1 May 2021

5 Manfaat Membaca Buku Yang Banyak Orang Tidak Sadari Dan Anda Harus Tahu



Ada banyak manfaat membaca buku. Tapi mari kita bicarakan ini dulu. Saat menonton film, mendengarkan buku audio, atau menonton ringkasan video YouTube, mungkin Anda sulit memotivasi Anda untuk membaca buku setebal 382 halaman, kan? 


Namun, jika sebagian besar bacaan harian Anda terdiri dari posting media sosial, pesan teks, dan tajuk berita, Anda akan tertinggal. Lalu apa manfaat membaca buku?


Jika Anda tertarik untuk membaca lebih banyak buku tetapi membutuhkan motivasi, artikel ini akan membantu Anda. Lagi pula, memahami pentingnya membaca buku membuat Anda lebih mungkin melakukannya.


Apa Sih Manfaat Membaca Buku?


Berikut 5 manfaat membaca yang menggambarkan pentingnya membaca buku. Ketika Anda membaca setiap hari.


1. Dapatkan Pengetahuan yang Berharga




Salah satu manfaat paling nyata dari membaca setiap hari adalah belajar. 


Dan tidak seperti video atau podcast YouTube, buku memberikan akses ke pengetahuan yang mendalam. Dengan kata lain, jika Anda ingin menjadi lebih produktif , menurut Anda, Anda akan belajar lebih banyak dari:


  • Sebuah buku oleh seseorang yang mempelajari produktivitas selama 20 tahun,
  • Atau video YouTube 10 menit oleh seseorang yang tertarik dengan topik tersebut? 


Menurut Anda, dari mana Anda akan menyerap lebih banyak? Menurut Anda, mana yang lebih mungkin membantu mengubah kebiasaan Anda ? Buku, tentu saja!


Melampaui permukaan subjek juga penting untuk kesuksesan. Mungkin inilah sebabnya penulis Roald Dahl pernah berkata, "Jika Anda ingin mencapai sesuatu dalam hidup, Anda harus membaca banyak buku."


Plus, Anda bisa belajar apa saja dari buku. Misalnya, setiap kali ada yang bertanya kepada Elon Musk, pendiri SpaceX, bagaimana dia belajar membuat roket, dia berkata , "Saya membaca buku."


Jadi, apa yang ingin Anda pelajari?


Mungkin Anda ingin belajar cara membuat kode, melukis, atau memulai bisnis yang sukses ? Mungkin Anda ingin belajar bagaimana berhenti menunda-nunda ? Atau mungkin Anda ingin mencari cara untuk mengubah hidup Anda sepenuhnya ?


Apapun itu, membaca dapat membantu.


2. Latih Otak Anda




Mengapa membaca itu penting? Seperti yang pernah ditulis oleh penulis Inggris abad ke-17 Joseph Addison , "Membaca adalah untuk pikiran, olahraga untuk tubuh."


Jadi, apa manfaat membaca bagi otak Anda?


Penelitian telah memastikan bahwa membaca merangsang jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks di otak. Plus, saat Anda meningkatkan kemampuan membaca, jaringan ini menjadi lebih kuat dan lebih canggih.


Dalam studi lain , para peneliti mengukur bagaimana membaca novel memengaruhi otak kita. Partisipan penelitian membaca novel "Pompeii" oleh Robert Harris, dan ketika ketegangan dalam cerita berkembang, lebih banyak area otak diaktifkan.


Ingin tahu bagian terbaiknya?


Pemindaian menunjukkan bahwa konektivitas otak meningkat saat membaca dan berhari-hari setelahnya, menunjukkan manfaat yang sangat besar dari membaca buku setiap hari.


Intinya, otak kita memiliki kebijakan "gunakan atau hilangkan", sama seperti otot kita. Dengan kata lain, jika kita tidak melatih pikiran kita secara teratur, kemampuan kognitif kita bisa menurun . Namun, jika kita membaca setiap hari, kita bisa menjaganya agar tetap kuat dan sehat.


3. Tingkatkan Fokus Anda




Mampu berkonsentrasi dan fokus untuk waktu yang lama sangat penting untuk kesuksesan dan kesejahteraan kita. Cal Newport, penulis Deep Work, menulis :


"Untuk tetap berharga dalam perekonomian kita ... Anda harus menguasai seni mempelajari hal-hal rumit dengan cepat. Tugas ini membutuhkan kerja mendalam."


Apa itu "kerja mendalam"? Newport menjelaskan :


"Kerja mendalam adalah kemampuan untuk fokus tanpa gangguan pada tugas yang menuntut secara kognitif. Ini adalah keterampilan yang memungkinkan Anda dengan cepat menguasai informasi yang rumit dan menghasilkan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat. Kerja yang mendalam akan membuat Anda lebih baik dalam apa yang Anda lakukan dan memberikan rasa pemenuhan sejati yang berasal dari pengerjaan. "


Newport juga berpendapat bahwa keterampilan ini menjadi semakin langka karena multitasking, notifikasi, dan aplikasi media sosial yang konstan. Sebuah studi oleh Microsoft akan setuju, menemukan bahwa orang pada umumnya kehilangan perhatian hanya dalam delapan detik.


Untungnya, salah satu manfaat utama membaca adalah membantu Anda berlatih berkonsentrasi hanya pada satu hal pada satu waktu.


Misalnya, sebuah novel membutuhkan semua perhatian Anda untuk membawa Anda pergi ke dunia lain. Dan jika Anda ingin belajar dari buku non-fiksi, Anda harus hadir dan terlibat sepenuhnya.

Singkatnya, jika Anda ingin sukses, Anda perlu fokus. Dan jika ingin lebih fokus bisa berlatih dengan membaca buku.


4. Mengurangi Stres




Salah satu efek membaca adalah mengurangi stres .


Penelitian telah membuktikan bahwa hanya 30 menit membaca dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan perasaan tertekan psikologis Anda. 


Studi lain menemukan bahwa membaca adalah cara terbaik untuk mengurangi stres - dibandingkan dengan berjalan-jalan, minum secangkir teh atau kopi, dan bermain video game. Studi tersebut menemukan bahwa membaca enam menit saja sudah cukup untuk mengurangi tingkat stres hingga lebih dari dua pertiga.


"Kehilangan diri Anda dalam buku adalah relaksasi tertinggi," kata Dr. David Lewis, ahli saraf kognitif yang melakukan penelitian.


Jadi, lain kali Anda merasa stres, ingatlah manfaat membaca untuk kesenangan dan biarkan ketegangan mencair.


5. Tingkatkan Kesehatan Mental Anda




Manfaat membaca juga mencakup kesehatan mental.


Para peneliti mempelajari efek dari buku-buku self-help dan menemukan bahwa banyak buku memiliki dampak yang dapat diukur pada depresi atau gangguan mood lainnya.


Akibatnya, Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris memulai program resep buku yang disebut Reading Well . Layanan ini meresepkan buku self-help yang dikurasi oleh ahli medis untuk kondisi tertentu.


Tindakan menggunakan buku sebagai terapi disebut "biblioterapi".


Jadi, jika Anda sedang berjuang - dan terlepas dari seperti apa kehidupan di Instagram, kita semua berjuang dari waktu ke waktu - pertimbangkan untuk membaca salah satu buku di daftar kurasi NHS , yang terbukti membantu meringankan gejala.


Ringkasan: Mengapa Membaca Itu Penting?


Mengapa membaca baik untuk Anda? Membaca itu baik untuk Anda karena meningkatkan fokus, memori, empati, dan keterampilan komunikasi Anda. Itu dapat mengurangi stres, meningkatkan kesehatan mental Anda, dan membantu Anda hidup lebih lama. Membaca juga memungkinkan Anda mempelajari hal-hal baru untuk membantu Anda sukses dalam pekerjaan dan hubungan Anda. 


Bagian terbaik? Anda bisa mendapatkan semua manfaat membaca buku ini sambil menikmati hiburan yang fantastis.


Apakah Anda membaca setiap hari? Apa yang sedang kamu baca sekarang? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah!

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon