17 May 2021

5 Teknik Pelatihan Otak Yang Dapat Menumbuhkan Kejeniusan Dan Kreatifitas Anda



Penemu yang cerdik, pengusaha yang cerdas, ilmuwan yang inovatif, penulis yang imajinatif… Tidak peduli apa bidang keahlian kita, kita semua berusaha untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif. Kita semua ingin menjadi orisinal.


Banyak dari kita menganggap kreativitas sebagai hadiah yang menakjubkan dan hampir ajaib yang dimiliki oleh beberapa orang sejak lahir. Tetapi seperti halnya kreativitas dapat diekspresikan dengan berbagai cara, ia juga dapat dipelajari dan diasah seperti keterampilan lainnya.


Di dunia modern, tidak ada ruang untuk hal-hal yang membosankan atau biasa-biasa saja. Pikiran yang cerdas dan inventif membuka pintu menuju kesuksesan. 


5 Teknik Pelatihan Otak


Berikut adalah lima cara cerdik untuk mulai melatih pikiran Anda agar lebih kreatif dan inovatif.


Berusaha menggunakan kedua sisi otak Anda


Jangan terjebak pada mitos bahwa orang berotak kanan lebih kreatif sedangkan orang berotak kiri lebih analitis. Kreativitas sejati datang dari penggunaan kedua sisi otak.


Ide yang paling imajinatif harus logis dan rasional agar berhasil. Pendekatan yang paling ilmiah dan analitis harus tetap unik, bijaksana, dan cerdik.


Penelitian Roger Sperry tentang hipotesis otak-terbelahnya di tahun 1960-an menunjukkan bahwa beberapa aktivitas, seperti penalaran spasial dan apresiasi keindahan, merangsang belahan otak kanan, sementara hal-hal seperti pemikiran analitis dan bahasa merangsang belahan otak kiri.


Tetapi kreativitas membutuhkan pendekatan yang sepenuhnya berotak karena membutuhkan pemikiran lateral, atau pemikiran tentang berbagai hal dengan cara baru. Saat kita "berpikir out of the box", kita merancang pendekatan baru untuk memecahkan masalah dan menghadapi tantangan.


Bekerja untuk membangun seluruh otak Anda dengan menggunakan sisi kanan dan kiri. Cobalah bermain juggling atau origami, atau cukup lakukan aktivitas sehari-hari seperti menulis nama atau menggosok gigi dengan tangan nondominan.


Mulailah melihat sesuatu secara berbeda - secara harfiah - dengan mengenakan arloji Anda secara terbalik atau menggunakan ponsel Anda secara terbalik.


Tumbuhkan rasa haus akan pengetahuan


Rasa haus seumur hidup akan pengetahuan akan mendorong kreativitas Anda . Pikiran yang bijaksana dan cerdas menuntut aliran informasi yang konstan. Dengan terus belajar dan berkembang, Anda memberi makan pikiran Anda dengan ide-ide dan memperluas pemikiran Anda. Berusahalah untuk berpikiran luas dan terbuka terhadap konsep dan pendekatan baru.


Ini termasuk bersedia untuk mencoba ide yang berbeda dan tidak hanya menolak sesuatu yang tidak Anda setujui di luar kendali. Komunikasi bukanlah jalan satu arah. Itu berarti bersedia mempertanyakan segalanya, untuk membuat diri Anda tetap termotivasi dan ingin tahu tentang dunia di sekitar Anda.


Bekerja untuk mengembangkan pengetahuan vertikal, yang merupakan penyelaman mendalam ke topik tertentu, dan pengetahuan horizontal, yang berarti memiliki pemahaman yang kuat dalam berbagai bidang.


Memiliki pengetahuan yang luas di berbagai bidang akan memberi Anda latar belakang untuk menarik ide-ide baru. Tetapi menjadi sangat akrab dengan satu bidang akan memberi Anda wawasan yang diperlukan untuk berinovasi dalam bidang itu.


Jelaskan kembali pada diri Anda sendiri


Menjadi kreatif juga mengharuskan Anda memahami informasi yang telah diberikan kepada Anda. Membaca buku dan mempelajari suatu subjek adalah satu hal, tetapi menjelaskan topik itu kepada orang lain (atau diri Anda sendiri) adalah hal lain. Mampu menjelaskan pengetahuan baru menunjukkan bahwa Anda telah memproses dan menginternalisasi informasi pada level yang lebih dalam.


Jika Anda dapat menjelaskan sesuatu kembali kepada diri Anda sendiri, Anda juga dapat mengembangkannya, membentuknya kembali dalam visi unik Anda sendiri atau mengintegrasikan ide-ide Anda sendiri. Anda dapat mengikuti utas ide dan membuat konsep baru.


Untuk menjadi penjelas yang baik mengharuskan Anda menjadi pendengar yang baik. Lagi pula, Anda tidak dapat sepenuhnya menyerap dan menyimpan informasi jika Anda belum benar-benar mendengar apa yang dikatakan.


Biasakan menjelaskan hal-hal kembali kepada diri sendiri untuk pengetahuan mengeras lebih lanjut. Proses ini juga dapat membantu Anda memikirkan area yang dapat ditingkatkan, yang akan meningkatkan kemampuan Anda untuk bertukar pikiran dan membangun konsep.


Beristirahatlah untuk menghidupkan sisi kreatif Anda


Pernahkah Anda bekerja keras pada tugas yang membutuhkan pemecahan masalah, merasa seperti Anda sedang mengerjakan sesuatu, hanya untuk kemudian menyadari bahwa ide-ide Anda sebagian besar mubazir dan tidak terinspirasi?


Menurut Harvard Business Review , kecenderungan alami kita adalah terus mengerjakan masalah bahkan ketika kita tidak membuat kemajuan. Saat mengerjakan ide yang membutuhkan kreativitas, kita sering menemui jalan buntu tanpa menyadarinya. Penelitian menunjukkan bahwa sangat penting untuk beristirahat secara berkala untuk memberi kesempatan pada pikiran Anda untuk menyegarkan diri.


Setel pengatur waktu, dan saat berbunyi, ganti tugas. Lakukan sesuatu yang lain untuk sementara waktu, lalu kembali ke tugas awal Anda. Melakukan ini akan membantu Anda mengaktifkan kreativitas dan menjaga pemecahan masalah Anda tetap produktif dan inovatif.


Jika Anda mengalami masalah, cobalah mendekati masalah dari perspektif yang berbeda. Mungkin membantu untuk bekerja mundur, memulai dengan solusi, atau membalik masalah dan mengkonseptualisasikannya dari sudut yang berbeda.


Biarkan imajinasi Anda menjadi liar


Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengasah kreativitas Anda adalah memanfaatkan imajinasi dan kecerdikan alami yang Anda miliki sebagai seorang anak. Kita senang bermain dan berpura-pura sebagai anak-anak. Kita belajar bagaimana menciptakan dunia imajiner di mana segala sesuatu menjadi mungkin. Kita menikmati menantang diri kita sendiri dengan permainan dan tes keterampilan.


Beri diri Anda waktu untuk membiarkan pikiran Anda mengembara, menjelajah, melamun, dan kemudian menggunakan ide-ide yang muncul sebagai bagian dari curah pendapat Anda. Tantang diri Anda dengan latihan kreatif, seperti mencoret-coret di buku sketsa atau menulis fiksi kilat.


Buatlah jurnal tentang ide-ide Anda, betapapun fantastis atau tidak praktisnya ide tersebut. Memberikan waktu pada pikiran Anda untuk bermimpi dan memecahkan masalah adalah cara yang bagus untuk membangun otot kreatif Anda.


Jika Anda menumbuhkan pikiran yang imajinatif, terbuka terhadap segala kemungkinan, seimbang, penuh pengetahuan dan sering disegarkan, kejeniusan dan kreativitas Anda akan mulai berkembang.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon