11 May 2021

Mengenal Lebih Dalam Tentang Rambut Manusia Dan 5 Fakta Tak Menariknya



Kita semua punya rambut. Itu adalah bagian alami dari tubuh manusia, entah itu kepala, wajah, anggota badan, atau bahkan di tempat tersembunyi.


Saat kita tumbuh, rambut berubah dari bagian integral dari kelangsungan hidup kita menjadi alat yang kita gunakan untuk mengekspresikan kepribadian kita dengan tetap membuat kita tetap hangat.


Apakah Anda terkadang bertanya-tanya mengapa kita memilikinya, atau apa gunanya?


Ekstensi rambut di tubuh kita ini lebih menarik dari yang bisa Anda bayangkan!


5 Fakta Tak Terhingga Tentang Rambut Manusia




1. Kita Memiliki 100.000 Rambut Dan Terus Bertambah


Tahukah Anda bahwa rata-rata manusia dewasa dapat memiliki sekitar 100.000 rambut?


Tak hanya itu, terdapat hingga 150.000 folikel rambut di kepala dan sekitar 5 juta folikel rambut di seluruh tubuh.


Anda dilahirkan dengan jumlah folikel yang tepat di tubuh Anda dan tidak akan tumbuh lebih jauh seiring bertambahnya usia.


Jumlah folikel yang Anda miliki adalah keturunan dan dapat bervariasi tergantung pada warna rambut Anda.


Orang dengan rambut pirang alami cenderung memiliki lebih banyak folikel, dengan perkiraan 150.000 rambut di kepala mereka, sementara orang yang lahir dengan rambut merah alami cenderung hanya memiliki sekitar 90.000 folikel.


Ada hal-hal lain yang dapat memengaruhi jumlah rambut yang Anda miliki di tubuh Anda, tetapi sebagian besar disebabkan oleh campur tangan manusia.


Ini bisa dalam bentuk pencabutan rambut, minum obat tertentu untuk penyakit seperti kanker atau bahkan melalui stres.


2. Informasi Dapat Disimpan Di Rambut Kita!


Sekarang Anda mungkin berpikir, kedengarannya gila, rambut kita tidak memiliki hard drive atau "cloud" untuk menyimpan sesuatu. Jadi bagaimana ini bisa terjadi?


Saat rambut kita tumbuh, riasan organik kita membawanya.


Misalnya kuku kita tumbuh besar dan kita melihat bercak putih, itu pertanda tubuh kekurangan nutrisi atau vitamin saat bagian kuku tersebut terbentuk.


Ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menentukan apakah seseorang kekurangan gizi atau jika ada sesuatu yang hilang dari makanannya.


Namun, pada rambut, perubahan ini tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi ada metode uji yang dapat kita gunakan untuk melihat perubahan yang dibuat pada rambut saat tumbuh.


Dari sampel rambut, kita dapat mengetahui apakah obat tertentu sedang dikonsumsi, apakah ada kekurangan vitamin dan nutrisi pada titik mana pun dalam makanan seseorang.


Berikut adalah langkah-langkah bagaimana rambut Anda menyimpan informasi tentang apa yang Anda telan.


Ketika kita mengonsumsi sesuatu, itu dipecah menjadi partikel-partikel, dan unsur-unsur tertentu masuk ke aliran darah.


Saat partikel bergerak di tubuh kita, mereka dapat disimpan di folikel rambut yang tumbuh.


Partikel kimiawi tetap di tempat mereka disimpan di folikel, dan ketika helai rambut mulai tumbuh, partikel mengendap di korteks dari untai rambut itu sendiri.


Saat rambut tumbuh masuk dan keluar dari tubuh, ia membawa partikel kimia ini bersamanya saat menjadi bagian dari helai rambut saat terbentuk.


Partikel kimiawi tetap menjadi bagian rambut selamanya.


3. Elastis Dan Kuat


Meskipun rambut manusia tidak sekuat baja, ia cukup kuat sehingga dapat menahan beban lebih dari seutas kawat tembaga dengan panjang dan lebar yang sama dengan sehelai rambut.


Dikatakan bahwa semua rambut yang disatukan dapat menopang berat sekitar 12.345 hingga 18.518 pound (5.600 hingga 8.400 kilogram), atau setara dengan dua ekor gajah.


Berat rata-rata yang dapat dibawa sehelai rambut adalah 85 gram.


Rambut manusia juga sangat elastis. Anda mungkin telah memperhatikan ini jika Anda memiliki rambut keriting. Anda bisa meregangkannya agar lurus, tetapi pada titik tertentu semua rambut Anda akan meregang.


Rambut kering bisa meregang sekitar 1,2-1,3 kali panjang aslinya dan kembali ke panjang normalnya.


Saat basah, rambut kita bisa meregang lebih banyak, terkadang hingga 1,5 kali panjang biasanya.


4. Bagaimana Siklus Pertumbuhan Folikel?


Langkah pertama adalah menumbuhkan rambut Anda. Sekitar 85 hingga 90 persen folikel Anda berada dalam tahap pertumbuhan pada saat yang bersamaan.


Setelah rambut tumbuh, ia memasuki fase transisi. Di sinilah ia berhenti tumbuh tetapi tetap di folikel sampai siap rontok.


Seekor rambut dapat memiliki umur rata-rata sekitar 5 tahun sebelum rontok.


Meskipun jumlah folikel akan tetap sama sepanjang hidup Anda, rambut Anda bisa rontok secara alami seiring bertambahnya usia.


Artinya secara fisik rambut di kepala atau tubuh Anda lebih sedikit, tetapi folikelnya masih ada.


Ini karena siklus pertumbuhan folikel memiliki fase istirahat. Di sini folikel melepaskan rambut.


Jika siklus ini terputus, lebih banyak rambut yang bisa rontok daripada yang diproduksi, yang dapat menyebabkan penipisan.


Rata-rata orang kehilangan antara 50 dan 100 rambut setiap hari.


5. Suhu Dapat Mempengaruhi Pertumbuhan Rambut


Ada mitos bahwa iklim yang lebih hangat membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat.


Dalam beberapa penelitian telah terbukti bahwa hal ini dapat terjadi, tetapi tidak ada cukup bukti kuat untuk menjadikannya fakta karena ada banyak variabel yang harus dipertimbangkan.


Namun kita tahu bahwa di iklim yang lebih dingin, rambut kita dapat terpengaruh. Udara dingin bisa membuat rambut kering karena kurangnya kelembapan di udara.


Hal ini dapat menyebabkan ujung bercabang karena rambut menjadi rapuh.


Di iklim dingin kita mengalami "Merinding" atau menggigil saat otot di sekitar folikel rambut menegang untuk membuat rambut berdiri.


Tubuh kita melakukan ini saat kita kedinginan sehingga udara hangat bisa terperangkap di antara rambut, menciptakan kehangatan. Ini dikenal sebagai piloerection.


Anda mungkin berpikir bahwa rambut adalah bagian yang tidak penting dari tata rias kita sebagai manusia, tetapi itu adalah fitur yang cukup keren untuk dimiliki.


Kita dapat menggunakannya untuk menyelidiki hal-hal yang telah kita telan; itu membuat kita tetap hangat di iklim dingin dan merupakan bagian dari identitas kita.



Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.
EmoticonEmoticon