menganalisis kinerja copywriting lain yang telah menguasai keterampilan tersebut. Jika Anda melihat halaman penjualan, email, dan pesan pemasaran orang lain, Anda dapat mempercepat proses pembelajaran Anda dan menemukan contoh yang bagus.


Dengan membuat katalog kampanye copywriting yang sukses, Anda dapat menghindari lembar halaman kosong dan menjadi frustrasi. Sebaliknya, Anda dapat mengandalkan kampanye yang berhasil dari orang-orang yang pernah melakukannya.


Tidak peduli apa produk atau layanan Anda, orang lain mungkin telah menulis halaman penjualan yang bagus untuk produk serupa. Anda selalu dapat menggunakan konten yang ada ini untuk membuat kampanye dan halaman yang lebih baik untuk bisnis Anda.


Anda tidak harus menjadi orang yang kreatif untuk membuat tulisan yang bagus. Sebaliknya, Anda dapat mengandalkan penelitian dan fokus pada penggunaan serta kombinasi strategi yang telah menghasilkan hasil yang bagus di masa lalu.


Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon