6 May 2021

8 Cara Ini Dapat Memotivasi Diri Anda Dengan Efektif



Tidak mudah untuk memotivasi diri sendiri. Jika Anda seperti kebanyakan orang, mungkin Anda tahu caranya. Seperti:


  • Setel alarm lebih awal ... lalu Anda tidak bisa bangun dari tempat tidur.
  • Tulis daftar yang harus dilakukan ... lalu terbawa suasana dan menikmati film Netflix.
  • Bersemangat tentang tujuan ... lalu merasa bersalah karena tidak melakukannya.

Siklus ini sepertinya tidak akan pernah berakhir, bukan?


Sementara itu, Anda merasa terkuras, frustrasi, penuh keraguan diri dan terkadang.... terkadang seolah-olah Anda telah jatuh ke jurang kegelapan dan keputusasaan yang tak berdasar.


Tentunya ada cara untuk menemukan motivasi, dan - secara kritis - tetap termotivasi.


Berikut adalah 5 cara untuk memotivasi diri sendiri sehingga Anda dapat menjadi orang yang Anda inginkan dan mencapai tujuan Anda .


Bagaimana Menemukan Motivasi


1. Mulai Saja




Apakah Anda membenci nasihat ini? 


Namun, ada alasan mengapa kita semua telah mendengarnya jutaan kali: itu bisa menghasilkan keajaiban.


Anda tidak selalu perlu bernalar dengan emosi Anda atau merasionalisasi mengapa Anda perlu melakukan sesuatu. Anda bisa mengatasi perasaan negatif itu nanti, pada waktu yang tepat. Sebaliknya, coba kesampingkan semua emosi negatif dan MULAI.


Seperti yang pernah dikatakan oleh penulis terkenal Mark Twain: "Rahasia untuk maju adalah memulai."


2. Bagi Tugas Menjadi Langkah-Langkah Kecil




Sebuah saran yang luar biasa, yang pernah terdengar sebelumnya, bukan?


Sekali lagi, ada alasan mengapa begitu banyak orang menyarankan agar Anda menggunakan taktik ini ketika mencoba memotivasi diri sendiri - terkadang hal paling sederhana yang dilakukan dengan baik itulah yang paling berhasil.


Ingat, Anda tidak bisa melakukan semuanya sekaligus. Itulah mengapa pelukis Vincent Van Gogh berkata, "Hal-hal hebat dilakukan dengan serangkaian hal-hal kecil yang disatukan."


Berikut adalah metode untuk membantu Anda menemukan motivasi untuk menyelesaikan sesuatu: Tuliskan apa yang perlu Anda lakukan di selembar kertas. Kemudian, tuliskan setiap langkah yang perlu Anda ambil untuk mewujudkannya. Terakhir, abaikan semuanya kecuali langkah yang sedang Anda kerjakan.


Setelah mengikuti alur, Anda mungkin merasa lebih mudah untuk melanjutkan tugas berikutnya.


3. Ciptakan Pola Pikir Positif




Menjadi termotivasi hampir tidak mungkin jika Anda melihat situasi dari sudut pandang negatif. Di sisi lain, kepositifan dapat memberi energi dan membantu Anda memotivasi diri sendiri.


Jadi, berhenti sejenak dan tanyakan pada diri Anda, "apa bagusnya situasi ini?"


Seperti yang dikatakan penulis Catherine Pulsifer, "Jika kita memiliki sikap bahwa ini akan menjadi hari yang menyenangkan seperti biasanya."


4. Ciptakan Rasa Syukur




Ketika Anda menemukan diri Anda terjebak dalam kebiasaan mengeluh, rasanya tidak mungkin untuk memotivasi diri sendiri. Jadi sebelum Anda mencoba memotivasi diri sendiri, ambil langkah mundur dan coba hargai apa yang Anda rasakan.


Saat Anda merasakan penghargaan untuk diri sendiri, lebih mudah untuk tetap termotivasi.


Salah satu cara tercepat untuk merasa nyaman dengan diri sendiri adalah dengan mempraktikkan rasa syukur - hampir tidak mungkin merasa rendah diri dan bersyukur pada saat yang bersamaan.


Untuk mempraktikkan rasa syukur, mulailah dengan menuliskan tiga hal yang Anda syukuri. Ini bisa apa saja - mulai dari kopi pagi, hewan peliharaan, atau bahkan kursi nyaman yang Anda duduki. 


Idealnya, Anda bisa menjadikan ini sebagai bagian dari rutinitas harian Anda untuk menemukan motivasi sehari-hari.


5. Bersikaplah Baik pada Diri Sendiri




Saat Anda menunda-nunda atau membuat kesalahan, mudah untuk menyalahkan diri sendiri. Faktanya, jika Anda seperti banyak orang, Anda mungkin menemukan bahwa Anda secara internal "berbicara" kepada diri sendiri dengan cara yang kejam. 


Jika Anda menyadari diri Anda melakukan ini, berhenti sejenak dan cobalah berbicara kepada diri sendiri dengan ramah. Anda tidak akan berbicara seperti itu kepada orang lain, jadi mengapa melakukannya pada diri Anda sendiri? Anda berhak atas kebaikan Anda sendiri.


Cobalah untuk mengingat nilai inheren sejati Anda sebagai manusia. Kemudian, biarkan diri Anda dengan lembut kembali ke tugas yang ada.


6. Bersikaplah Konstruktif


Ketika Anda menyadari bahwa Anda telah melakukan kesalahan atau akhirnya mengembalikan diri Anda dari sesi penundaan, Anda memiliki kesempatan emas untuk belajar dan berkembang.


Tanyakan pada diri Anda, “Mengapa saya melakukan kesalahan ini? Bagaimana saya dapat menghindari membuat kesalahan yang sama di masa mendatang? ”


Jika Anda melakukan ini dan bertindak berdasarkan apa yang Anda pelajari, Anda akan mengubah kesalahan menjadi peluang .


7. Tetapkan Tujuan Yang Dapat Menggairahkan Anda


Jika Anda memiliki tujuan yang terasa terlalu besar atau tidak dapat dicapai, hal itu mungkin membuat Anda merasa dilumpuhkan oleh kecemasan dan ketakutan. Ini adalah cara jitu untuk mencegah diri Anda mengembangkan motivasi.


Untuk saat ini, lepaskan tujuan yang melumpuhkan Anda. Sebaliknya, pilih tujuan yang cukup menarik untuk membantu Anda memotivasi diri sendiri, tetapi tidak terlalu besar sehingga Anda membeku saat menghadapinya.


Seperti yang dikatakan oleh politisi Theodore Roosevelt, "Perhatikan bintang-bintang, dan kaki Anda di tanah."


8. Bayangkan Masa Depan Anda Jika Anda Tidak Berubah


Tip ini dapat membuat Anda mudah terinspirasi: Daripada berfokus pada perubahan yang Anda inginkan, bayangkan kehidupan yang akan Anda dapatkan jika Anda tidak terus termotivasi.


Tanyakan pada diri Anda, "Seperti apa kehidupan dalam satu tahun, lima tahun, dan sepuluh tahun?"


Menjadi termotivasi bisa jadi sulit dan bahkan bisa lebih menantang untuk tetap termotivasi.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon