23 May 2021

Ini Caranya Keluar Dari Funk (Sifat Pengecut) Ketika Anda Stres



Hidup tampak semakin menegangkan. Bencana alam, pandemi, dan peristiwa politik benar-benar bisa membuat kita sedih, belum lagi semua pemicu stres sehari-hari seperti daftar tugas yang panjang dan cuaca mendung.


Setiap orang di planet ini tahu bagaimana rasanya berada di zona funk. Dari aktor dan komedian hingga penulis terlaris, CEO, dan biksu meditasi, kita semua tahu bagaimana merasa sedih, stres, kewalahan dan terjebak secara emosional, hingga terjebak dipikiran orang-orang pengecut.


Kita mungkin perlu berada di sana (zona funk) untuk kepentingan satu sama lain. Namun, ingatlah bahwa ada banyak orang yang belum pernah Anda temui yang benar-benar peduli dengan kesejahteraan Anda dan ingin tahu bahwa Anda baik-baik saja.


6 Cara Untuk Keluar Dari Zona Funk

Curahkan


Meminta bantuan sangat penting terutama jika emosi Anda terlalu berat untuk Anda tangani, atau jika Anda merasa berada di zona traumatis. Terutama selama masa-masa sulit ini, kita perlu mengeluarkan masalah kita.


Meminta bantuan bisa bermacam-macam bentuknya. Anda dapat menghubungi teman atau anggota keluarga tepercaya, dokter, terapis, atau saluran bantuan seperti hotline bunuh diri atau kesehatan mental.


Meminta bantuan adalah tanda kekuatan batin yang sejati. Sebagai manusia, kita diciptakan untuk berkolaborasi dalam komunitas, bertukar ide, dan menemukan. Ketika kita berbicara dengan orang lain tentang masalah kita, kita biasanya melihat solusi dan jawaban untuk mendapatkan wawasan yang tidak dapat kita temukan sendiri.


Self-talk (Penuh Kasih)


Tip berguna lainnya adalah memperhatikan suara kecil di kepala Anda dan memahami apa yang Anda alami. Apa yang Anda bicarakan tentang apa yang terjadi dalam hidup Anda? Apakah Anda memiliki putaran positif atau negatif pada apa yang Anda alami? Apakah ada cara lain untuk melihat sesuatu?


Sangat membantu untuk memiliki seseorang yang dapat bersama kita melalui emosi kita yang sulit tanpa mengubah atau meningkatkan kita dengan cara apa pun. Apakah ada orang seperti itu dalam hidup kita atau tidak, penting untuk belajar bagaimana menjadi orang itu untuk diri kita sendiri.


Terkadang kita merasa seperti berada dalam kondisi funk karena kita percaya pada cerita negatif tentang sesuatu yang mungkin benar atau mungkin tidak benar. 


Adakah alasan untuk memiliki harapan sekarang daripada putus asa? Dapatkah sesuatu yang baik muncul dari apa yang terjadi, bahkan jika itu adalah perkembangan pribadi Anda?


Cobalah tanya pada diri sendiri seperti ini:


  • "Kamu punya ini."
  • “Kamu bisa melewati ini.”
  • “Kamu sangat luar biasa dan tangguh.”
  • “Fokus saja pada saat ini dan berada di sini sekarang.”


Mampu terhubung dengan suara penuh kasih yang benar-benar percaya pada diri Anda sebenarnya akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam menghadapi masa-masa sulit.


Ubah Kecepatan Anda


Tubuh dan pikiran kita sangat terhubung. Terkadang ketika kita merasa cemas, kita bergerak dengan cepat, tetapi tidak banyak yang kita capai. Jika ini terjadi, coba bergerak perlahan. Pergi ke luar dan berbaring di tanah. Ambil napas perlahan dan lebih dalam lalu lepaskan.


Ingatlah untuk terhubung dengan hati nurani Anda yang tercinta dan katakan, "Kamu baik-baik saja. Semua yang kamu rasakan baik-baik saja. Kamu akan mengatasi ini."


Demikian pula, ini dapat membantu kita bergerak lebih cepat saat kita depresi atau dalam keadaan takut. Ayo jalan cepat keliling rumah. Mainkan dan menarilah lagu-lagu cerah favorit Anda, meskipun pada awalnya terasa konyol. Buat beberapa jumping jack. Putar dengan gerakan melingkar.


Jika Anda merasa marah, temukan cara kreatif untuk membuang energi negatif dari tubuh Anda dengan cara yang aman bagi Anda dan orang lain. Temukan tongkat dan pukul kotak kosong atau tumpukan bantal. Sprint di lapangan terbuka. Pukul karung tinju. Teriak. Ungkapkan. Lakukan apa pun yang Anda bisa dan mulailah merasa aman lagi.


Pergi ke Luar


Penelitian telah menunjukkan bahwa berada di alam secara langsung meningkatkan emosi kita. Keluar dan perhatikan detail di sekitar Anda. Menemukan sesuatu yang baik pada saat kenikmatan dan rasa syukur penuh bisa sangat membantu. Nikmati Vitamin D. Hirup udara segar.


Perhatikan bahwa Anda mengalami dengan panca indera Anda. Apa yang Anda lihat dan dengarkan? Apa yang Anda hirup? Rasakan? Bagaimana intuisi Anda? 


Ada banyak hadiah luar ruangan yang menunggu untuk ditemukan. Apa yang Anda perhatikan saat ini? Dapatkah Anda menemukan sesuatu yang indah atau sesuatu yang Anda pedulikan saat berada di luar ruangan?


Makan Makanan Sehat


Itu bisa diisi dengan kalori kosong, gula dan kafein. Hal ini menyebabkan jatuhnya emosi dan energi di kemudian hari, terutama saat merasa sulit atau lelah.


Makanlah camilan kecil, sehat, dan kaya protein sesering mungkin, seperti kacang-kacangan, daging, selai kacang, atau yang mengandung antioksidan seperti buah dan sayuran organik.


Jika Anda ingin gula, dapatkan buahnya. Sangat sulit untuk melupakan betapa enak, manis dan memuaskannya buah-buahan tersebut. Ketika Anda memasukkan makanan yang baik ke dalam tubuh Anda, pastikan untuk memperhatikan bagaimana rasanya dan bagaimana rasanya menerima pahala penuh dari makanan sehat ...


Minum Air


Saat Anda merasa cemas atau tertekan, Anda bisa lupa untuk menjaga diri dan memenuhi kebutuhan dasar yang Anda butuhkan, seperti tidur, makan, dan minum.


Dehidrasi yang terus-menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, membuat kita merasa tidak enak, dan membuat kita merasa secara emosional dan fisik terjebak dalam ketakutan.


Tantang diri Anda untuk minum air dalam jumlah tertentu setiap hari. Bayangkan benar-benar menikmati air sambil minum dan menghidrasi, membersihkan dan menyegarkan semua sel dan kerangka jantung.


Pikiran Akhir


Hal terpenting yang harus diingat tentang berada di funk adalah Anda tidak sendiri. Kita semua mengalami emosi yang sulit. Menerima mereka dan melepaskan ekspektasi kita tentang apa yang seharusnya kita rasakan adalah kunci untuk mengubah emosi, tidak terjebak.


Hal penting berikutnya adalah curahkan. Dapatkan dukungan. Bayangkan saat ini terhubung dengan orang lain di seluruh dunia. Ingat setiap orang yang berada di fase yang sama saat ini. Kita selalu mendapat dukungan lebih dari yang kita tahu.


Terakhir, penting untuk diingat bahwa kita masing-masing jauh lebih pintar, lebih tangguh, dan lebih mampu daripada yang kita sadari. Anda bisa tumbuh, dan terhubung dengan kedamaian batin, kasih sayang, dan kebaikan di dalam diri Anda.

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon